Kuliner

10 Kuliner Asli Indonesia yang Punya Nama Unik

Indonesia banyak sekali ragam kuliner khas. Bahkan, setiap daerah di Nusantara memiliki masakan khasnya masing-masing. Berbagai jenis makanan itu pun turut menjadi daya tarik wisata Tanah Air. Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang juga mengagendakan wisata kuliner saat berlibur di Indonesia. Nah, ada pula 10 kuliner asli Indonesia yang punya nama unik. Namanya itu pun bukan sembarang, tetapi memiliki arti dan sejarah. Berikut uraiannya.


10Roti Ketawa

Jika Anda berpikir akan tertawa saat memakan roti ini, maka salah besar. Camilan yang banyak ditemukan di Medan, Sumatera Utara ini disebut Roti Ketawa, karena ada belahan pada permukaan roti yang berbentuk bulat ini, sehingga terlihat seperti mulut yang sedang tertawa. Bentuknya sendiri seperti onde-onde dengan butiran wijen di seluruh permukaan. Hanya saja, bahannya dari roti sehingga lebih padat, dan tidak punya isi dari kacang hijau.


9Kue Satu

Kue tradisional dari Jawa Barat ini biasanya disajikan dalam acara-acara besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan pesta pernikahan. Selain itu, juga banyak dijadikan oleh-oleh. Dinamakan Kue Satu, karena kue ini dibuat dengan mencetak satu-persatu adonannya menggunakan cetakan dari balok kayu. Bahan dasarnya sendiri dari kacang hijau. Sedangkan bentuknya bulat atau bunga-bunga berwarna putih, dengan rasa manis dan tekstur yang lembut.


8Kue Dollar

Awalnya, kue kering dari Surabaya, Jawa Timur ini hanya memiliki rasa gurih dan renyah. Namun, belakangan ini sudah begitu banyak varian rasa, mulai dari keju, wijen, hingga jahe. Tak heran jika makanan ini jadi oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan saat berlibur di Kota Pahlawan. Bahan dasarnya dari terigu, telur, dan air. Lalu, dibuat dengan cetakan dari besi atau aluminium, yang berbentuk bundar dan pipih seperti koin, sehingga disebut Kue Dollar.


7Kue Cubit

Jajanan ini berbentuk sangat kecil, sehingga saat mengambilnya cukup menggunakan dua jari, seperti orang sedang mencubit. Oleh karena itulah dinamakan Kue Cubit. Tak hanya itu, saat memasaknya, kue ini diambil dengan menggunakan penjepit setelah matang. Kue yang populer di Jakarta, meski pun banyak juga ditemukan di daerah lain di Pulau Jawa ini, dibuat dari campuran susu, tepung terigu, dan air. Warnanya putih di atas, dan coklat di bawah.


6Nasi Kentut

Oleh karena dibungkus dengan daun kentut, makanan berbahan dasar nasi ini pun disebut dengan nama Nasi Kentut. Namun, Anda tak usah khawatir saat memakannya, karena aroma dipastikan tak seperti kentut, melainkan malah daun itu memberikan aroma yang nikmat dan baik untuk pencernaan. Kuliner khas dari Medan ini biasanya disantap dengan berbagai macam lauk pauk, seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng, dan sambal.


5Kuku Macan

Kuliner asli Indonesia yang punya nama unik ini disebut dengan Kuku Macan. Camilan sejenis kerupukk yang banyak ditemukan di Kalimantan ini dinamakan seperti itu, karena bentuknya sangat mirip dengan kuku macan. Dikenal juga dengan nama kerupuk amplang, camilan ini dibuat dari campuran tepung tapioka dan ikan tenggiri. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk memakan Kuku Macan, karena pemiliknya tidak akan marah saat Anda mengambilnya.


4Tahu Gimbal

Nama gimbal disematkan bukan karena penjualnya berambut gimbal, melainkan nama dari sebuah gorengan yang terbuat dari udang goreng tepung dengan rasa garing. Kuliner khas dari kota Semarang, Jawa Tengah ini disajikan dengan campuran tahu dan lontong, sehingga disebut Tahu Gimbal. Tahu itu sendiri digoreng, dicampur dengan kol yang dirajang, tauge, telur, dan lontong, serta disajikan dengan siraman bumbu kacang encer dan petis udang.


3Kerupuk Melarat

Kerupuk khas kota Cirebon, Jawa Barat ini dinamakan melarat, karena tidak digoreng dengan minyak, melainkan dengan pasir panas yang sudah dibersihkan. Ini dilakukan, karena harga minyak dahulu sangat mahal, sehingga digunakan pasir sebagai inovasi. Sejak itulah camilan berbahan dasar tepung tapioka ini disebut Kerupuk Melarat. Rasanya yang gurih dan garing, membuat kerupuk berwarna mencolok ini cocok jadi camilan atau dimakan dengan nasi.


2Nasi Kucing

Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di warung angkringan yang tersebar di berbagai kawasan di Yogyakarta, karena Nasi Kucing memang sangat populer di Kota Pelajar tersebut. Dinamakan Nasi Kucing, bukan karena lauknya dari daging kucing, melainkan karena porsi nasinya sangat sedikit seperti makanan kucing. Kuliner khas ini sangat nikmat, dengan lauk yang berbagai macam. Nasi Kucing ini biasanya disajikan dalam bungkusan daun pisang.


1Bika Ambon

Oleh-oleh wajib dari Medan, Sumatera Utara ini hampir mirip seperti martabak, mulai dari teksturnya yang berlubang-lubang dan warnanya kuning. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar telur, gula, dan santan, dengan rasa manis dan sedikit kenyal. Menariknya, meski berasal dari Medan, namun namanya malah Bika Ambon. Ternyata namanya diambil dari salah satu jalan di kota Medan, tempat kue ini pertama kali diproduksi, yakni Jalan Ambon.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
desi ayu Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
desi ayu
Guest
desi ayu

bingung dan ragu sama banyak nya investasi tidak jelas?
gabung saja bersama kami tanpa keluar modal di muka bos 🙂
YM1 : bola.vita@yahoo.com
YM2 : agenbolavita@yahoo.com
wechat : bolavita
line : bolavita
whatup : 6281377055002
BBM: D1A1E6DF , 7B51876A D8C363CA (NEW)

error: Sorry