Game, Komik & Manga

10 Judul Manga Paling Laku Terjual Sepanjang Masa

Terima kasih untuk bung Oky yang ingin kami menulis tentang komik terpopuler. Kali ini kami memodifikasi sedikit, dari komik menjadi manga. Manga, yakni komik Jepang sudah berkembang dan menjadi sangat populer di jaman sekarang ini. Pembacanya bukan hanya berasal dari Jepang ataupun Asia saja, melainkan merambat sampai ke dunia Barat.

Judul manga yang ada di dalam list ini disusun tidak hanya berdasarkan kepopulerannya, melainkan juga dari hasil penjualannya. Karena itu, manga nostalgia seperti Astro Boy, ataupun yang baru seperti One Punch Man, Bleach dan sebagainya tidak masuk dalam list ini karena hasil penjualannya masih kalah dengan sepuluh manga paling laku terjual berikut ini.


10Doraemon – 100 juta

mangapalinglaku10

Tentu saja manga karangan Fujiko Fujio masuk disini. Robot kucing bernama Doraemon dikirim ke masa lalu dari abad 22 untuk membantu seorang anak laki-laki yang malas, selalu kurang beruntung dan cengeng bernama Nobita Nobi. Manga ini pertama kali terbit di tahun 1969, menjadikan Doraemon sebagai salah satu manga tertua dan berhasil menjual lebih dari 100 juta kopi.


9Slam Dunk – 120 juta

mangapalinglaku9

Sesuai dengan judulnya, manga ini berkisah tentang seorang siswa SMA yang sangat nakal, suka mencari masalah, dan pembuat onar bernama Hanamichi Sakuragi. Dia lalu diberi saran untuk bergabung dengan klub basket di sekolahnya dan sejak itu perlahan-lahan kehidupannya pun berubah. Manga ini mempunyai dampak yang besar di sekolah-sekolah di Jepang terutama untuk program basketnya.


8Oishinbo – 130 juta

mangapalinglaku8

Mungkin tidak banyak yang pernah mendengar Oishinbo, namun manga ini sangat populer di Jepang dan sudah terjual sebanyak 130 juta kopi. Judul manga ini adalah gabungan dari bahasa Jepang “Oishii” (lezat) dan “Kuishinbo” (tukang makan). Seri ini akan mengajak Anda berpetualang bersama wartawan kuliner Shiro Yamaoka dan pasangannya.


7Detective Conan – 140 juta

mangapalinglaku7

Tidak seperti kebanyakan manga, Detective Conan mengasah otak Anda untuk berpikir secara logical. Genrenya juga bermacam-macam, kadang ada unsur misterinya, action, komedi, drama, petualangan, dan juga fiksi ilmiah. Satu hal yang paling menarik adalah karakter antagonisnya yang sungguh misterius dan berbahaya. Anda akan dibuat penasaran dan akan terus membaca sampai manga ini berakhir.


6Kochira Katsushika-ku Kameari Koen-mae Hashutsujo – 156.5 juta

mangapalinglaku6

Awal terbit di tahun 1976, manga ini menjadi salah satu dari manga paling laku di dunia setelah berhasil menjual 156.5 juta kopi. Selain itu, Kochikame (nama singkatnya) juga adalah manga dengan volume terbanyak di dunia, yakni 197 volumes. Karakter utama manga ini adalah Kankichi Ryotsu, seorang petugas polisi yang malas, suka berjudi kuda dan main Pachinko.


5Black Jack – 176 juta

mangapalinglaku5

Dibuat oleh Osamu Tezuka, yang juga adalah pencipta Astro Boy, manga berjudul Black Jack hanya liris selama 10 tahun saja namun sudah berhasil menjual 176 juta kopi, jauh lebih banyak dari Astro Boy. Black Jack berkisah tentang petualangan Dokter Black Jack yang suka membantu mereka yang memerlukan bantuan, ataupun menghukum mereka yang perlu dihukum.


4Golgo 13 – 200 juta

mangapalinglaku4

Ini adalah salah satu dari manga tertua yang pernah diterbitkan, dimulai dari tahun 1969 hingga mencapai 177 volumes. Angka penjualannya juga fantastis, yakni mencapai 200 juta kopi. Manga ini bercerita tentang Golgo 13, seorang pembunuh bayaran yang biasanya dikontrak untuk meng-assasinate politikus atau mafia. Jika Anda suka James Bond, Golgo 13 adalah kembarannya di dunia manga.


3Naruto – 205 juta

mangapalinglaku3

Naruto menceritakan kisah seorang ninja yang dari kecil berkeinginan untuk menjadi Hokage. Meski masa lalunya suram dan banyak lika-liku, Naruto selalu berjuang untuk menggapai mimpinya tanpa meninggalkan kawan-kawannya. Manga ini sukses di lebih dari 30 negara dan adaptasi anime-nya bisa ditemukan di 80 negara. Naruto juga sempat dibuat sebagai live action film yang memukau.


2Dragon Ball – 230 juta

mangapalinglaku2

Bisa dibilang Dragon Ball adalah manga pertama yang diperkenalkan kepada masyarakat barat, dan juga awal mulanya kegilaan kita kepada Manga terutama untuk anak-anak 90an. Kepolosan Goku, gaya bertarungnya, dan juga kekonyolannya membuat dia sebagai salah satu karakter Manga paling ikonik dan dicintai. Setuju?


1One Piece – 320 juta

mangapalinglaku1

Semua pasti sudah menduga bahwa One Piece berada di urutan nomer satu. Ini adalah manga terbaik yang pernah ada, the best of the best. Anda akan melihat perjalanan sang kapten bajak laut bernama Luffy dan kru-nya yang berambisi untuk menjadi bajak laut nomor satu di dunia, dan juga menemukan harta karun One Piece. Dibuat oleh Eiichiro Oda yang jenius, Anda bisa dibuat tertawa, marah, terharu dan menangis.

Meski banyak adegan pertarungan yang sengit, semua karakternya tidak pernah berkata kasar ataupun yang mengandung unsur pembunuhan. Sungguh sebuah masterpiece.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry