Misteri

10 Makhluk Misterius yang Sepertinya Benar-Benar Ada

Cryptozoology merupakan suatu studi ilmiah yang berfokus pada makhluk-makhluk yang keberadaannya belum dapat dibuktikan dikarenakan bukti-bukti yang minimum, namun ini bukan berarti makhluk tersebut tidak ada. Area studi ini memang sangat menarik banyak perhatian orang, lihat saja pada kasus Bigfoot ataupun Nessie the Loch Ness Monster. Banyak yang berbondong-bondong memburu makhluk tersebut dengan senapan kameranya, meski sampai sekarang belum ada bukti yang akurat. Sekarang saya akan menampilkan 10 Makhluk Misterius Yang Sepertinya Benar-Benar Ada.


10Ri dan Ilkai

cryptidnyata10

Ri dan Ilkai adalah nama yang diberikan oleh penduduk Papua kepada spesies laut berbentuk manusia, seperti putri duyung. Kedengarannya konyol memang, namun sebenarnya ada banyak sekali laporan-laporan dari jaman dahulu tentang keberadaan makhluk ini. Di tahun 1983, ilmuwan bernama Richard Greenwell dan Roy Wagner pergi ekspedisi untuk melacak makhluk ini, mereka berpikir bahwa yang orang lihat sebenarnya adalah dugong, ataupun anjing laut, namun ternyata mereka benar-benar melihat Ri dan Ilkai sedang memburu ikan di laut. Sampai sekarang ini masih menjadi misteri.


9Almas

cryptidnyata9

Almas adalah makhluk ganas yang tinggal di pegunungan di Kazakhstan dan Mongolia. Dilihat dari postur tubuhnya, mereka mirip dengan manusia purba. Cerita tentang keberadaan makhluk ini sudah dimulai dari ratusan tahun lalu. Satu cerita yang menarik dan terpercaya adalah tentang Zana, nama dari Almas wanita yang tertangkap di desa terpencil di pegunungan Zadan, Georgia. Zana lalu melahirkan tiga anak laki-laki dari pemburu yang menangkapnya. Uniknya anak mereka lahir normal namun dengan kekuatan yang luar biasa. Tengkorak dari anak bungsunya digali oleh ilmuwan Rusia, yang lalu menegaskan bahwa tengkoraknya memang masih mempunyai fitur-fitur manusia purba.


8Agogve

cryptidnyata8

Agogve berasal dari Kenya dan Uganda, mirip-mirip dengan Almas namun dengan postur yang lebih kecil dan dapat berjalan tegak. Penjelajah dari Inggris bernama J. Cottnay pernah mencoba untuk memburu makhluk ini, tapi dilarang mentah-mentah oleh penduduk lokal. Tahun 1983, satu tim ahli hewan juga mencari makhluk ini namun lagi-lagi dicekal oleh penduduk lokal. Mereka menganggap bahwa Agogve adalah kakek buyut mereka. Para Cryptozoologists juga berpendapat bahwa Agogve adalah keturunan Australopithecus yang sempat mendiami Afrika empat juta tahun lalu.


7Yeren

cryptidnyata7

Yeren adalah sejenis Bigfoot atau Yeti dari Cina. Bedanya, bulu Yeren berwarna oranye dan rambutnya panjang berwarna kemerahan. Menurut laporan pada tahun 1942 saat perang meletus antara Cina dan Jepang, seorang bocah lelaki, Liu Jikuan, mengaku melihat Yeren diborgol dan diseret oleh tentara Cina. Tidak ada yang tahu apa yang lalu terjadi pada makhluk tersebut. Sampai saat ini, penduduk lokal masih banyak mengaku melihat Yeren.


6Megalania Prisca

cryptidnyata6

Mirip dengan Komodo, namun ukurannya jauh lebih besar. Megalania Prisca berkeliaran di pedalaman Australia. Meskipun ilmu pengetahuan telah menganggap mereka punah, namun banyak penduduk yang membuat laporan bahwa mereka melihat biawak seukuran buaya air asin. Contohnya di tahun 1939, kereta yang sedang melaju di New South Wales harus berhenti karena masinisnya melihat ada sebongkah kayu besar yang menutupi rel keretanya, setelah beberapa lama kayu itu bergerak, ternyata mereka sedang melihat kadal dengan ukuran kira-kira 8 meter.


5Kongamato

cryptidnyata5

Kongamato adalah makhluk bersayap yang hidup di hutan Afrika. Makhluk ini menyerupai seekor Pterodactyl dengan lebar sayap sekitar 2 meter. Di tahun 1932, seorang penjelajah bernama Ivan Sanderson pergi ekspedisi ke region terpencil di Cameroon. Suatu hari ia dan tim nya menembak jatuh seekor burung aneh – yang menurut mereka adalah campuran dari kelelawar, burung dan reptil. Suku-suku lokal menyebut Kongamato jauh lebih berbahaya dari singa, macan tutul ataupun ular berbisa. Sayang, ekspedisi ke tempat terpencil tersebut sangat sulit dilakukan.


4Orang Pendek

cryptidnyata4

Kali ini berasal dari tanah air kita, Indonesia, lebih tepatnya di pulau Sumatra yaitu Orang Pendek. Makhluk ini meyerupai Bigfoot, hanya saja posturnya jauh lebih kecil. Orang Pendek tinggal di pedalaman hutan dan selalu menghindar dari kontak manusia. Penjajah Belanda melaporkan beberapa penampakan pada paruh pertama abad ke-20: mereka menggambarkan makhluk berbulu pendek seperti orang utan tapi mirip manusia dan mampu berjalan tegak.


3Yowie

cryptidnyata3

Bigfoot sepertinya mempunyai saudara dimana-mana. Australia juga punya versinya sendiri bernama Yowie. Salah satu cerita penampakan yang terpercaya berasal dari senator Bill O’Chee di tahun 1977. Saat dia sedang tamasya sekolah, dia dan temannya diganggu oleh seekor makhluk setinggi tiga meter dengan wajah seperti gorilla dan mempunyai kekuatan yang luar biasa. Sampai sekarang senator Bill bersikeras bahwa kejadian itu nyata. Baginya, dan bagi banyak warga Australia yang juga pernah melihat makhluk itu, Yowie benar-benar nyata dan tinggal di daerah pegunungan terpencil di Gold Coast.


2Nunda

cryptidnyata2

Nunda, atau juga Mngwa, adalah seekor kucing besar yang bersembunyi di hutan-hutan Tanzania. Dikatakan juga bahwa kekuatannya dan ukuran tubuhnya jauh melampaui singa paling ganas sekalipun. Yang cukup menarik, sampel bulu dari makhluk itu mengkonfirmasi bahwa makhluk ini memang spesies karnivora baru. Di 1920, pemburu dari Skotlandia bernama Patrick Bowen mencoba berburu makhluk ini. Dia gagal, namun dari jejak-jejak dan bulu yang rontok, dia yakin dengan keberadaan makhluk ini.


1Acurinis

cryptidnyata1

Keberadaan suku misterius dengan ciri-ciri penduduknya tinggi-tinggi dan pirang di tengah-tengah hutan Amazon ini membuat Acurinis pantas menempati nomor satu di list ini. Kontak pertama dengan suku ini terjadi di tahun 1977, dekat sungai Araguaya ketika ekspedisi Anglo-Brazil tiba-tiba dikerumuni oleh individu-individu yang tinggi dan pirang dan berbicara dengan dialek yang mereka tak pernah dengar sebelumnya. Anda mungkin bertanya, lalu mengapa sampai sekarang tidak ada berita atau informasi lebih lagi tentang mereka? Jawabannya mungkin karena pemerintah Brazil menutup-nutupi hal ini sehingga mereka dapat terus merebut tanah suku Indian tanpa menyita perhatian dunia.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • sampe sekarang masih terkesima sama makhluk2 cryptids begitu. thx sharingnya.