Dunia Medis Sejarah

10 Manusia Raksasa Nyata yang Diabadikan Dalam Foto

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata raksasa? Apakah Anda langsung terbayang tentang raksasa dalam cerita Jack dan Kacang Ajaib? Atau raksasa dalam film-film yang sanggup menjadikan kita snacknya? Bahkan sejarah pun mencatat tentang adanya kaum raksasa yang pernah berkuasa di bumi.

Dalam artikel ini, kita akan menelusuri sepuluh manusia yang tergolong raksasa, jauh lebih tinggi dengan rata-rata tinggi manusia sekarang. Dan bukan hanya isapan jempol belaka, kami akan membuktikannya dengan foto. Mungkin memang tepat jika mereka disebut sebagai manusia raksasa nyata zaman sekarang.


10Vikas Uppal (2m 49cm)

manusiaraksasa10

Vikas Uppal dilahirkan di India pada tahun 1986 dan meninggal tanggal 30 Juni 2007 di atas meja operasi, setelah dokter gagal mengeluarkan tumor di kepalanya. Sebenarnya tinggi Vikas tidak pernah diukur secara resmi, beberapa ada yang mengklaim tingginya mencapai 2.69m, ada lagi yang bilang 2.66m, namun tinggi yang paling diterima adalah 2.49m.

Berapapun tingginya, Vikas masih jauh lebih tinggi daripada pemain basket tertinggi sekalipun.


9Don Koehler (2m 49cm)

manusiaraksasa9

Lahir di Montana, Don menjadi orang tertinggi di dunia terutama pada tahun 1970an. Pertumbuhannya saat masih anak-anak tergolong normal, tapi mulai bertumbuh dengan sangat pesat saat ia menyentuh umur 10 tahun. Di hari-hari terakhirnya, Don menderita dari penyakit kyphosis, yakni pelengkungan tulang belakang. Don akhirnya meninggal pada tahun 1981 di usianya yang ke-55. Tingginya telah menyusut menjadi 2.38m saat dia meninggal.


8Bernard Coyne (2m 49cm)

manusiaraksasa8

Bernard A. Coyne lahir di Iowa pada tanggal 27 Juli 1897. Ia menderita penyakit gigantisme infantile eunuchoidal, yang merupakan kondisi yang sangat langka yang biasa disebut sebagai sindrom kaki panjang. Hidupnya cukup singkat, ia meninggal di umur 23 tahun karena pengerasan hati dan demam glandular (kelenjar).


7Sultan Kösen (2m 51cm)

manusiaraksasa7

Sama dengan Don, pertumbuhan Sultan juga tergolong normal sampai ia berusia 10 tahun, dimana setelah itu ia terus bertumbuh sampai tingginya mencapai 2.51m. Pria kelahiran Turki ini juga memiliki tumor di dalam otaknya namun berhasil diangkat oleh para dokter di Universitas Virginia dengan menggunakan teknik khusus. Baru-baru ini di tahun 2012 telah dikonfirmasi bahwa pertumbuhan Sultan sudah berhenti.

Sultan memegang predikat manusia tertinggi di dunia berdasarkan Guiness World Records pada tahun 2011, mengalahkan Xi Shun dari China yang tingginya mencapai 2.36m.


6Edouard Beaupré (2m 51cm)

manusiaraksasa6

Cita-cita Edouard saat masih anak-anak yaitu menjadi koboi, namun dia berubah pikiran di usia 17 tahun setelah ia menemukan bahwa ia sanggup mengangkat kuda seberat 362kg dengan tangannya. Setelah ia menginjak usia 21 tahun, Edouard lalu bergabung dengan grup sirkus sebagai orang kuat. Pertunjukannya meliputi mengangkat kuda dan bergulat.

Pada masa akhir hidupnya, Edouard menderita TBC hingga suatu saat ia merasa lemah dan pusing setelah bekerja, ia lalu minum segelas teh dan mulai batuk-batuk mengeluarkan darah. Edouard meninggal malam itu juga di rumah sakit. Usia Edouard saat itu adalah 23 tahun.


5Väinö Myllyrinne (2m 51cm)

manusiaraksasa5

Lahir di Finlandia, tinggi Väinö adalah 2.20m saat ia baru berusia 21 tahun. Ternyata tanpa diduga, ia mulai bertumbuh lagi di akhir umur 30an sampai akhirnya berhenti di tinggi 2.51m. Raksasa Finlandia ini menderita penyakit acromegaly, yang sering menyebabkan gigantisme dan pertumbuhan abnormal.

Myllyrinne menyandang predikat manusia tertinggi di dunia dari tahun 1940 sampai kematiannya pada usia 54 tahun.


4Leonid Stadnyk (2m 57cm)

manusiaraksasa4

Leonid, pria berkebangsaan Rusia, baru mulai bertumbuh abnormal setelah menjalani operasi otak di umur 14 tahun. Entah bagaimana, operasi tersebut mengembangkan tumor kelenjar pituitari yang mengeluarkan sejumlah besar hormon pertumbuhan manusia (growth hormone). Dua puluh tahun setelah kejadian ini, dokter terperangah ketika melihat tumornya telah menghilang secara misterius dan kondisi Leonid sangat sehat.

Ironisnya Leonid meninggal pada tanggal 24 Agustus 2014 (usia 44 tahun) karena pendarahan otak.


3John F. Carroll (2m 64cm)

manusiaraksasa3

John lahir di New York pada tahun 1932 dan pertumbuhannya tidak berhenti sampai kematiannya di tahun 1969. Bahkan pada satu masa, dia dilaporkan bertumbuh sebanyak 17cm dalam hitungan bulan saja. Kisah hidupnya terbilang cukup tragis, ia mempunyai kondisi kelengkungan tulang belakang dua dimensi yang sangat buruk, dikenal juga dengan istilah kyphoscoliosis. Bahkan kondisi ini menyebabkan sangat sulit untuk mengukur tingginya dengan akurat.


2John Rogan (2m 67cm)

manusiaraksasa2

Dengan tinggi 2.67m, John adalah manusia tertinggi kedua di dunia sepanjang masa. John dilahirkan di Tennessee pada tahun 1868 dan mulai bertumbuh pesat di usia 13 tahun. Tinggi tubuhnya ini menyebabkan sendi-sendinya kaku karena peradangan sehingga ia tidak dapat berjalan tanpa menggunakan alat bantu. Hingga akhirnya di tahun 1882 ia menjadi benar-benar lumpuh dan tak dapat berjalan sama sekali.

Karena tak dapat bekerja, John menghidupi dirinya dengan menjual gambar dan kartu pos dirinya di stasiun kereta api lokal. Dia meninggal pada tahun 1905 karena komplikasi penyakit. Mayatnya lalu dikubur di bawah lapisan beton untuk menghentikan para ilmuwan penasaran yang ingin menggali kuburannya.


1Robert Wadlow (2m 72cm)

manusiaraksasa1

Tinggi Robert Wadlow menempatkan dia di urutan satu artikel kami, dan juga nomor satu di dunia sebagai orang tertinggi. Lahir di Illinois pada tahun 1918, ia menderita suatu penyakit yang menyebabkan hormon pertumbuhannya tidak terkontrol. Di usia 6 tahun, tingginya sudah mencapai 1.87m. Pada saat itu, dokter tidak mempunyai pengobatan apa-apa untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon ini.

Wadlow menderita sejumlah penyakit karena kondisinya yang tidak biasa. Dia kesulitan bergerak di sekitar kampus karena tulangnya rapuh dan perlu memakai penjepit kaki sampai akhir hidupnya. Suatu waktu sebuah penjepit kakinya rusak dan menyebabkan luka yang akhirnya menjadi terinfeksi. Operasi darurat dan transfusi darah gagal menyelamatkannya, dan ia meninggal dalam tidurnya pada tanggal 15 Juli 1940. Ia baru berusia 22 tahun. Lebih dari 30.000 orang menghadiri pemakaman Robert dan diperlukan dua belas pengusung jenazah untuk membawa tubuhnya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Regine

    Soal tumor otak Vikas, itu dokternya emg bnr2 ggl ngangkat si tumor atw (maaf) krg hati2 & krg teliti ngangkatnya? Ih, ngeri. Kl kenyataannya yg kedua, si dokter (maaf) kemungkinan malpraktik (krn menyebabkan pasien mokat) shg keluarga si jangkung bs aja nuntut ke pengadilan. Syg bingits, 10 th yl operasi (atw bedah?) yg sm skl ngk sukses ini ngebunuh pemuda India ini di umur yg msh muda belia, tapi mnrt sy, (di video lain) doi ternyata lumayan ganteng & mukanya pun seksi walo berkulit gelap.

  • Regine

    Sebenarnya Vikas lmyn gntng & jg berwajah seksi walaupun berkulit gelap, tapi syg skl, 10 th yl bedah tumor otak yg ggl membunuh si jangkung berkebangsaan India ini di umur yg msh muda-belia. 🙁 Biar bgmn pun, sy ykn, sebelumnya dokter2 pasti tlh berjuang dg sekuat tng utk mengangkat tumor itu dari otaknya. Meskipun sy org Indonesia, seharusnya pemerintah India membantu biaya operasi itu utk pemuda keren yg berasal dari klrga miskin ini, tapi yg disesalkan, mrk tak prnh peduli sm skl. 🙁 🙁 🙁 🙁

  • Regine

    Sebenarnya Vikas lmyn gntng & mukanya seksi jg walaupun kulitnya glp, tapi syg skl, 10 th yl bedah ggl itu membunuh si jangkung berkebangsaan India ini di umur yg msh muda-belia. 🙁 Biar bgmn pun, sy ykn, sebelumnya dokter2 pasti tlh berjuang dg sekuat tng utk menyingkirkan tumor itu dari otaknya. Meskipun sy org Indonesia, seharusnya pemerintah India membantu biaya operasi itu utk pemuda keren yg berasal dari klrga miskin ini, tapi apa blh buat? Mrk tak prnh peduli sm skl. 🙁 🙁 🙁 🙁

  • Regine

    Sebenarnya Vikas lmyn gntng & mukanya seksi jg walaupun kulitnya glp, tapi syg skl, 10 th yl bedah tumor otak yg ggl itu membunuh si jangkung berkebangsaan India ini di umur yg msh muda-belia. 🙁 Biar bgmn pun, sy ykn, sebelumnya dokter2 pasti tlh berjuang dg sekuat tng utk mengeluarkan tumor itu dari otaknya. Meskipun sy org Indonesia, pemerintah India seharusnya membantu biaya operasi itu utk pemuda keren yg berasal dari klrga miskin ini, tapi apa yg terjadi? Mrk sm skl tak prnh peduli. 🙁 🙁 🙁 🙁

error: Alert: Content is protected !!