Bisnis, Fashion & Hobby Sosial

10 Jurusan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Mendukung anak agar menempuh pendidikan hingga ke jenjang tinggi adalah kewajiban orangtua. Seringkali orangtua harus memutar otak untuk memenuhi biaya sekolah dan kuliah anak yang semakin lama semakin mahal demi mendapat segulung ijazah penentu karir masa depannya.

Namun mirisnya, di tengah kesulitan ekonomi dan biaya pendidikan, kita disuguhi dengan berita tentang banyaknya lulusan sarjana yang menganggur dan gagal mendapatkan pekerjaan. Lalu bagaimana dengan investasi jutaan bahkan ratusan juta untuk biaya kuliah jika tidak ada jaminan mendapat pekerjaan setelah lulus itu?

Nah, disinilah perlunya calon mahasiswa bersikap bijak dan berwawasan luas dalam memilih program studi atau jurusan di universitas. Sehingga kualifikasi mereka memenuhi tuntutan dunia industri saat ini dan terlebih lagi berpotensi mendapatkan gaji tinggi saat mereka bekerja. Berikut adalah 10 jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang peluang mendapatkan pekerjaan juga cukup besar.


10Teknik Perminyakan

jurusandengangajitinggi10

Masuk dalam urutan pertama adalah teknik perminyakan. Jurusan ini berfokus pada tambang minyak, gas dan panas bumi serta kegiatannya meliputi pengeboran, eksplorasi, distribusi serta pengolahannya. Pada dasarnya teknik perminyakan memang mirip dengan teknik pertambangan, karena juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan rig lepas pantai dalam kegiatan pengeboran minyak lepas pantai serta teknologi pemanfaatan panas bumi untuk sumber energi. Prospek kerja ada di beberapa perusahaan seperti Pertamina, BP, Chevron, dll.


9Ilmu Farmasi

jurusandengangajitinggi9

Jurusan ilmu farmasi akan mempelajari berbagai bahan untuk membuat obat. Ilmu farmasi juga diperlukan di apotek-apotek atau pabrik sehingga jangkauannya cukup luas. Prospek kerja ada di beberapa perusahaan seperti Kimia Farma, Bio Farma, dll.


8Ilmu Komputer

jurusandengangajitinggi8

Ilmu komputer disebut juga computer science. Ilmu ini mempelajari tentang komputasi, hardware dan software. Ilmu komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer dan rekayasa software, sedangkan teknik komputer cenderung berkaitan dengan perangkat-perangkat keras atau hardware. Jadi pada dasarnya dua disiplin ilmu ini berbeda. Prospek kerja sebagai programmer di kantor mana saja, hampir semua kantor membutuhkan programmer.


7Teknik Penerbangan

jurusandengangajitinggi7

Teknik penerbangan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer dan di luar angkasa. Contohnya aerodinamika, struktur pesawat, aeroelastisitas, teknik kendali terbang dan sebagainya. Prospek kerja ada di beberapa perusahaan seperti PT Boeing, Airbus, DI, dll.


6Teknik Kimia

jurusandengangajitinggi6

Teknik kimia diaplikasikan pada perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia dalam skala kecil maupun besar misalnya pada pabrik-pabrik. Lulusan teknik kimia ini banyak dicari untuk bertanggung jawab pada perancangan dan perawatan proses kimia skala pabrik. Prospek kerja profesi ini di berbagai pabrik yang butuh ahli kimia


5Teknik Elektro

jurusandengangajitinggi5

Teknik elektro terbagi menjadi dua, yaitu arus kuat dan arus lemah. Untuk elektro arus kuat, Anda bisa bekerja pada tempat-tempat pembangkit listrik dan sebagainya. Sedangkan untuk elektro arus lemah, Anda bisa membuat berbagai produk elektronika yang saat ini prospeknya cukup bagus di Indonesia. Prospek kerja ada di PLN, PT Samsung, PT Toshiba, atau di perusahaan minyak


4Teknik Perkapalan

jurusandengangajitinggi4

Untuk teknik perkapalan, umumnya berkecimpung dalam desain kapal mulai dari kapal-kapal kecil hingga kapal besar. Mulai dari kapal patroli hingga kapal tanker dan kapal perang. Prospek kerja jurusan ini ada di PT PAL dan perusahaan kapal milik swasta.


3Teknik Mesin

jurusandengangajitinggi3

Teknik mesin merupakan disiplin ilmu teknik yang tertua dan paling luas. Permintaan untuk ahli teknik mesin ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Prospek kerja adalah di industri otomotif, kimia, elektronika hingga penerbangan


2Teknik Metalurgi

jurusandengangajitinggi2

Mungkin masih belum banyak orang mengetahui tentang disiplin ilmu teknik yang satu ini. Teknik metalurgi mempelajari bagaimana sifat logam, merancang logam dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur. Ahli metalurgi biasanya bekerjasama dengan ahli pertambangan untuk memproses ekstrak bijih logam setelah ditambang. Prospek kerja di Krakatau Steel dan perusahaan smelter lainnya.


1Teknik Pertambangan

jurusandengangajitinggi1

Pekerjaan lulusan teknik pertambangan contohnya mengeksplorasi batubara dan berlian dan mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk mengambilnya dari bumi. Mereka juga belajar bagaimana mencari mineral, merancang dan mengembangkan sebuah tambang. Prospek kerja jurusan ini ada di Freeport, Antam, Newmont, dll.


Itu dia 10 jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari program studi yang tepat bagi masa depan.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Woopss maap om. terima kasih koreksinya haha

error: Alert: Content is protected !!