Flora & Fauna Traveling

10 Kebun Raya Terindah di Dunia Ini Wajib Dikunjungi

Kebun raya, atau disebut juga taman botani, merupakan lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan untuk koleksi, penelitian, dan konservasi. Namun, kebun raya juga bisa berfungsi sebagai destinasi wisata atau tempat berlibur, untuk menikmati pemandangan alami yang menyegarkan pikiran. Berikut 10 kebun raya terindah di dunia yang wajib untuk dikunjungi.


10Kew Royal Botanic Gardens (Inggris)

Taman di Inggris yang disponsori oleh Department for Environment, Food, and Rural Affairs ini terbuka untuk umum. Dengan luas sekitar 121,45 hektar dan diurus 723 staf, Kew Royal Botanic Gardens pun disebut-sebut sebagai taman dengan koleksi tanaman terbesar dunia. Bahkan, taman ini juga jadi situs warisan dunia yang sangat dijaga keasriannya oleh UNESCO.


9Exotic Garden of Monaco (Monako)

Dibuka sejak 1933, Exotic Garden of Monaco jadi surga bagi para pecinta flora dan burung. Dengan bentuk seperti labirin raksasa, taman ini pun menyimpan sejumlah tanaman seperti kaktus, succulent, dan bougenvil. Taman ini terletak di garis pantai dan menurun dari lereng. Pada bagian ujung, terdapat sebuah goa kapur kuno yang menurun hingga permukaan laut.


8Lautaret Alpine Botanical Garden (Prancis)

Tak seperti Menara Eiffel atau The Louvre, Lautaret Alpine Botanical Garden memang tidak banyak diketahui orang. Taman di Prancis ini berada di ketinggian hampir 2.133 meter dan dibangun University of Grenoble pada 1800-an. Para pengunjung pun bisa mendapat hiburan yang tak akan terlupakan selama berlibur di taman botanikal yang bagai surga tanaman ini.


7Dubai Miracle Garden (Uni Emirat Arab)

Dengan luas tujuh hektar, Dubai Miracle Garden di Uni Emirat Arab dipenuhi lebih dari 45 juta bunga berbagai macam warna dan jenis. Ketika dibangun pada 14 Februari 2013, taman botanikal raksasa ini mengejutkan dunia, karena berada di tengah gurun pasir yang luas. Kini, taman yang berada di Barsha, Dubailand Area ini menambah deretan taman indah di dunia.


6New York Botanical Gardens (Amerika Serikat)

Terletak di Bronx, New York, Amerika Serikat, New York Botanical Gardens ini sekaligus jadi National Historic Landmark. Luasnya mencapai 101,2 hektar dengan koleksi sekitar satu juta tanaman eksotis. Semua koleksi tanaman tersebut dibagi menjadi 50 taman dan tumbuhan, di antaranya tanaman tua, greenhouse, Peggy Rockefeller Rose Garden, dan Rock Garden.


5Nong Nooch Tropical Botanical Garden (Thailand)

Mulai dibuka untuk publik pada 1980, taman yang berlokasi di Provinsi Chonburi, Thailand ini memiliki luas sekitar 202,4 hektar. Nong Nooch Tropical Botanical Garden sendiri meliputi Taman Prancis, Taman Eropa, kaktus dan taman succulent, menara semut, bukit kupu-kupu, lembah bunga, taman anggrek, dan masih banyak lagi yang sangat menarik untuk dikunjungi.


4Botanischer Garten Munchen Nymphenburg (Jerman)

Tak hanya sebagai taman botani, lokasi di Menzinger, Munchen, Jerman ini juga merupakan arboretum yang bebas dikunjungi siapa saja, kecuali pada 24 dan 31 Desember setiap tahun. Setidaknya sekitar 350 ribu orang yang datang berkunjung per tahun. Botanischer Garten Munchen Nymphenburg memiliki luas hingga 21,20 hektar dengan koleksi 16 ribu tanaman.


3Adelaide Botanic Garden (Australia)

Berperan dalam budidaya tanaman asli Australia, serta beberapa jenis tanaman yang langka dan mulai terancam kepunahannya, taman bernama Adelaide Botanic Garden ini pun dibuka untuk umum sejak 1857. Taman seluas 51 hektar ini dikunjungi sekitar 1,5 juta orang setiap tahunnya, yang menikmati taman mawar, hutan hujan mini, dan sebuah rumah koservasi.


2Singapore Botanical Gardens (Singapura)

Singapura tak hanya didatangi para turis yang ingin shopping, tetapi juga ingin mengunjungi taman raksasa Singapore Botanical Garden. Taman botanical seluas 74 hektar ini menyimpan ribuan tanaman, hutan hujan, serta kera liar dan kura-kura terrapin. Taman ini sendiri dibuat pada 1859, dan kini telah menjadi salah satu taman botanical terbaik dan terbesar di dunia.


1Kirstenbosch Botanical Gardens (Afrika Selatan)

Menjadi taman kebanggaan di Afrika, Kirstenbosch Botanical Garden yang berada di Cape Town, Afrika Selatan ini mengoleksi dan mengembangkan keanekaragaman flora langka dan asli dari benua Afrika. Pada 2004, UNESCO menetapkan Cape Floristic Region sebagai situs warisan dunia, di mana taman botanical yang dibangun pada 1913 ini termasuk di dalamnya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry