Traveling

10 Kota Paling Dingin di Indonesia yang Harus Dikunjungi Traveler

Indonesia lebih dikenal sebagai kawasan dengan iklim tropis dan udara yang cenderung panas. Namun, meski begitu ternyata juga ada sejumlah daerah di Tanah Air yang jadi lokasi sangat dingin. Nah, berikut ini 10 kota paling dingin di Indonesia. Menariknya ke-10 kota ini tak hanya menarik karena berada di ketinggian sehingga cuacanya yang dingin, tetapi juga memiliki keindahan alam mempesona yang membuat para traveler harus mengunjunginya.


10Gayo Lues (Aceh)

kotaterdinginindo10

Salah satu kabupaten terisolasi di Provinsi Aceh ini berada di ketinggian hingga 1.000 meter dari permukaan laut (mpdl). Namun, daerah ini sudah cukup mendunia berkat Kopi Gayo yang jadi salah satu biji kopi paling nikmat dari Indoneia. Gayo Lues juga dikenal sebagai penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Selain itu, wisata alamnya juga sangat menarik, di antaranya jalur pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puteri Betung.


9Ciwidey (Jawa Barat)

kotaterdinginindo9

Berada hanya sekitar 44 km dari pusat kota Bandung, Jawa Barat, Ciwidey yang berlokasi di ketinggian 1.200 mdpl ini menjadi salah satu objek wisata favorit. Kota kecil ini memang memiliki pesona alam yang sangat memikat, salah satunya adalah Kawah Putih yang sudah sangat dikenal wisatawan. Selain itu, ada pula perkebunan teh Rancabali yang sangat luas, serta pemandian air panas Cimanggu dan Walini, sambil merasakan sensasi hawa dingin.


8Ruteng (Nusa Tenggara Timur)

kotaterdinginindo8

Salah satu kota di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Namun, kota ini tak hanya punya udara yang dingin, tapi juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan pemandangan suasana bangunan-bangunan bergaya Eropa seperti di Praha, Ceko, serta pemandangan persawahan luas yang menghijau dengan pegunungan berkabut. Ada pula Desa Adat Compang Ruteng yang juga menarik.


7Batu (Jawa Timur)

kotaterdinginindo7

Kota kecil ini menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Timur. Dengan kondisi udaranya yang sejuk, karena berlokasi di ketinggian mencapai 1.200 mdpl, Batu memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pemandian air panas di Cangar, air terjun Cuban Rondo dan Cuban Sewu, wisata paralayang dan outbond, hingga wisata edukasi dan agrowisata seperti Jatim Park, Museum Angkut, Museum Satwa, dan Batu Secret Zoo.


6Mamasa (Sulawesi Barat)

kotaterdinginindo6

Kabupaten yang menjadi sentra kawasan pengembangan ekonomi terpadu di Sulawesi Barat ini terletak di daerah pegunungan dengan ketinggiaan rata-rata 1.200 mdpl, dan puncak tertinggi mencapai 1.900 mdpl. Tak hanya dikenal sebagai kawasan perkebunan dengan produk kopi dan kakao, serta lokasi peternakan sapi, kuda, kerbau, dan kambing terbaik di Sulawesi, Mamasa juga memiliki beberapa objek wisata alam dan perkampungan tradisional.


5Berastagi (Sumatera Utara)

kotaterdinginindo5

Daerah yang berada di ketinggian 1.300 mdpl ini memiliki suhu mencapai 25 derajat celcius pada siang hari dan 21 derajat celcius pada malam hari. Menariknya, Berastagi yang diapit dua gunung berapi, yakni Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak ini punya banyak objek wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Kota kecil ini juga dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara, yang bisa dijadikan oleh-oleh.


4Lembang (Jawa Barat)

kotaterdinginindo4

Tak hanya Ciwidey, Lembang juga menjadi salah satu kota paling dingin di Indonesia yang berada di Jawa Barat. Kota kecil yang terkenal dengan observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha ini berlokasi di ketinggian sekitar 1.300 – 2.100 mdpl. Lembang sendiri sudah dikenal sebagai kawasan wisata sejak zaman dulu, dengan kawasan pedesaan dan pemandangan alamnya yang masih alami, seperti Gunung Tangkuban Perahu dan air terjun ke Maribaya.


3Wonosobo (Jawa Tengah)

kotaterdinginindo3

Wonosobo yang berada di ketinggian rata-rata mencapai 2.000 mdpl menjadi kota terdingin di Jawa Tengah, dengan suhu 18 derajat celcius pada siang hari dan 13 derajat celcius pada malam hari. Daerah ini terkenal dengan kawasan dataran tinggi Dieng yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan, meski jadi wilayah terpencil di Jawa Tengah. Pemandangan alamnya yang eksotis dengan beberapa pegunungan, sangat menarik untuk dikunjungi.


2Waghete (Papua)

kotaterdinginindo2

Kawasan ini memiliki suhu 10 derajat celcius pada malam hari dan di siang hari sekitar 15 derajat celcius, karena terletak pada ketinggian 2.200 mdpl. Berada di kota kecil Kabupaten Deiyai, Papua ini benar-benar akan membuat Anda tidak merasakan lagi panasnya udara seperti di banyak kota-kota besar di Indonesia. Pemandangan alamnya pun sangat indah, karena masih alami. Namun, untuk mencapai Waghete cukup sulit dan butuh biaya besar.


1Mulia (Papua)

kotaterdinginindo1

Kota paling dingin di Indonesia ini berada di ketinggian 2.448 mdpl di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Tak heran jika suhu normal di Mulia berkisar 15-20 derajat celcius pada siang hari, sedang di malam hari suhu udara mencapai 10 derajat celcius. Meski sempat dikenal sebagai daerah konflik, namun kini Mulia sudah ramai dikunjungi orang. Anda akan bisa menyaksikan keindahan alam saat datang dengan pesawat melewati sela-sela pegunungan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry