Kuliner

10 Makanan Top Indonesia dan Asal Muasalnya

Kadang kita suka banget makan, tapi tau gak sih asal muasal makanan itu? Yuk kita lebih mengenal lagi tempat makan dan masakan khas di Indonesia yang bisa dibilang udah merajalela disetiap sudut kota dan sering banget kita temuin.

Inilah 10 Makanan Top Indonesia dan Asal Muasalnya.


10Soto

Credit: Tripadvisor

Racikan masakan Cina yang pas dengan lidah masyarakat Indonesia ini membuat soto terlahir di berbagai daerah di Indonesia dan dengan variasi rempah sesuai daerahnya membuat Indonesia kaya akan makanan khasnya. Menurut Dennys Lombard, dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya, asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto bahkan beberapa tempat ada yang menyebutnya Sauto.

Dengan isi daging, mie so un, kuah nikmat dan beberapa sayuran membuat orang Indonesia makin mencintai makanan silang budaya ini. Disajikan dengan panas-panas menambah kenikmatan dari soto itu sendiri. Harganya pun bervariasi dikisaran Rp 10.000;- s/d Rp 30.000;- permangkuknya, soto pun terdapat berbagai macamnya sesuai dari daerahnya seperti soto betawi, soto bogor, soto lamongan, soto semarang, soto makassar dan sebagainya.


9Bakso

Credit: Wikimedia

Bakso adalah kuliner Tionghoa yang sangat merajalela di Indonesia, terbuat dari adonan tepung dan daging sapi terkadang berisi telur ini sangat cocok dinikmati saat hujan, hawa yang dingin dan semangkuk bakso panas pas menemani kita disuasana yang dingin itu. Bakso yang bisa kamu temukan dengan gampang itu dijual di gerobak keliling hingga restoran besar.

Makanan favorit orang Indonesia ini seringkali menjadi kuliner alternatif dan membuat ketagihan, tidak jarang warung-warung dan penjual gerobakan menjual habis dagangannya ini, bakso yang katanya adalah ‘camilan’ ini tidak kalah populernya dengan kuliner-kuliner lainnya, karena harganya yang murah sekitar Rp 8.000;- s/d Rp 20.000;- dan rasanya menggigit membuat orang-orang Indonesia ketagihan dengan semangkuk bakso ini.


8Mie ayam

Credit: Indonesia-Recipe

Mie ayam yang aslinya dari Cina Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong ini seperti makanan yang sudah menjadi makanan tradisional yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Meledaknya peningkatan penduduk dari Cina Selatan ini menambah preferensi selera makan. Apalagi dalam budaya cina peranakan terkenal dengan budaya menikmati hidup, artinya `Elo kalo makan jangan tanggung-tanggung yang banyak dan enak sekalian’. Bagi kaum peranakan cina kerja habis-habisan harus diganti dengan makan enak dan hidup nyaman. Nah dari filosofi hidup enak makan enak lahirlah mie ayam ini.

Mie kuning yang direbus dan diberi potongan ayam yang sudah dimasak dengan bumbu menjadikan mie ayam memiliki rasa yang enak dan kadang diberi pelengkap seperti sayuran, bakso dan pangsit. Mie ayam yang biasa disajikan di mangkuk ayam jago itu dan dijual digerobak-an, diwarungan kecil hingga restoran-restoran mewah. Dan mei ayam memiliki banyak modifikasi, seperti mie ayam jamur, mie ayam ceker, hingga mie yang terbuat dari bahan-bahan sayuran organik. Dengan porsi yang pas dan harga terjangkau, menu ini bisa mengenyangkan perut.


7Bubur ayam

Credit: Masteresep

Bubur adalah makanan dari Indonesia yang di ciptakan oleh orang Tionghoa yang berada di Indonesia. Bubur nasi nikmat ini pembuatannya cukup mudah hanya dari beras yang dimasak dengan air hingga tekturnya lembut dan kental. Bubur sangat nikmat disajikan panas-panas dan biasanya bubur disajikan dengan taburan ayam yang diiris kecil-kecil terkadang diberi kuah dari kaldu ayam atau hanya kecap asin dan dipercantik dengan taburan cakwe tipis, kacang kedelai, seledri, daun bawang dan kerupuk.

Bubur ayam sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan sering menjadi menu untuk sarapan pagi. Sate usus dan sate telur puyuh adalah pelengkap yang pas yang bisa di santap bersamaan dengan bubur ayam. Harga yang sangat murah sekitar Rp 5.000;- s/d Rp 15.000;- per mangkuk ini biasa dijajakan oleh pedagang di gerobak keliling atau gerobak dipinggir jalan. Lagi-lagi makanan pingir jalan ini rasanya enak dan murah yang pastinya semua orang pernah rasakan dan menjadi kesukaan kita.


6Pecel Lele

Credit: Friedchillies

Makanan khas Jawa Tengah ini sangat populer, banyaknya warung tenda pecel lele kaki lima menghiasi dipinggir-pinggir jalan raya yang membuat menu yang satu ini sangat mudah ditemukan diberbagai tempat, dengan harga yang murah dan mengenyangkan perut lapar sangat pas untuk kantong mahasiswa dan kalangan menengah kebawah. Sambal tomat dan lalapan nemambah rasa sedap pada pecel lele itu sendiri.

Lele goreng renyah dan gurih membuat pecinta kuliner mengacungkan jempol karena menu ini tidak kalah nikmatnya dengan menu-menu di restoran mahal walau hanya makanan sederhana di pinggir jalan. Well, kocek yang harus kamu keluarin untuk membeli makanan ini cukup murah kok, mulai dari Rp. 7.000;- s/d Rp. 20.000;- perporsi yang pastinya bisa buat kamu kenyang dan nagih banget!


5Sate ayam, kambing dan sapi

Sate terbuat dari potongan-potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dengan menggunakan tusuk bambu dan di beri bumbu serta dimasak dengan cara dibakar di atas arang. Sate diketahui bersal dari Jawa dan sate dapat ditemukan dimana-saja. Banyak penjual sate yang menjajakan makanannya di kaki lima.

Sate ini sangat cocok disantap bersamaan dengan lontong atau ketupat. Dan sate sendiri sekarng banyak versi dari berbagai daerah di Indonesia yang pastinya rasasnya juga nikmat dengan berbagai macam rempah-rempah yang dibuat sedemikian rupa. Tidak salah kalau sate ini menjadi makanan favorit orang Indonesia. Sate juga banyak ditemukan di berbagai negara-negara di Asia. Nah, kisaran harga sate ini sangat standar sekitar Rp 15.000;- s/d Rp. 30.000;-


4Nasi uduk

Credit: Perthfoodengineers

Nasi uduk yang sudah sangat terkenal sejak abad ke-14 ini diminati oleh banyak orang. Selain rasanya yang gurih dan nikmat harganya pun terjangkau. Banyak yang menjadikan nasi uduk ini sebagai menu sarapan. Dan sekarang ini nasi uduk sudah di modifikasi, yang dulunya hanya nasi uduk dengan lauk yang seadanya sekarang nasi uduk dihidangkan dengan berbagai macam lauk dan tidak lupa sambal yang akan membuat rasa dari nasi uduk ini bertambah nikmat. Kehadiran nasi uduk di Indonesia diperkiraan datang lewat proses perdagangan.

Awal muasal nasi uduk itu berasal dari Tanah Melayu yang Pada Umumnya daerah Indonesia (pulau sumatera) dan wilayah negara Malaysia.karena perpindahan para penduduk melayu yang merantau ke pulau jawa dan menjual makan ini yang lezat ini bisa sampai di pulau jawa wilayah Sudan Kelapa dan sampai di Jawa barat. Dan kata ‘uduk’ sendiri pun berakar dari bahasa Sunda yang artinya bersatu atau bercampur, jadi bisa di bilang nasi yang dicampur dengan menu yang lain,makanan ini juga punya sedikit kemiripan dengan nasi lemak yang sangat khas di malaysia.

Ada juga yang berpendapat bahwa nasi uduk merupakan makanan rakyat kecil mengingat perekonomian Indonesia zaman dahulu sangat susah. Masyarakat cenderung mengonsumsi makanan apa adanya. Nasi uduk berasal dari kata “uduk”, secara etimologi artinya “susah”, di sisi lain, nasi uduk dahulu dijual memakai gerobak dan selalu ada di pasar.


3Warkop (Warung Kopi)

Credit: Isigood

Warkop adalah tempat kong-kong murah meriah yang bisa kita temukan di pinggir-pinggir jalan. Biasanya warkop ini hanyalah warungan kecil atau gerobak yang biasa menjual makanan-makanan kecil seperti gorengan, mie rebus, bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau serta yang tak ketinggalan adalah kopi-nya itu sendiri seperti main-name dari warungnya, warkop (warung kopi).

Sejarah warkop ini bermula pada tahun 1950-an di DIY Yogyakarta. Hingga saat ini warkop sangat diminati oleh semua kalangan, mulai dari muda-mudi hingga orang dewasa. Biasanya mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengobrol ngalor-ngidul, melepaskan penat dan lelah setelah aktifitas seharian. Warkop sangat cocok untuk tempat bersantai bersama teman-teman, selain harganya yang murah kebanyakan warkop buka hingga 24jam setiap harinya. Dan warkop ini didominasi oleh kaum adam, jadi untuk kaum hawa kalo bisa cari tempat kong-kong yang lain aja ya hihi.


2RM. Padang

Credit: Sajianku

Rumah makan padang adalah rumah makan yang menjual makanan khas dari Sumareta Barat. Rumah makan yang khas dengan hidangan santan dan pedas ini sangat populer dan selalu menjadi incaran. Rasanya yang enak dengan berbagai rempah-rempah dan porsi yang banyak membuat orang Indonesia tidak bosan untuk menjadikan RM. Padang ini menjadi salah satu favoritnya. Dengan menyediakan berbagai macam lauk dengan penataan yang unik, ditumpuk dengan piring hingga tinggi menjadi keunikan tersendiri dari RM. Padang ini. Tidak kalah dengan warteg khas Tegal, RM. Padang ini pun menjamur di sekitar rumah anda dan dijalan-jalan. Kisaran harganya pun terbilang murah mulai dari Rp 7.000;- s/d Rp 30.000;- sesuai menu yang anda pilih.


1Warteg (Warung tegal)

Credit: Hedwigus

Warteg adalah salah satu warung makan yang sangat terkenal di Indonesia. Karena bisnis yang satu ini sangat menguntungkan, sekarang warteg telah menjamur di berbagai daerah dan letaknya yang strategis di pinggir jalan. Rumah makan sederhana yang banyak kita temukan dipinggir jalan ini pada awalnya banyak dikelola oleh masyarakat dari dua desa di Kabupaten Tegal dan satu desa di Kota Tegal yaitu warga desa Sidapurna, Sidakaton Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal & Krandon.

Mereka mengelola warung tegal secara bergiliran (antar keluarga dalam satu ikatan famili) setiap 3 s/d 4 bulan. Sampai saat ini warteg dapat dengan mudahnya di temukan dipinggir-pinggir jalan karena sekarnag tidak hanya orang asli Tegal saja yang membuat usaha ini. Warung yang menyediakan makanan khas jawa dengan harga yang sangat bersahabat untuk kalangan menengah kebawah dan anak-anak kost menawarkan berbagai macam lauk-pauk yang bervariasi dengan kisaran harga Rp 3.000;- s/d Rp 15.000;- tergantung pada lauk pauk yang kita pilih.


Nah, itulah 10 makanan-makanan Indonesia yang paling digemari dan mudah di temukan. Hmm, sebetulnya masih banyak lagi kuliner-kuliner Indonesia yang harus dijajaki dan dicicipi karena banyaknya suku dan daerah yang ada di Indonesia, Indonesia sendiri pun kaya akan kulinernya. Betapa senangnya hidup di Indonesia yang kaya akan budaya dan hidup damai berdampingan dengan berbagai macam suku. Yuk, kita lestarikan budaya-budaya di Indonesia dengan mengenalnya lebih dekat, yang termudah kita tahu makanan-makanan yang kita makanan selama ini.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!