Budaya & Literatur Sosial Unik & Aneh

10 Kebiasaan Orang Indonesia yang Sering Dianggap Aneh Oleh Wisatawan Mancanegara

Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi pariwisata dan budaya yang luar biasa. Sebut saja pariwisata dalam bentuk pemandangan alam, keanekaragaman budaya, dan kekayaan sejarah. Eksotisme Indonesia yang luar biasa seksi mau tak mau menarik minat banyak wisatawan. Terutama wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung ke Indonesia.

Ketika pertama kali mendaratkan kakinya ke negara Indonesia dapat dipastikan bahwa para wisatawan mancanegara tersebut akan merasakan keheranan dan kebingungan. Baik dengan melihat perilaku keseharian masyarakat, adat istiadat yang dilakukan, hingga kehidupan sosial kemasyarakatan. Terkadang, mereka akan shock hanya dengan melihat tingkah laku kita. Padahal, masyarakat Indonesia menganggap lumrah perilaku-perilaku tersebut.

Masyarakat Indonesia mungkin akan menganggap biasa hal-hal yang selama ini sering dilakukan dalam kebiasaan masyarakatnya. Akan tetapi tidak bagi wisatawan mancanegara. Ingin tahu, kebiasaan-kebiasaan apa saja yang sering dianggap aneh oleh wisatawan mancanegara? Inilah 10 Kebiasaan Orang Indonesia yang sering dianggap aneh oleh wisatawan mancanegara.


10Tisu toilet digunakan untuk tisu makan

kebiasaanlucuindo10

Jika bepergian ke warung-warung lokal di Indonesia, Anda tidak akan sulit menemukan warung makan yang juga menyediakan tisu makan. Akan tetapi, jika Anda memperhatikan Anda akan menemukan sesuatu yang unik. Tidak sedikit warung makan di Indonesia yang menyediakan tisu makan dengan tisu toilet.

Tisu makan yang digunakan berupa tisu toilet berbentuk gulungan yang dimasukkan ke dalam wadah tisu berbentuk plastik. Tentu wisatawan mancanegara yang melihatnya akan merasa geli. Hal ini dikarenakan tisu yang disediakan adalah tisu untuk toilet, bukan tisu untuk makan.


9Menggunakan jaket di siang hari

kebiasaanlucuindo9

Memiliki kulit dengan tone coklat bersemu sawo matang adalah dambaan para wisatawan mancanegara. Tak, heran jika tempat-tempat wisata dengan pemandangan terbuka menjadi tujuan wisata paling favorit. Pantai misalnya. Mereka rela berpanas-panasan demi menikmati hangatnya sinar matahari. Bahkan ada anggapan dikalangan wisatawan mancanegara yang menyebutkan bahwa jika pulang dengan kulit tidak berwarna coklat belum berkunjung ke negara tropis rasanya.

Wisatawan mancanegara akan terheran-heran jika melihat orang Indonesia memakai jaket di siang hari. Mereka akan bertanya-tanya, apakah menggunakan jaket disiang hari justru akan menambah rasa panas? Atau, mengapa orang Indonesia takut jika kulit mereka terkena paparan sinar matahari?


8Bepergian dengan menggunakan kardus

kebiasaanlucuindo8

Tentu hal yang biasa jika kita bepergian dengan menggunakan tas carrier, ransel, dan koper. Namun tidak bagi masyarakat Indonesia. Anda tentu tidak sulit menemukan orang Indonesia yang bepergian dengan menggunakan kardus sebagai tempat menyimpan barang. Entah di kereta api, kapal laut, bahkan pesawat terbang. Untuk tujuan destinasi luar negeri pun Anda akan menemukan sebagian orang Indonesia yang masih menggunakan kardus ketika bepergian.


7Berjongkok ria disepanjang jalan

kebiasaanlucuindo7

Tahukah Anda bahwa berjongkok adalah hal yang sulit dilakukan oleh orang asing? Mereka akan merasa kelelahan dan mengeluh sakit jika disuruh untuk berjongkok dalam waktu yang lumayan lama. Mereka akan terheran-heran mengapa orang Indonesia dapat berjongkok dengan waktu yang lama. Bahkan seakan-akan berjongkok adalah sebuah kebiasaan lama yang sulit dihilangkan.

Anda tidak akan sulit menemukan segerombolan orang yang nongkrong dan mengobrol di perempatan jalan kampung sembari berjongkok. Atau anak-anak yang asyik berjongkok ketika sedang bermain kelereng.


6Membonceng barang berukuran super besar dengan sepeda motor

kebiasaanlucuindo6

Sepeda motor adalah kendaraan multifungsi di Indonesia. Orang asing yang berkunjung ke Indonesia akan kaget melihat betapa banyaknya sepeda motor di jalanan. Mereka bingung dan keheranan karena di luar negeri untuk memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor adalah hal yang sulit dan mahal. Ditambah lagi dengan perilaku pengendara sepeda motor di Indonesia.

Mereka akan takjub melihat satu sepeda motor dengan tiga bahkan empat pengendara. Selain itu, di Indonesia barang sebesar apapun dapat diantar dengan menggunakan sepeda motor. Sebut saja membawa kasur, tempat tidur, hingga almari. Bahkan, para pekerja sales menggunakan tempat atau keranjang khusus untuk menampung barang dagangan mereka pada sisi kiri dan kanan sepeda motor. Hebat, bukan?


5Penumpang angkutan umum yang bergelantungan

kebiasaanlucuindo5

Penumpang angkutan umum yang penuh sesak adalah pemandangan yang umum di Indonesia. Bahkan, penumpang yang seharusnya tidak dapat tertampung mau tidak mau harus bergelanyutan jika tidak ingin menunggu lama angkutan selanjutnya dan ingin cepat sampai. Wisatawan asing yang ingin naik angkutan umum pun menjadi was-was. Mereka mengkhawatirkan keselamatan mereka sendiri selama perjalanan.


4Ngupil di sembarang tempat

kebiasaanlucuindo4

Mengupil sembarangan apalagi di tempat publik adalah hal yang tidak sopan di berberapa negara. Akan tetapi tidak bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, tentu tidak ada larangan dan teguran dari orang lain jika Anda tertangkap basah mengupil sembarangan.


3Membuat singkatan untuk kata apapun

kebiasaanlucuindo3

Tahukah Anda jika Indonesia adalah negara penyingkat dalam hal apapun nomor satu di dunia? Frasa dan kata apapun dapat disingkat di Indonesia. Sebut saja singkatan instansi pemerintahan, kebijakan negara, nama public figure, bahkan bahasa pergaulan sehari-hari pun mengandung banyak singkatan.


2Minum es teh berbungkus kantong plastik

kebiasaanlucuindo2

Es teh adalah minuman yang paling digandrungi di Indonesia. Di daerah manapun dan kapanpun Anda tidak akan sulit untuk menemukan es teh sebagai hidangan. Namun minum es teh dibungkus kantong plastik dengan sedotan adalah hal yang aneh di mata wisatawan asing. Pada umumnya minuman siap minum dibungkus dengan menggunakan cup, botol, atau kaleng.


1Kebebasan berkendara

kebiasaanlucuindo1

Ada sebuah lelucon di Indonesia yang berkata bahwa peraturan itu dibuat untuk dilanggar. Salah satu hal yang menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung adalah keinginan mereka untuk merasakan sensasi mengendarai sepeda motor di Indonesia. Mereka tertarik untuk mengendarai sepeda motor di jalanan Indonesia dengan sepeda motor matic. Mereka menyebutnya dengan skuter. Mereka sangat antusias ingin mengendarai skuter matic di jalanan Indonesia dengan kecepatan tinggi.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!