Sejarah

10 Keberhasilan Nazi Jerman

Pertama, mewujudkan perdamaian dunia.

Becanda.

Oke, kita semua tahu Jerman di bawah kepemimpinan Adolf Hitler melakukan banyak kejahatan. Misalnya, menginvasi negara-negara tetangga, memulai perang dunia 2, membunuhi kaum Yahudi, mendirikan kamp konsentrasi, membuat gaya kumis Charlie Chaplin jadi gaya kumis paling dibenci di dunia, dan lain-lain.

Tapi, taukah agan-agan bahwa Nazi juga memiliki berbagai macam keberhasilan dalam membangun negeri Jerman? Ya, tentu saja mereka punya keberhasilan. Hitler bukan sekadar diktator rasis yang cuma bisa marah-marah dan membunuhi orang-orang non-Jerman. Dia juga membuat sejumlah kebijakan yang membuatnya memiliki banyak pendukung di kalangan rakyat Jerman.

Apa saja keberhasilan Nazi? Inilah 10 di antaranya.


10Memajukan Dunia Kedokteran

nazi10

Suka tidak suka, Nazi turut ‘berjasa’ memajukan dunia kedokteran. Sayangnya, hal tersebut dilakukan melalui penyiksaan dan eksperimen paksa terhadap manusia. Para ilmuwan Nazi mempelajari hipotermia di kamp konsentrasi dengan cara menenggelamkan korban di dalam air dingin atau membiarkan mereka di luar kedinginan saat musim dingin. Semua ini dilakukan sambil memonitor suhu badan, detak jantung, pergerakan otot, dan urine.

Mereka juga mengumpulkan dua kelompok manusia, menyuntikkan mereka dengan bakteri mematikan, sambil memberikan salah satunya obat. Ini dilakukan untuk mempelajari efek obat-obatan baru.

Namun, bagaimanapun juga, mengingat kekejaman yang dilakukan untuk mendapatkan data tersebut, etika penggunaan data eksperimen Nazi masih dipertanyakan sampai hari ini.


9Melarang Pembedahan Makhluk Hidup

nazi9

Siapa sangka Nazi adalah orang-orang yang cinta binatang? Para petinggi Nazi, seperti Hermann Goring, Heinrich Himmler and Adolf Hitler sendiri sangat peduli pada perlindungan hewan, khususnya bagaimana hewan-hewan itu dibunuh.

Usaha melarang pembedahan makhluk hidup (vivisection) sudah ada sejak tahun 1927. Pada bulan April tahun 1933, Jerman menjadi negara pertama yang mengeluarkan larangan atas pembedahan makhluk hidup. Hukum yang berkaitan dengan perlindungan hewan di dunia hari ini merupakan turunan dari hukum yang dibuat oleh partai Nazi.

Ironisnya, sembari mereka melindungi hak-hak hewan, mereka membantai jutaan manusia lainnya. Sepertinya mereka lebih menyukai hewan ketimbang orang non-Jerman.


8Perlindungan Satwa

nazi8

Ketika Nazi meraih kekuasaan di tahun 1933, mereka tidak hanya peduli pada hak-hak orang Jerman, melainkan juga pada binatang-binatangnya. Pada tahun 1934, mereka membuat undang-undang yang mengatur berapa jumlah hewan yang boleh dibantai dalam satu tahun. Mereka juga memperkenalkan ‘musim berburu’. Undang-undang ini diadopsi oleh banyak negara Barat.

Undang-undang ini dikenal sebagai Das Reichsjagdgesetz. Partai Nazi juga membuat peraturan yang mewajibkan pelajaran tentang perlindungan hewan di institusi pendidikan. Di tahun 1935, mereka membuat undang-undang untuk melindungi beberapa satwa liar, di antaranya serigala dan lynx. Tanpa undang-undang ini, barangkali sebagian spesies sudah punah dari muka bumi.


7Gerakan Anti-Rokok

nazi7

Untuk perokok di luar sana, akuilah, betapapun kalian sekalian menyukai rokok. Kalian tahu rokok itu berbahaya bagi kesehatan. Ya kan? hehehe…

Nazi juga tahu rokok itu berbahaya. Gosipnya, Hitler sangat benci rokok sampai-sampai dia tidak mau berada di satu ruangan dengan orang yang merokok. Maka, dia memulai kampanye anti-rokok dengan biaya termahal dan paling berhasil di dunia. Sementara kampanye anti-rokok pada tahun 1930-1940-an gagal di negara-negara lain, kampanye ini mendapatkan perhatian serius di Jerman.

Nazi melarang rokok di tempat-tempat umum seperti restoran dan angkutan umum. Pajak rokok sangat tinggi. Jumlah rokok untuk tentara dibatasi. Sebuah data statistik menyatakan, konsumsi rokok per tahun per kapita di Jerman tahun 1940 hanya 749, sementara Amerika menembus angka 3000.

Terjemahan bahasa Inggris untuk tulisan dalam poster di atas, “He does not devour it, it [the cigarette] devours him!”


6Program Kesejahteraan Sosial

nazi6

Nazi Jerman memiliki program kesejahteraan sosial paling besar dalam sejarah, yang didasarkan pada falsafah bahwa setiap rakyat Jerman harus mendapatkan standar hidup yang layak.

Salah satu program yang terkenal adalah program musim dingin atau Winterhilfswerk (Winter Relief Program). Tujuan dari program ini adalah menyediakan makanan, pakaian, batu bara, dan barang-barang lain yang berguna saat musim dingin tiba, untuk diberikan pada orang-orang miskin di Jerman. Para anggota partai Nazi, mulai dari tataran akar rumput sampai petinggi-petingginya, turun ke jalan untuk mengumpulkan dana sosial. Program ini terbukti menjadi alat propaganda yang efektif, mengukuhkan posisi Hitler sebagai pemimpin, serta memberikan rasa persatuan dan persaudaraan di kalangan rakyat Jerman.

Penggalangan dana dilakukan dengan menggunakan kaleng encleng berwarna merah-putih seperti gambar di atas.


5Volkswagen

nazi5

Pada tahun 1930, Hitler mencari seseorang yang mampu membuat mobil dengan harga yang terjangkau oleh kelas pekerja Jerman. Pada saat yang sama, Ferdinand Porsche sedang mengembangkan mobil murah yang mampu mengangkut seluruh anggota keluarga. Pada masa ini, di Jerman, mobil hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Kebanyakan perusahaan pembuat mobil tidak tertarik membuat mobil murah. Pada waktu itu, perusahaan Porsche hanya membuat desain mobil untuk orang lain, bukan memproduksi mobil sendiri, maka ia kesulitan mencari pihak yang mau mewujudkan desainnya.

Hitler sangat antusias mengetahui hal ini. Karena perusahaan mobil di Jerman tidak ada yang menyanggupi produksi mobil murah, Hitler membentuk perusahaan mobil milik pemerintah. Perusahaan tersebut adalah Volkswagen, artinya “Mobil Rakyat” (People’s Car). Pada masa perang dunia kedua, VW memproduksi kendaraan-kendaraan militer.

Volkswagen Type 1 Sedan alias KdF-Wagen adalah mobil pertama yang dibuat oleh perusahaan ini. Hitler sendiri yang membuat spesifikasi “mobil rakyat” ini: mobil ini harus bisa memuat empat orang, mampu berjalan di kecepatan 100km/jam, dan menggunakan tidak lebih dari 7 liter bensin per 100 kilometer. Mobil ini di kemudian hari akan menjadi jenis mobil yang paling banyak diproduksi di dunia, dan dikenal dengan nama Volkswagen Beetle atau VW Beetle.


4Jalan Bebas Hambatan (Autobahn)

nazi4

Selain mobil rakyat, Hitler juga antusias dengan gagasan untuk menghubungkan seluruh Jerman dengan jalan raya. Jerman adalah negara pertama yang menggunakan sistem jalan raya bebas hambatan untuk menghubungkan seantero negeri. Pembangunan jalan ini menggunakan teknik tercanggih pada masanya, yang kemudian hari ditiru oleh negara-negara lain, termasuk Amerika dan Inggris.

Selain bersifat revolusioner, proyek raksasa ini menyediakan 100.000 lapangan kerja baru yang dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi Jerman yang porak-poranda akibat perang dunia pertama. Ini adalah sistem jalan bebas hambatan terbesar di seluruh dunia, yang membentang tidak hanya ke seluruh Jerman, tapi juga hingga ke Austria.


3Menjadi Pelopor Teknologi Roket Modern

Peenemünde, Start einer V2

Roket pertama kali ditemukan oleh orang-orang China, karena mereka yang pertama kali menemukan bubuk mesiu. Tapi, teknologi roket modern merupakan buah karya Wernher von Braun, anggota partai Nazi dan schutzstaffel (SS). Pasca perang dunia kedua, ia menjadi warga negara Amerika Serikat dan bekerja untuk NASA.

Von Braun merupakan salah satu pengembang roket V-2, roket ballistik pertama yang mencapai titik sub-orbital di luar angkasa. Roket ini digunakan sebagai senjata pemusnah massal oleh Jerman.

Pasca perang dunia kedua, Amerika Serikat mengambil alih teknologi roket V-2, dan mengembangkannya menjadi roket Saturn V. Roket Saturn V adalah roket yang membawa Apollo 11 ke bulan.

Singkatnya, NASA berhasil mengirim Neil Armstrong dkk. ke bulan berkat Nazi.


2Inovasi dalam Bidang Perfilman

nazi2

Sebagaimana rezim totalitarian lain, Nazi Jerman berinvestasi sangat besar dalam propaganda. Nazi melihat film dan musik sebagai alat propaganda dan pilar kebudayaan yang penting.

Keberhasilan Nazi di bidang perfilman dapat dilihat melalui film Triumph des Willens (Triumph of The Will). Film ini dianggap sebagai salah satu film paling penting penting dalam dunia perfilman. Berkat budget yang nyaris tak terbatas, Leni Riefenstahl, sutradara dan produser film ini, dapat dengan bebas menggunakan teknologi tercanggih yang tersedia pada saat itu serta jumlah kru yang sangat besar untuk pembuatan film pada masanya.


1Fashion

nazi1

Nazi Jerman bisa dibilang punya seragam militer paling keren di dunia. Sebagai kaum yang sangat peduli dengan propaganda, tidak heran kalau mereka sangat peduli dengan penampilan para anggotanya.

Lihat saja seragam pasukan paramiliter Schutzstaffel yang ikonik itu. jaket necis warna hitam pekat dengan kerah kaku dengan logo runic SS, dipadu dengan topi opsir , sejumlah lencana di dada, serta armband di lengan berwarna merah menyala dengan lambang swastika di tengahnya, memberikan kesan gagah sekaligus menakutkan.

Varian lain juga gak kalah keren. Mereka menggunakan warna orisinal yang disebut “feldgrau” (field green), yakni perpaduan warna hijau dan abu-abu. Kerah tinggi kaku berwarna hitam terlihat kontras dan menjadi point of interest dari seragam ini. Dipadu dengan sabuk kulit besar dan sepatu boot tinggi, tentara Nazi selalu terlihat gagah.

Di balik ke-fashionable-an para opsir Nazi adalah perusaha yang sangat terkenal di dunia fashion, bahkan di seluruh dunia. Perusahaan itu adalah Hugo Boss.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of