Kuliner

10 Masakan Nasi Khas Indonesia Ini Memang Bikin Ngiler!

Indonesia kaya akan beragam jenis kuliner. Hal ini didukung oleh kekayaan rempah-rempah yang bisa ditemukan di negeri ini. Salah satu masakan yang memiliki banyak variasi adalah penyajian nasi khas Indonesia. Di setiap daerah, kita bisa menemukan macam-macam jenis nasi seperti berikut ini.


10Nasi Uduk

nasikhasindo10

Nasi uduk berbahan dasar beras yang diolah menggunakan santan. Agar lebih nikmat, nasi uduk diberi bumbu seperti pala, jahe, dan sebagainya. Untuk penyajian, nasi uduk biasanya disajikan dengan tahu goreng, abon, kering tempe, dan irisan telur dadar. Kita biasa menemukan makanan ini pada saat sarapan.


9Nasi Gandul

nasikhasindo9

Nasi gandul adalah masakan nasi khas Indonesia khususnya daerah Pati, Jawa Tengah. Kita bisa menemukan masakan ini dengan mudah hampir di setiap sudut kota Pati. Lauk yang disajikan bersama nasi gandul adalah tempe, lidah sapi, usus sapi, pergedel, dan sebagainya. Rasanya manis dan pedas. Jika ingin mengonsumsi nasi gandul, jangan lupa menakar porsinya ya karena hampir semua berasal dari jeroan sapi.


8Nasi Kebuli

nasikhasindo8

Untuk memasak nasi kebuli, dibutuhkan campuran kaldu daging kambing dan susu kambing. Penyajiannya pun dilengkapi dengan daging kambing yang telah digoreng serta tambahan kurma atau kismis. Meskipun dipengaruhi oleh kebudayaan Timur Tengah, nasi kebuli bisa ditemukan di kalangan masyarakat Betawi.


7Nasi Jamblang

nasikhasindo7

Masakan nasi khas Indonesia selanjutnya berasal dari Cirebon. Nasi ini biasa disebut nasi jamblang. Nasi Jamblang disajikan dengan menggunakan daun jati sehingga rasanya sungguh berbeda.


6Nasi Grombyang

nasikhasindo6

Bila datang ke Pemalang, Jawa Tengah, jangan lupa mencicipi masakan nasi khas Indonesia yang disebut nasi grombyang. Nasi grombyang adalah nasi yang disajikan dimana jumlah kuahnya lebih banyak daripada isinya. Oleh karena itu, saat disajikan, nasi grombyang akan terlihat grombyang-grombyang alias bergoyang-goyang.


5Nasi Pecel

nasikhasindo5

Nasi pecel adalah salah satu masakan nasi khas Indonesia yang sangat populer. Hampir di setiap daerah kita bisa menemukan olahan makanan yang nikmat ini. Yang paling khas dari penyajian nasi pecel adalah banyaknya sayuran yang disertakan, seperti bayam, kacang panjang, kemangi, dan sebagainya. Untuk menambah rasanya, nasi pecel pun disiram dengan kuah kacang.


4Nasi Padang

nasikhasindo4

Siapa yang tidak suka dengan nasi padang? Warung nasi padang yang bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia memudahkan kita untuk menikmati nasi padang setiap hari. Nasi padang sangat populer dengan berbagai lauk-pauk yang bercita rasa pedas dan gurih. Kuah santan yang pekat dan daun singkong serta sayur nangka melengkapi kenikmatan nasi padang.


3Nasi Goreng

nasikhasindo3

Nah, kalau nasi goreng bisa disebut makanan sejuta umat. Kini, sudah ada berbagai variasi rasa nasi goreng yang berbeda-beda. Namun, jika ingin menikmati nasi goreng yang berbahan dasar standar, kita cukup menyediakan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam. Caranya adalah dengan menggoreng nasi beserta bumbu-bumbu tersebut hingga berwarna kecoklatan.


2Nasi Kuning

nasikhasindo2

Pernah mencicipi nasi yang berwarna kuning? Itulah masakan nasi khas Indonesia yang biasa disebut nasi kuning. Warna kuning dari olahan nasi ini berasal dari kunyit yang dicampur saat mengolah nasi kuning. Nasi kuning bisa disajikan dengan abon, kering tempe, dan telur iris.


1Nasi Megono

nasikhasindo1

Jenis nasi yang satu ini berasal dari Pekalongan. Nasi Megono disajikan dengan campuran nasi, megono (nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa), ikan teri, dan lauk lainnya. Cita rasa yang khas dari nasi megono tidak bisa dibandingkan dengan masakan lain.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry