Tragedi

10 Kecelakaan Paling Mahal Sepanjang Sejarah

Tidak ada orang yang bisa meramalkan secara pasti akan terjadinya kecelakaan. Berdasarkan definisinya, kecelakaan memang terjadi secara tidak sengaja. Penyebabnya pun macam-macam, mungkin karena adanya kesalahan teknis, human error dan sebagainya.

Harga termahal yang dibayar tentu saja nyawa manusia itu sendiri. Nyawa manusia berharga jauh lebih besar dari semua harta di dunia. Namun kerugian materi juga bisa menghancurkan dan melumpuhkan bisnis. Apa saja kecelakaan paling mahal sepanjang sejarah manusia? Mari lihat di bawah ini.


10Tanker Meledak di Jembatan Wiehltal ($358 juta)

kecelakaanpalingmahal9

Pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah truk tanker yang sedang mengangkut 32.000 liter bahan bakar bertabrakan dengan mobil di Jembatan Wiehltal di Jerman. Truk tersebut menabrak pagar pembatas dan terjatuh dari ketinggian 90 kaki. Ledakan yang dihasilkan langsung menghancurkan jembatan tersebut. Biaya perbaikan sementara mencapai $40 juta dan biaya untuk membangun kembali jembatan itu diperkirakan sampai $318 Juta.


9Tabrakan Kereta di Chatsworth ($500 juta)

kecelakaanpalingmahal8

Kecelakaan kereta api dahsyat ini terjadi pada tanggal 12 September 2008, ketika sebuah kereta barang Union Pacific bertabrakan dengan kereta penumpang Metrolink di distrik Chatsworth, Los Angeles membunuh 25 penumpang. Kesalahan terjadi karena konduktor kereta Metrolink sibuk menerima pesan sehingga mengabaikan sinyal merah dan terus melaju. Kesalahan fatal ini merugikan Metrolink sebesar $500 juta.


8Pesawat Militer Tergelincir dan Meledak ($1.4 miliar)

foto: Exclusive First Look

foto: Exclusive First Look

Pada tanggal 23 Februari 2008, pesawat pengintai B-2 Stealth Bomber jatuh di landasan pacu sesaat setelah lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam. Peneliti menyimpulkan bahwa ada kesalahan dalam sistem kontrol data komputer. Tiba-tiba pesawat tersebut keluar jalur sehingga tergelincir dan meledak. Ajaibnya sang pilot selamat. Ini juga merupakan kecelakaan penerbangan yang paling mahal dalam sejarah dengan kerugian sebesar $1.4 miliar.


7Minyak Exxon Tercecer di Lautan ($2.5 miliar)

kecelakaanpalingmahal6

Kecelakaan ini terjadi di Prince William Sound, Alaska, pada tanggal 24 Maret 1989. Salah satu kapal tanker raksasa, Exxon Valdez, tenggelam dan menumpahkan 11 juta galon minyak, mencemari lautan hingga teluk Alaska. Hal ini dianggap sebagai salah satu bencana lingkungan yang disebabkan oleh manusia yang paling dahsyat. Untuk membersihkan lautan dari minyak tersebut, Exxon harus mengeluarkan biaya $2.5 miliar.


6Meledaknya Alat Pengebor Minyak ($3.4 miliar)

foto: www.politics.ie

foto: www.politics.ie

Pada tanggal 6 Juli 1988, sebagai bagian dari pemeriksaan rutin dari Piper Alpha Oil, para teknisi mencopot dan memeriksa katup pengaman yang gunanya untuk mencegah terbentuknya gas cair berbahaya. Sudah ada sekitar 100 katup pengaman yang dicek, namun fatalnya teknisi tersebut lupa untuk mengganti salah satu katupnya dengan yang baru.

Jam 10 malam di hari yang sama, seorang teknisi menekan sebuah tombol untuk menggerakan pompa cair, dan kecelakaan mengerikan ini pun langsung terjadi. Hanya dalam waktu dua jam, seluruh bangunan tersebut dilalap api mengakibatkan 167 pekerja tewas dan merugikan perusahaan $3.4 miliar.


5Pesawat Ulang Alik Challenger Meledak ($5.5 miliar)

foto: news.bbc.co.uk

foto: news.bbc.co.uk

Pesawat antariksa Challenger meledak di langit pada tanggal 28 Januari 1986. Dalam waktu 73 detik setelah lepas landas, adanya cacat di O-ring (segel untuk mencegah kebocoran) menyebabkan masuknya tekanan udara dari luar sehingga tangki hidrogen cair pesawat tersebut meluap dan meledak. Biaya penggantian pesawat ini sebesar $4.5 miliar dan untuk mengganti biaya peralatan, penyelidikan dan koreksi mencapai $1 miliar. Selain itu bencana ini juga menewaskan 7 awak pesawatnya.


4Tumpahan Minyak Prestige (12 miliar)

foto: www.thetimes.co.uk

foto: www.thetimes.co.uk

Lagi-lagi berhubungan dengan minyak, kapal tangker milik Prestige tenggelam di lepas pantai Galicia, menumpahkan 20 juta galon bahan bakar minyak ke laut. Kejadian ini disebabkan oleh badai besar di Galicia, Spanyol. Akhirnya kapal terbelah menjadi dua. Total biaya yang dikeluarkan untuk membersihkan lautan adalah sekitar $12 miliar.


3Pesawat Luar Angkasa Columbia Meledak ($13 miliar)

foto: www.cbsnews.com

foto: www.cbsnews.com

Pesawat luar angkasa Columbia hancur saat memasuki kembali orbit bumi di atas Texas pada tanggal 1 Februari 2003. Dua minggu sebelumnya saat pesawat tersebut diluncurkan, sepotong insulasi busa copot dan menabrak sayap kiri kapal tersebut sampai berlubang. Namun hal ini didiamkan oleh NASA. Ketika pesawat tersebut kembali, lubang di sayap tersebut menyebabkan masuknya gas atmosfer yang panas dan menghancurkan struktur dari sayap itu. Semua awak tewas dan kecelakaan ini memakan biaya $13 miliar.


2Anjungan Minyak BP Meledak ($20 miliar)

kecelakaanpalingmahal10

Malam hari tanggal 20 April 2010, adanya gas yang bocor mengakibatkan terjadinya ledakan di anjungan minyak milik BP di Teluk Meksiko. Sebelas orang tewas dan lainnya luka-luka. Api terus menyala selama 36 jam sebelum akhirnya anjungan tersebut tenggelam dan menumpahkan lebih dari 200 juta galon minyak ke laut, menjadikan ini tumpahan minyak terbesar sepanjang sejarah Amerika. Meskipun proses pembersihan telah berakhir pada bulan Juli 2010, namun sisa-sisa minyak tetap masih ada di pesisir pantai yang mungkin menyebabkan kerusakan jangka panjang untuk masyarakat yang tinggal di daerah pantai tersebut. Total biaya yang dikeluarkan BP untuk membersihkan, kompensasi, membayar denda dan lainnya mencapai $20 miliar.


1Chernobyl ($200 miliar)

kecelakaanpalingmahal1

Pada tanggal 26 April 1986, dunia menyaksikan kecelakaan termahal dalam sejarah. Bencana Chernobyl secara luas juga telah dianggap sebagai kecelakaan nuklir terburuk, mempengaruhi 50% bagian dari Ukraina. Bencana ini disebabkan oleh operator pembangkit listrik yang melanggar prosedur dan mengabaikan persyaratan keselamatan yang diperlukan.

Dua ratus ribu orang harus dievakuasi dan dipindahkan, sementara 1,7 juta orang secara langsung terkena dampak radiasi nuklir tersebut. Tidak ada yang tahu persis berapa total biaya yang dikeluarkan untuk ganti rugi, namun berdasarkan estimasi $200 miliar adalah angka yang cocok untuk pembersihan, transmigrasi dan kompensasi korban.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Juan

    Kasian ya orang orang dulu

    Trmh kasih infonya

    • Halo bung Juan. Iya tragedi ya 🙁 terima kasih jg utk komennya!

error: Alert: Content is protected !!