Musik

10 Lagu Indonesia Ternostalgia Tahun 90’an

Pada dekade 90-an adalah masa keemasan musik Indonesia. Hampir semua genre musik hadir pada masa itu. Kali ini Tentik akan menampilkan 10 Lagu Indonesia Ternostalgia pada sekitar tahun 1990an. Maksudnya ternostalgia yaitu lagu yang paling berkesan dan akan bikin kamu jadi nostalgia banget tentang masa-masa indah dulu di saat muda. Yang pasti, lagu-lagu ini akan bikin kamu kangen. Untuk list ini, kami hanya menampilkan satu lagu dari sebuah band atau penyanyi berdasarkan opini kami. Yuk kita lihat..


10Air – Bintang

Band Air ini sebenarnya hanya beranggotakan 2 orang kakak-beradik saja. Memang terkesan minimalis, namun perpaduan keduanya cukup unik. Penampilan Beng-Beng dengan gitarnya dan kualitas vokal dari sang vokalis Sintawati membawa lagu berjudul ‘Bintang’ menjadi hits di tanah air era 90-an.


9Shaden – Pacarku

Vokalis cantik bernama Nuri Shaden yang sekarang menjadi politikus dulunya sempat membuat sebuah band bernama ‘Shaden’ dengan kedua adik kandungnya. Salah satu lagunya yang paling populer sekaligus ‘ngenes’ yaitu ‘Pacarku’. Terlihat jelas dari video musik ataupun liriknya, lagu ini berkisah tentang seorang wanita yang tiba-tiba diputuskan oleh pacarnya melalui sebuah surat. Entah mengapa hubungan mereka harus berakhir, itulah yang juga ditanyakan oleh Shaden melalui lagu ini.


8ME – Inikah Cinta

Untuk pengetahuan kamu, Indonesia sudah mengenal boyband jauh sebelum boyband-boyband masa kini lahir. ME merupakan salah satu boyband yang amat ngetop pada jamannya, pasti kamu juga salah satu fansnya! Ini salah satu lagu dari ME berjudul “Inikah Cinta”, lagu ini sering banget diputar di radio dan TV pada era 90’an. Dan kalau kamu jeli, kamu bisa melihat Shanty di video klip ini yang menjadi penari latar mereka.


7Stinky – Mungkinkah

Mungkinkah Stinky masuk dalam list ini? Sangat mungkin. Dengarkan saja lagunya berjudul ‘Mungkinkah’ ini, dijamin kamu akan nostalgia banget. Lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang akan segera dipisahkan oleh jarak. Terbesitlah sebuah pertanyaan: Mungkinkah mereka akan saling mencintai dan saling setia disaat jarak memisahkan mereka?


6Sheila on 7 – Dan

‘Dan’ merupakan salah satu lagu terbaik Sheila on 7 yang muncul di album pertamanya berjudul ‘Sheila on 7’ pada tahun 1999. Sheila on 7 merupakan band Indonesia pertama yang berhasil menjual tiga album pertamanya lebih dari 1 juta kopi. Lagu ‘Dan’ ini sendiri berkisah tentang kejantanan seorang pria yang dengan lantang mengakui kesalahannya kepada kekasihnya. Ia siap bertanggung jawab dan menanggung segala akibat dari kesalahannya asalkan dia bisa melihat sang kekasih kembali bangkit. Sebuah kualitas yang sudah jarang ditemui akhir-akhir ini.


5Chrisye – Kala Cinta Menggoda

Liris pada tahun 1997, ‘Kala Cinta Menggoda’ yang dinyanyikan oleh almarhum Chrisye ini berhasil mendapatkan Asia Viewer’s Choice Award pada tahun 1998, dan albumnya sendiri juga juga memenangkan beragam penghargaan lain di tahun yang sama. Sepertinya almarhum Chrisye ingin mengatakan kepada kita untuk selalu memperjuangkan cinta dan pantang menyerah melalui lagu ini.


4Padi – Menanti Sebuah Jawaban

Tidaklah salah jika kita menyebut Padi sebuah band legendaris yang pernah dimiliki Indonesia pada era 90-an. Suara khas sang vokalis Andy Fadly, lirik yang romantis dan tidak terkesan gombal, serta dari segi pembawaannya membuat band Padi ini semakin digemari. Salah satu lagunya yang terbaik berjudul ‘Menanti sebuah jawaban’, berkisah tentang seseorang yang menunggu jawaban dari pernyataan cintanya kepada seorang wanita. Saran dari kami, jangan mendengar lagu ini saat lagi galau ya.


3Dewa19 – Kangen

Sudah bisa jelas ditebak kalau Dewa19 akan muncul di list ini. Dewa19 juga merupakan band legendaris Indonesia dan telah menghasilkan banyak lagu-lagu romantis terbaik yang pernah ada, kami sampai kesulitan untuk memilih salah satu lagunya untuk list ini. Kami memilih ‘Kangen’ untuk menempati posisi . Lagu ini diciptakan oleh Ahmad Dhani dan berkisah tentang seorang wanita yang terus mengirimi surat kepada kekasihnya yang sedang berada di tempat yang jauh darinya. Mendengar lagu ini juga bikin kangen.


2Potret – Bunda

Arti dari seorang ibu mengandung berjuta-juta makna. Kehadirannya penuh arti dan ketika kita sedang terpisah pun maka ibu adalah orang yang paling kita rindukan. Kira-kira seperti itulah maksud yang ingin diutarakan oleh Melly Goeslaw dari lagu ini melalui band Potret. Kami tidak menyangkal kalau mendengar lagu ini membuka kenangan-kenangan yang amat indah.


1Andre Hehanusa – KKEB

‘Karna Kutahu Engkau Begitu’ atau disingkat KKEB merupakan sebuah lagu akustik aransemen Andre Hehanusa pada pertengahan 90-an. Tidak ada alat musik lain yang mengiringi lagu ini, namun petikan-petikan gitar yang sangat merdu, vokal yang manis dan lirik yang pas membuat lagu ini dapat dinikmati begitu saja apa adanya. Selain lagu ini, Andre Hehanusa juga sukses melahirkan lagu-lagu lain yang sama enaknya bagi dirinya sendiri maupun penyanyi lain.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of