Olah Raga

10 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Sendirian

Olahraga sangat penting dilakukan agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Namun, adakalanya kita tidak memiliki partner untuk berolahraga bareng. Alasannya bisa jadi karena kesibukan, bisa juga karena kebetulan kita tidak menyukai jenis olahraga yang sama dengan orang lain.

Contohnya, jika ingin bermain bulutangkis, kita harus mencari seseorang untuk menjadi lawan dalam permainan. Kita tidak bisa bermain bulutangkis sendirian. Begitu juga dengan tenis meja. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa tanpa partner, kita tidak bisa berolahraga sama sekali. Berikut adalah 10 jenis olahraga yang bisa dilakukan sendirian.


10Jalan Kaki

olahragasendirian10

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang sederhana. Semua orang bisa melakukannya. Untuk berjalan kaki, kita tidak perlu mengeluarkan uang. Jalanan depan rumah bisa dimanfaatkan. Apabila kita tinggal di lingkungan perumahan akan lebih bagus. Kawasan perumahan yang jauh dari hiruk pikuk lalu lintas aman bagi kita untuk berjalan kaki. Sembari bertemu dan menyapa tetangga sekitar, tubuh pun sehat.


9Jogging

olahragasendirian9

Jogging adalah olahraga berjalan cepat atau berlari kecil. Olahraga ini berfungsi untuk penyerapan oksigen bagi tubuh. Dengan melakukan jogging, jantung pun dilatih untuk bekerja dengan baik. Jogging bisa dilakukan pada pagi maupun sore hari. Meskipun banyak yang melakukan jogging bareng, bukan berarti tak bisa dilakukan sendirian.


8Push Up

olahragasendirian8

Biasanya push up lebih banyak dilakukan oleh para pria. Push up bermanfaat untuk melatih kekuatan otot trisep, bahu, dan dada. Push up bisa dilakukan di dalam ruangan. Untuk melakukannya, tidak butuh partner atau bantuan orang lain.


7Sit Up

olahragasendirian7

Agar perut terlihat bagus, latihan yang cocok adalah sit up. Lakukan sit up secara teratur setiap hari dan lihatlah hasilnya. Jika ingin gampang melakukan sit up, seseorang memang harus ditahan ujung jari kakinya. Namun, hal itu bisa disiasati dengan menyelipkan ujung kaki di sela-sela benda yang kuat, misalnya di sisi bawah lemari.


6Aerobik

olahragasendirian6

Siapa bilang aerobik hanya seru dilakukan jika beramai-ramai. Aerobik juga bisa dilakukan sendirian, lho. Caranya? Belilah CD yang khusus memutar pertunjukan aerobik lengkap dengan cara-caranya. Putarlah CD tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh instruktur.


5Skipping

olahragasendirian5

Skipping atau lompat tali adalah olahraga yang bermanfaat untuk membakar kalori. Caranya pun sederhana, cukup dengan mengayunkan tali berkali-kali dan kita berusaha melompatinya. Alat yang digunakan pun sederhana dan mudah didapatkan.


4Berenang

olahragasendirian4

Berenang adalah olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan sendirian. Kita hanya perlu mendatangi kolam renang terdekat dan mempersiapkan diri. Ingat, kita harus benar-benar bisa berenang sebelum mencoba berenang sendirian. Bila statusnya masih belajar, ajaklah orang lain yang bisa menolong jika terjadi apa-apa.


3Pilates

olahragasendirian3

Banyak manfaat yang akan didapatkan setelah rutin melakukan pilates. Salah satunya adalah bisa meningkatkan keseimbangan. Pilates juga berguna untuk menambah kekuatan otot perut. Meskipun demikian, pilates harus dipelajari terlebih dahulu agar bisa dilakukan dengan benar.  Jangan takut, gerakannya mudah dipelajari kok.


2Bowling

olahragasendirian2

Bowling adalah jenis permainan atau olahraga yang menggunakan tangan. Bukan hanya kekuatan, tetapi strategi juga dibutuhkan agar bisa merobohkan sepuluh pin yang tersusun membentuk segitiga. Bukan hanya menyenangkan, bermain bowling juga melatih kita untuk akurat.


1Catur

olahragasendirian1

Pada dasarnya, catur dimainkan oleh dua pemain. Namun, jangan salah, kita juga bisa bermain catur sendirian. Latihan ini akan mengasah otak. Mainkan buah putih dan hitam secara bergantian dengan strategi yang berbeda. Siapa tahu jika rajin berlatih, Anda bisa mengikuti kompetisi dan memenangkannya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry