Dunia Medis

10 Kehebatan Puasa bagi Kesehatan

Puasa merupakan serangkaian ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim saat bulan Ramadhan. Namun tahukah Anda, dengan berpuasa selain mendapatkan pahala Anda pun akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan Anda sendiri lho. Agar Anda lebih bersemangat menjalankan ibadah puasanya yuk simak saja sepuluh keuntungan berpuasa bagi kesehatan tubuh!


10Sistem Imunitas Pada Tubuh Meningkat

foto: zeroways.com

foto: zeroways.com

Dengan berpuasa sistem imunitas pada tubuh Anda akan meningkat, hal ini disebabkan karena puasa dapat mengurangi masuknya zat-zat tidak baik pada makanan yang Anda konsumsi ke dalam tubuh. Selain itu limfosit (sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh) Anda pun akan meningkat sebesar 10 kali lipat dari biasanya.


9Memberi Efek Tenang

foto: www.fitbrains.com

foto: www.fitbrains.com

Mengapa berpuasa dapat memberi efek tenang? Karena selain menahan lapar dan haus, puasa juga menuntut Anda untuk menahan diri dari hawa nafsu. Hal ini tentu saja akan membuat emosi Anda menjadi lebih stabil sehingga akan merasakan efek ketenangan batin.


8Memaksimalkan Kinerja Otak

foto: shaunynews.com

foto: shaunynews.com

Ketika berpuasa, kinerja otak Anda cenderung akan menjadi lebih tenang. Berpuasa ternyata mampu membuat kinerja otak Anda untuk berfikir lebih tajam daripada biasanya lho. Apalagi ketika dalam kondisi lapar, otak Anda pun dituntut untuk berfikir lebih keras sehingga hasilnya Anda akan menjadi lebih kreatif daripada biasanya.


7Mencegah Diabetes

kehebatanpuasa7

Dengan berpuasa, asupan gula yang Anda konsumsi tentunya akan lebih terkontrol daripada biasanya sehingga kadar gula yang terkandung dalam darah Anda pun akan berada dalam batas yang wajar.


6Mengurangi Kegemukan

kehebatanpuasa6

Ketika Anda sedang berpuasa pola makan Anda akan lebih teratur daripada biasanya, hal ini membuat sistem pencernaan Anda bekerja dengan lebih efektif. Hal ini disebabkan karena Anda akan lebih lancar BAB sehingga kotoran yang ada pada usus Anda pun akan bersih secara tuntas.


5Menyehatkan Ginjal

foto: www.esicm.org

foto: www.esicm.org

Ginjal tentunya mempunyai batas maksimal dalam proses penyaringan urin, maka dengan berpuasa ginjal Anda akan bekerja dengan lebih efektif dan maksimal karena minimnya asupan air yang Anda konsumsi. Ini salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yang paling penting.


4Menyehatkan Jantung

foto: www.thanyapurahealth.com

foto: www.thanyapurahealth.com

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, maka dari itu dengan melakukan puasa saja, jantung Anda bisa menjadi lebih sehat karena meningkatnya HDL (lemak baik) dan pada waktu yang bersamaan menurunkan LDL (lemak jahat). Selain itu juga dengan kurangnya kadar kolestrol yang Anda konsumsi tentunya membuat jantung Anda menjadi lebih sehat.


3Menghilangkan Racun Pada Tubuh

foto: www.healthyhippie.net/

foto: www.healthyhippie.net/

Racun yang ada di dalam tubuh Anda akan di-detoksifikasi ketika Anda sedang berpuasa. Alasannya karena sistem pencernaan Anda berada dalam kondisi sangat baik ketika sedang berpuasa. Selain itu cadangan lemak Anda pun dapat mengalahkan semua racun yang terdapat dalam tubuh Anda.


2Meningkatkan Performa Seks

foto: kristanhiggins.com

foto: kristanhiggins.com

Memang saat awal-awal berpuasa, hormon pemicu seks akan menjadi sangat rendah, namun beberapa hari kemudian hormon seks tersebut malah akan lebih meningkat daripada biasanya.


1Mengatasi Nyeri Sendi

foto: www.med-health.net

foto: www.med-health.net

Semua orang pasti memiliki sel penetral yang mampu menghilangkan virus pada tubuh dan menyembuhkan penyakit. Nah ketika berpuasa, sel penetral tersebut akan meningkat sehingga nyeri sendi pun dapat teratasi.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!