Budaya & Literatur Kuliner

10 Kebiasaan Makan Orang Indonesia yang Unik

Setiap negara pasti punya ciri khas masing-masing yang seringkali dianggap unik atau aneh bagi negara lain. Seperti juga Indonesia, banyak sekali ciri khas yang orang Indonesia miliki dan dianggap aneh oleh orang luar, contohnya adalah kebiasaan makan. Mulai dari cara makan, menu makanan dan sebagainya semuanya dianggap unik oleh negara lain. Penasaran? Inilah 10 kebiasaan makan orang Indonesia yang unik dan satu-satunya di dunia.


10Makan pakai tangan

Ya sih, makan pakai tangan masa pakai kaki? Maksudnya disini makan pakai tangan langsung, tidak menggunakan sendok atau garpu. Orang Indonesia dikenal suka makan dengan tangan kanan langsung terutama untuk menu-menu makanan yang berunsur sambal dan lalapan. Dan jelas tidak disarankan makan pakai tangan untuk hidangan berkuah seperti soto atau sop ayam.


9Belum makan kalau tidak pakai nasi

Perut orang Indonesia memang terbiasa dengan makanan pokok dari nasi. Itulah sebabnya dikatakan belum makan kalau tidak pakai nasi. Meski sudah makan pizza, dimsum, sushi atau spaghetti, tetap belum dibilang makan kalau tidak ada nasi.


8Kurang lengkap tanpa kerupuk

Sensasi bunyi kriuk kriuk dari kerupuk plus rasanya yang gurih memang menjadi kenikmatan tersendiri sebagai lauk tambahan. Tak heran jika orang Indonesia selalu merasa kurang lengkap jika makan tanpa kerupuk. Jenis kerupuk pun dibuat beragam seperti kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk tenggiri dan banyak lagi lainnya.


7Makanan pasti hambar tanpa sambal

Entah mengapa sambal selalu identik dengan orang Indonesia. Jarang orang Indonesia yang tinggal di luar negeri tidak mencari sambal sebagai identitas kulinernya. Tak heran jika sambal pun dibuat beragam jenis seperti sambal terasi, sambal tomat, sambal hijau dan sebagainya.


6Makan mie instant pakai nasi

Ini pasti akibat belum makan kalau belum ketemu nasi. Meski mie sudah termasuk karbohidrat, orang Indonesia selalu mencampurnya dengan nasi. Umumnya mie instant hanya dianggap sebagai camilan saat bersantai. Murah meriah dan perut kenyang.


5Di mana ada tahu, di situ ada tempe

Duo lauk pauk tak terpisahkan ini selalu ada di meja makan orang Indonesia. Selain bernutrisi tinggi, harganya yang tak bikin kantong bolong memang menjadi favorit banyak orang. Namun siapa sangka, lauk yang dianggap kurang istimewa di Indonesia ini adalah lauk yang sangat mahal di Eropa. Hal yang harus kamu banggakan, karena di Belanda untuk menikmati satu potong tahu saja harganya bisa mencapai 10 Euro atau Rp 151 ribu!


4Doyan makan jeroan

Di luar negeri, jeroan dari berbagai hewan potong wajib dibuang. Karena bagi mereka itu adalah sesuatu yang kotor dan tidak bergizi. Namun uniknya, 80% orang Indonesia doyan makan jeroan. Mulai dari jeroan ayam, jeroan sapi, jeroan kambing, jeroan ikan, otak, usus dan sebagainya. Jeroan hampir tidak memiliki nilai gizi, dan akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Nah, inilah salah satu kebiasaan unik orang Indonesia yang aneh di mata dunia.


3Makan sambil angkat kaki

Di luar negeri, penting untuk selalu memperhatikan table manner setiap kali kita makan. Dan makan sambil angkat kaki jelas-jelas tidak sopan bagi mereka. Namun di Indonesia, rasanya sangat nyaman jika makan sambil angkat kaki terutama di warung-warung lesehan sambil makan dengan lahap. Inilah table manner Indonesia, yang penting nyaman dan menyenangkan bukan?


2Sebelum makan difoto dulu

Ini sih karena munculnya sosial media yang merajalela terutama di kalangan anak-anak muda. Bukannya berdoa dulu, sebelum makan mereka tidak akan lupa untuk menjepret menu makanan dan menguploadnya di sosial media. Bahkan tak jarang berpose ramai-ramai di dekat makanan. Cekrek!


1Makan ramai-ramai

Orang Indonesia memang dikenal suka bersosialisasi. Hingga makan pun tak lupa untuk menunggu dan mengajak teman agar suasana makan lebih menyenangkan. Meski makan dengan nasi, sambal dan kerupuk, pasti akan lebih seru jika dimakan bersama-sama daripada makan nasi dan lauk ayam tapi sendirian saja.


Nah, itu dia 10 kebiasaan makan orang Indonesia yang unik di mata dunia. Bagaimana dengan kebiasaan makanmu?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Rini Kartika Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rini Kartika
Guest
Rini Kartika

“Hal yang harus kamu banggakan, karena di Belanda untuk menikmati satu potong tahu saja harganya mencapai 10 Euro atau Rp 150 rb!”

Orang Belanda bangga tidak keju dan birnya “mahal” di Indonesia? Tepat! Kebanggaan yang berlebihan, tidak diperlukan dan tidak pada tempatnya mencirikan kepribadian yang sebenarnya minder dan rendah diri atau bahasa inggrisnya “Inferiority Complex”, dimana SEBAGIAN BESAR orang Indonesia mengidapnya.

error: Sorry