Dunia & Peristiwa

10 Kasus Kontroversial dan Heboh di Indonesia Tahun 2015

Mengawali tahun 2016 biasanya dipenuhi oleh beberapa resolusi yang ingin dicapai tahun ini. Tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk perbaikan diri ke arah yang lebih baik. Maka tak heran jika banyak orang membuat resolusi tahun 2016 dan berharap bisa merealisasikannya sebaik mungkin. Namun, membuat resolusi hendaknya tidak hanya melihat ke depan tentang apa saja yang belum tercapai dan ingin dicapai. Alangkah baiknya kita melihat ke belakang juga, melihat beberapa tujuan yang mungkin belum tercapai atau terpaksa disingkirkan karena ada beberapa kendala. Bukankah tidak pernah ada kata terlambat untuk melanjutkan sebuah mimpi?

Nah, sebagai bahan refleksi, mari kita ulas kembali sepuluh kasus heboh di Indonesia tahun 2015 yang bisa kita jadikan pelajaran untuk diambil yang baik, dibuang yang buruk, dan melanjutkan apa yang pantas dilanjutkan di tahun 2016 ini supaya pada tahun ini akan membawa kebaikan baik bagi Anda maupun sesama Anda. Berikut kami rangkum sepuluh kasus heboh di Indonesia tahun 2015.


10Kematian Angeline

kasushebohindo201510

Tidak hanya di Indonesia, media dunia pun menyoroti kasus memilukan satu ini. Angeline ditemukan tidak bernyawa di halaman belakang rumahnya setelah keluarganya sendiri yang melaporkan kehilangan Angeline. Jenazahnya ditemukan terkubur di antara pohon pisang dekat kandang ayam. Menurut hasil otopsi, ia meninggal sudah 3 minggu sejak ditemukan dan penyebabnya adalah trauma kepala berat dan diperkosa.


9Desahan di Kokpit Pesawat Lion Air

kasushebohindo20159

Dunia penerbangan tak lepas dari kasus kontroversial pada tahun 2015. Salah satunya ialah kasus terdengarnya suara desahan yang berasal dari kokpit pesawat Lion Air. Media dari negara tetangga pun menuliskan kasus ini dan memicu pihak perusahaan Lion Air melakukan penyelidikan secara internal. Sang pilot mendapat pencabutan izin terbang. Yang lebih parah, suara desahan ini bahkan terdengar oleh seluruh penumpang pesawat Lion Air JT 990 rute Surabaya-Denpasar. Selain merasa heran, beberapa penumpang justru merasa takut dan khawatir mengenai keselamatan selama perjalanan.


8Balapan Maut: Lamborghini Vs Ferrari

kasushebohindo20158

Balapan liar kini masuk dalam trending topic kasus kontroversial yang ada di Indonesia tahun 2015. Balapan maut antara Lamborghini dan Ferrari ini terjadi di Surabaya dan menimbulkan korban jiwa dan beberapa korban luka. Wiyang Lautner, si pengendara Lamborghini maut ini berhasil diamankan petugas setelah menabrak penjual susu dan pembelinya sementara si rival (mobil Ferrari) berhasil kabur.


7Pilkada Serentak

kasushebohindo20157

Lagi-lagi masalah Indonesia terekspos di dunia. Pilkada serentak Indonesia akhirnya mencuri perhatian media massa dunia. Beberapa negara tetangga seperti Thailang, Vietnam, dan Singapura bahkan Amerika Serikat turut menjadikan topik ini sebagai berita mereka. Pemerintah Indonesia menetapkan pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember 2015 dan hari tersebut dijadikan sebagai hari libur nasional dengan harapan akan memberikan kesempatan luas bagi warga untuk bisa menggunakan hak pilihnya.


6Setya Novanto dan Fadli Zon di Kampanye Donald Trump

kasushebohindo20156

Munculnya sang Ketua DPR RI Setya Novnto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam kampanye Donald Trump menjadi perhatian publik. Setelah menyampaikan pidato dalam kampanyenya untuk maju sebagai presiden Amerika Serikat tersebut, Trump memperkenalkan ketua DPR RI yang kemudian berujung pada sorotan media asing terhadap Setya Novanto – yang sebenarnya menjadi sebuah kejadian yang tak terduga dan tidak jelas mengapa Setya Novanto bisa ada di sana.


5Beli Rumah Bonus Nikahi Pemilik

kasushebohindo20155

Seorang wanita bernama Winalia menuai kehebohan dan kontroversi setelah ia menawarkan penjualan rumahnya dengan bonus bisa menikahi sang pemilik. Pemberitaan iklan pada situs jual-beli tersebut akhirnya menyorot perhatian dunia pada kasus unik satu ini. Saat dikonfirmasi, sang pemilik rumah justru mengaku kaget. Ternyata temannya yang memampang iklan tersebut, bukan dirinya langsung. Meski begitu, ia tak menampik ingin mencari jodoh. Jadi iklan tersebut bukan hanya dipasang sebagai sensasi semata namun juga sebagai jalan terselubung dalam mencari jodoh. Hmm… Ide kreatif. Anda berminat?


4Kebakaran Hutan di Sumatera

kasushebohindo20154

Kasus kebakaran hutan di Sumatera yang akhirnya menyebabkan beberapa wilayah Sumatera terkena kabut asap hingga berbulan-bulan menjadi salah satu berita yang juga menyorot perhatian publik. Belakangan diketahui bahwa kebakaran tersebut memang suatu kejadian yang disengaja dan ditujukan sebagai pembukaan lahan perkebunan sawit. Akibat dari kebakaran hutan tersebut selama beberapa bulan warga tidak melanjutkan aktivitas dan pekerjaan mereka seperti biasa bahkan anak-anak sekolah mulai merasa stress dengan keadaan tersebut. Tak jarang korban jiwa berjatuhan karena kabut asap yang seolah tak digubris pemerintah ini.


3Najwa Shihab Dilaporkan Polisi

kasushebohindo20153

Sebuah keberhasilan yang baik seharusnya diberi penghargaan. Namun keadaan terbalik justru menimpa presenter Metro TV, Najwa Shihab. Aksi Najwa yang berhasil mengungkap identitas anggota DPR yang diduga mencatutkan nama Presiden dan Wakil Presiden dalam kasus ‘Papa Minta Saham’ tersebut justru menghantarkannya ke Bareskrim Polri setelah adanya laporan dari Mahkamah Kehormatan Dewan atau MKD. Padahal pekerjaan yang dilakukan oleh Najwa Shihab telah menurut nilai-nilai dasar jurnalistik dan tidak terlepas dari kode etik. Najwa Shihab tidak dianggap melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Margiono.


2Pesawat Aviastar Jatuh

kasushebohindo20152

Lagi-lagi dunia penerbangan juga menyumbang berita kontroversial di Indonesia tahun 2015. Pesawat Twin Otter milik maskapai penerbangan Aviastar dilaporkan jatuh di pegunungan Bajaja, Dusung Buntu Bajaja, Desa Ulusalo, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Pesawat ini ditemukan pada Senin, 5 Oktober 2015 setelah hilang kontak sejak 3 hari sebelumnya. Pesawat ini mengangkut 7 orang penumpang dan 3 awak pesawat yang diantaranya terdapat 2 bayi, 1 anak-anak, serta 4 orang dewasa. Semuanya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia secara tragis.


1“Papa Minta Saham”

kasushebohindo20151

Ini dia kasus yang paling menjadi perbincangan di Indonesia yang berujung pada kemunduran Ketua DPR RI, Setya Novanto. Kasus ini mencatutkan nama Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Kasus tersebut dilaporkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, yang membeberkan kronologis kejadian anggota DPR pencatut nama presiden dan wakil presiden yang berhubungan dengan urusan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Setya Novanto diduga memalak 20 persen saham perseoran dan meminta jatah hingga 49 persen saham proyek PLTA Urumuka, Papua kepada PT Freeport Indonesia yang membawa nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.


Itulah 10 kasus heboh di Indonesia tahun 2015. Tidak semuanya baik, tidak semuanya buruk. Setiap hal buruk pun menyimpan pelajaran baik yang bisa kita petik untuk kita mewujudkan resolusi tahun 2016 ini sehingga hasilnya akan lebih baik. Bagaimana dengan Anda? Sudah siap mewujudkan resolusi 2016?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry