Traveling

10 Masjid Terbesar yang Ada di Dunia

Setiap negara pasti memiliki sebuah masjid, baik negara yang didominasi oleh kaum Muslim atau tidak. Sebagian besar negara-negara muslim memiliki masjid-masjid besar yang menawarkan suasana tenang untuk sholat. Tak hanya itu saja, arsitektur masjid-masjid tersebut juga memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Mau tahu mana saja masjid terbesar yang ada di dunia?


10Masjid Baitul Mukaram – Bangladesh

masjidterbesar10

Posisi kesepuluh di tempati oleh Masjid Baitul Mukaram yang terletak di Bangladesh, tepatnya pada jantung kota ibukota Bangladesh, yaitu Dhaka. Masjid ini sudah ada sejak abad ke-9. Awalnya pada tahun 1960-an, Masjid Baitul Mukaram dapat menampung sekitar 30.000 jamaah. Namun karena semakin ramai dikunjungi oleh orang-orang yang akan beribadah, akhirnya kapasitasnya ditambah menjadi 40.000 orang.


9Masjid Sheikh Zayed – Abu Dhabi

masjidterbesar9

Selain Dubai, Abu Dhabi merupakan salah satu ikon dari Uni Emirat Arab. Di dalamnya terdapt Masjid Sheikh Zayed yang dikenal memiliki desain interior dan eksterior indah serta eye catchy. Jamaah yang dapat ditampung di tempat ini sekitar 40.000 jamaah.


8Masjid Jama’ – India

masjidterbesar8

Posisi selanjutnya di tempati Masjid Jama’ yang terletak di India. Masjid ini telah dibangun pada masa dinasti Mughal, pada saat Mughal Sultan Shan Jahan mengusulkan ide untuk membangun masjid terbesar di dunia ini di India. Kelebihan dari masjid ini ialah daya tampungnya yang cukup besar, yakni sekitar 85.000 jamaah. Selain itu, arsitektur masjid ini tebuat dari batu bata merah kuno.


7Masjid Badshahi – India

masjidterbesar7

Selain Masjid Jama’, di India juga ada Masjid Badshahi yang sudah ada sejak masa dinasti Mughal. Masjid ini merupakan masjid terbesar di India yang memiliki kapasitas hingga 100.000 jamaah. Selain terkenal karena ukurannya yang besar dan luas, arsitektur masjid ini juga megah dan penuh karya seni unik. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik.


6Masjid Hassan II – Morocco

masjidterbesar6

Di Casablanca, Maroko, terdapat masjid yang paling sering dikunjungi dan menjadi daya tarik utama, yaitu Masjid Hassan II. Masjid yang satu ini mempunyai menara tinggi dengan luas sekitar 90.000 meter persegi, sehingga bisa menampung lebih dari 25.000 jamaah internal dan 80.000 lebih jamaah dari luar. Keunikan yang dimiliki oleh Masjid Hassan II adalah pada gaya arsitekturnya yang mencerminkan desain kuno dari Perancis. Selain itu, masjid ini juga memiliki pemandangan sangat indah karena menghadap langsung ke pemandangan Samudera Atlantik.


5Masjid Istiqlal – Indonesia

masjidterbesar5

Nah, kali ini Indonesia turut menyumbangkan masjid terbesar untuk dunia, lho. Masjid Istiqlal terletak di Jakarta, dengan luas sekitar 95.000 meter persegi. Masjid ini dapat menampung lebih dari 120.000 jamaah sekaligus. Masjid ini dibangun untuk menghormati kemerdekaan negara Indonesia. Setelah dibangun, masjid ini disebut sebagai ‘Istiqlal’ yang berarti kemerdekaan.


4Masjid Faisal – Pakistan

masjidterbesar4

Pakistan memiliki masjid terbesar bernama Masjid Faisal yang dibangun pada akhir abad ke-20, namun diresmikan pada tahun 1986. Masjid Faisal merupakan salah satu masjid terbaik di seluruh negera yang dirancang oleh desainer terkenal dari Turki. Dengan luas lebih dari 54.000 m persegi, masjid besar ini berkapasitas hingga 300.000 jamaah.


3Masjid Imam Reza – Iran

masjidterbesar3

Masjid Imam Reza terletak di Kota Mashhad, Iran. Dengan luas sekitar 267.079 meter persegi, sekitar 700.000 jamaah bisa ditampung. Namun masjid ini tidak hanya digunakan sebagai ibadah saja. Di dalamnya terdapat perpustakaan, ruang doa, museum, pemakaman, tempat seminar, ruang makan, dan Universitas Ilmu Islam Razavi. Gaya arsitekturnya unik dengan sentuhan gaya kuno dari arsitektur Islam.


2Masjid Nabawi – Arab Saudi

masjidterbesar2

Dikatakan bahwa Masjid Nabawi yang terletak di Arab Saudi dirancang secara langsung oleh Nabi besar Islam, Muhammad SAW. Bahkan setelah berabad-abad, masjid ini masih dalam kondisi utuh seperti awalnya. Arsitektur masjid ini juga unik, termasuk kubah yang berbentuk atap. Seluruh bangunannya memiliki bentangan 400.500 meter persegi yang menawarkan kapasitas lebih dari 1.000.000 orang sekaligus. Selain itu, Masjid Nabawi juga merupakan tempat peristirahatan terakhir dari nabi Muhammad SAW.


1Masjid Al-Haram

masjidterbesar1

Posisi pertama di tempati oleh Masjid Al-Haram. Masjid ini berada di Kota Suci Mekah, Arab Saudi. Denagn bentangan luas sekitar 4.008.020 meter persegi, masjid ini memiliki kapasitas hingga 4 juta jamaah. Banyak umat muslim yang datang ke sini untuk beribadah maupun berdoa, terutama selama masa haji. Ramainya para jamaah membuat masjid ini dapat menghasilkan pemasukan terbesar pada devisa pemerintahan Arab Saudi. Mengenai arsitektur, Masjid al-Haram mempunyai arsitektur islam yang unik dan luar biasa. Kemudian ruangan outdoor-nya juga biasa dijadikan sebagai tempat shalat, membaca ayat suci Al-qur’an, dan I’tikaf.


Itu tadi beberapa masjid terbesar yang ada di dunia, kamu tertarik untuk mengunjunginya? Sebelum pergi jauh-jauh, kamu bisa mengunjungi Masjid Istiqlal yang ada di Indonesia terlebih dahulu.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Kotak Antic

    Masjid Nabawi di Madinah ya?

error: Alert: Content is protected !!