Tragedi

10 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mengerikan Dalam Sejarah

Pernahkah Anda mendengar mengenai kasus kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan sepanjang sejarah? Dalam kecelakaan tersebut ratusan penumpang menjadi korban tewas. Bisa dibilang kecelakaan ini adalah tragedi memilukan dalam dunia penerbangan. Bahkan beberapa kasus masih diselubungi misteri mengenai penyebab pasti kecelakaan.

Adapun sejumlah kasus kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan yang pernah terjadi, di antaranya sebagai berikut.


10Tragedi 11 September 2001

Tragedi 11 September 2001 merupakan kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan yang akan selalu dikenang. Dalam kecelakaan ini melibatkan empat buah pesawat sekaligus, yakni dua pesawat 767 yang terbang dari Boston, 757 dari Wahshington, dan 757 dari Newyork. Keempat pesawat tersebut menabrak gedung World Trade Center dan  memakan korban sangat banyak. Terdiri dari 33 kru pesawat,  214 penumpang, 125 orang di Pentagon, dan lebih dari 2.700 orang meninggal. Kecelakaan ini diklaim sebagai pembajakan pesawat oleh sekelompok teroris Al-Qaeda.


9Tenerife Disaster 1977

Kecelakaan ini disebabkan oleh kabut tebal yang menyelimuti bandara Tenerife North Airport. Cuaca buruk mengganggu komunikasi bandara dan beberapa penerbangan. Saat itu, kedua pesawat yang s akan lepas landas, yakni Boeing 747 KLM dan Pan AM Flight bertabrakan. Kecelakaan ini merenggut 583 penumpang dan menjadi sejarah mengerikan dalam penerbangan.


8Japan Airlines Flight 123 1985

Di tanggal 12 Agustus 1985 pesawat Japan Airlines Flight jatuh karena mengalami dekompresi yang merusak sistem hidrolik dan ekor pesawat. Akibat masalah tersebut, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat. Tercatat sekitar 520 penumpang tewas dalam tragedi ini.


7Charkhi Dadri 1996

Kecelakan ini melibatkan dua pesawat, yakni Saudi Arabian Airline dan Kazakhstan yang bertabrakan di sebelah barat kota New Delhi. Semua penumpang dari kedua pesawat tersebut meninggal secara tragis. Tabrakan tersebut disebabkan karena kurangnya kemampuan bahasa Inggris kedua pilot. Pesawat Arabian Airline yang seharusnya terbang di ketinggian 1.042 meter malah semakin menaikkan ketinggian dan menabrak pesawat Kazakhstan.


6Turkish Airlines Flight 1974

Kecelakaan ini disebabkan oleh ledakan akibat kesalahan mekanisme kunci pada kargo pesawat. Pesawat pun mengalami dekompresi, membuat pilot kehilangan kendali. Dalam kecelakaan ini, 346 orang menjadi korban.


5Iran Ilyushin II 2003

Jatuhnya pesawat Iran Ilyushin II menjadi kecelakaan paling mengerikan di Iran. Sebanyak 302 jiwa tewas. Tidak ada penyebab pasti dari kecelakaan pesawat ini, tetapi orang-orang memperkiraan bahwa angin kencang dan kabut tebal lah yang menjadi penyebab kecelakaan.


4Air India Flight 1985

Salah satu kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan adalah tragedy Air India Flight. Kecelakaan ini terjadi ketika pesawat tengah mengudara di tengah kota London dan Montreal. Kecelakaan fatal ini disebabkan oleh bom yang meledak di dalam pesawat, pesawat kemudian jatuh di Samudra Atlantic, tepi pantai Irlandia. Dicurigai bom tersebut dipasang oleh anggota Militan Sikh.


3Saudia Flight 1980

Kecelakaan pesawat Saudia Flight 180 terjadi setelah enam menit lepas landas. Kronologi kecelakaan ini diawali dengan kemunculan asap yang dicurigai berasal dari kargo pesawat. Kru pesawat pun berinisiatif untuk kembali ke bandara dan mematikan mesin. Mirisnya, meski berhasil mendarat dengan selamat, tetapi 301 penumpang  tewas lantaran terlalu lama menghirup asap beracun selama berada di atas pesawat.


2Air Africa Crash 1996

Kecelakaan Air Africa Crash menewaskan lebih dari  225 jiwa. 500 orang lainnya menderrita luka-luka. Kemungkinan besar pesawar terjatuh karena kelebihan beban. Menurut catatan, saat kejadian pesawat dalam kondisi membawa sejumlah senjata untuk pasukan militer Angola.


1Iran Air Flight 655 1988

Pesawat ini mengalami kecelakaan setelah ditembak jatuh oleh kapal USS Vinceness di atas teluk Persia ketika sedang terjadi perang antara Iran dengan Irak. Tembakan tersebut disebabkan kesalahan komunikasi. Jumlah korban tewas dalam kedelakaan ini mencapai 290 puluh jiwa. Bisa dibilang kasus ini adalah kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan sepanjang sejarah.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of