Game, Komik & Manga

10 Manfaat Bermain Video Games

Seiring dengan perkembangan waktu, konsol video game dan game-gamenya itu sendiri pun juga semakin berkembang. Lebih canggih, memukau, apalagi dengan grafis yang sangat terlihat nyata membuat semua orang baik anak kecil atau dewasa gemar bermain game. Orang tua selalu bilang bahwa bermain game terlalu lama itu tidak baik. Benar. Namun jika kita tahu waktu, ternyata bermain game juga banyak manfaatnya untuk kita lho. Yuk kita lihat apa saja manfaat bermain video games.


10Meningkatkan Ketangkasan

manfaatgame10

Penelitian para ahli bedah di rumah sakit menunjukan kalau mereka yang bermain video game cenderung 27% lebih cekatan dan 37% lebih jarang melakukan kesalahan dibanding mereka yang tidak bermain game.


9Pendidikan

manfaatgame9

Persekutuan Ilmuwan Amerika menyingkapkan kalau murid lebih gampang menangkap informasi yang disampaikan atau diajarkan melalui simulasi sebanyak 90%, ketimbang lewat bacaan yang hanya 10%.

8Fisioterapi

manfaatgame8

Konsol Nintendo Wii sangat bagus untuk mereka yang menderita penyakit Parkinson. Dalam sebuah penelitian, sebanyak 55% pasien lebih dapat mengontrol keseimbangannya dan dapat berjalan lebih cepat dan jauh setelah bermain selama 12 minggu.


7Menghilangkan Stress

manfaatgame7

Bermain video game mengurangi hormon penyebab stress (cortisol) sampai dengan 17%. Game Puzzle seperti ‘Bejeweled’ telah terbukti mengurangi kadar stress fisik manusia sebanyak 54%.


6Multitasking

manfaatgame6

Gamers lebih dapat berkonsentrasi melakukan 6 hal berbeda dalam satu waktu dibanding non-gamers yang hanya dapat melakukan 4 hal. Gamers juga dapat menyelesaikan uji perilaku dan persepsi secara 20% lebih efektif.


5Meningkatkan Daya Penglihatan

manfaatgame5

Kontradiksi dengan kepercayaan selama ini, bermain game ternyata malah dapat meningkatkan akurasi penglihatan sebanyak 20%. Namun perlu dicatat bahwa tidak boleh bermain lebih dari beberapa jam sehari dan mata terlalu dekat dengan layar monitor,


4Hubungan Antara Sesama

manfaatgame4

Tidak diragukan lagi, 76% pasangan yang bermain game bersama mengatakan bahwa ini memberikan efek positif terhadap hubungan rumah tangganya.


3Penghilang Rasa Sakit

manfaatgame3

Tingkat rasa sakit yang dialami pasien dengan luka bakar berkurang sampai dengan 50% ketika mereka bermain game. Bahkan suatu penelitian mengungkapkan jika game yang ada unsur kekerasannya dapat meningkatkan tingkat toleransi sakit manusia sebanyak 65%.


2IQ

manfaatgame2

Gamers tercatat 50% lebih baik, peka, dan perhatian terhadap hal-hal secara detil dan terperinci. Seperti misalnya gamers dapat melihat ada bercak kecil di baju anda.


1Reaksi Lebih cepat

manfaatgame1

Kemampuan gamers untuk menembak zombie dalam sekejap mata juga berpengaruh di kehidupan nyata. Reaksi atau refleks yang gamers punya kurang lebih hampir sama dengan pilot pesawat tempur.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of