Budaya & Literatur

10 Masjid Terindah di Indonesia yang Akan Membuat Anda Terpesona

Sebagai salah satu negara dengan umat Muslim terbanyak di dunia, wajar saja jika banyak bangunan masjid yang bisa ditemukan dengan mudah di negeri. Sebagian besar di antaranya dibangun dengan arsitektur yang menawan. Sebagian lainnya ada pula yang dipengaruhi berbagai budaya, sehingga menghasilkan perpaduan yang indah, sehingga membuat orang-orang yang memandangnya jadi terpesona. Berikut inilah 10 masjid terindah di Indonesia.


10Masjid Al-Irsyad (Bandung)

masjidterindahindo10

Bentuk bangunan Masjid Al-Irsyad ini seperti kubus besar dengan warna abu-abu. Yang membuatnya jadi menarik, batu bata pada dindingnya disusun membentuk celah-celah, sehingga di siang hari penerangannya langsung dari sinar matahari. Di dalam masjid, ada 99 lampu berbentuk kotak dengan tulisan nama-nama Allah, Asmaul Husna. Masjid yang selesai dibangun tahun 2010 ini berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung.


9Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)

masjidterindahindo9

Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Jawa yang terlihat pada desain tanjung di bawah pilar utama, dan gaya Yunani yang diwakili oleh 25 pilar berwarna ungu di plaza utama. Hebatnya lagi, masjid yang beralamat di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang dan diresmikan pada tahun 2006 ini juga dilengkapi enam payung hidrolik raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis.


8Masjid Dian Al-Mahri (Depok)

masjidterindahindo8

Orang-orang menyebut Masjid Dian Al-Mahri sebagai Masjid Kubah Emas, karena kubahnya yang dilapisi emas setebal 2-3 mm dengan mozaik kristal. Tak heran jika banyak orang takjub saat melihatnya. Bangunan masjid yang diresmikan tahun 2006 di Jalan Meruyung Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok ini terlihat seperti arsitektur masjid di Timur Tengah, dengan elemen geometris dan obelisk. Di dalamnya terdapat lampu kristal asli Italia seberat 8 ton.


7Masjid Agung An-Nur (Pekanbaru)

masjidterindahindo7

Oleh karena keindahannya yang tiada tara, Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru ini dijuluki sebagai Taj Mahal Riau. Bangunan masjid ini mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Komplek masjid ini pun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendidikan, mulai dari playgroup hingga SMA, serta kantor, perpustakaan, dan aula. Masjid ini berfungsi sejak tahun 1968 di atas lahan seluas 4 ha, serta direnovasi dan diperluas pada tahun 2000.


6Masjid Agung Tuban (Tuban)

masjidterindahindo6

Dibangun pada tahun 1894, masjid ini awalnya bernama Masjid Jami dengan arsitektur yang mirip bangunan di ‘Negeri 1001 Malam’. Bagian yang paling menarik dari masjid yang kini menjadi Masjid Agung Tuban di Jawa Timur ini adalah ornamen-ornamen pada kubah besar yang berwarna biru dan kuning. Sedang bagian dalam masjid terlihat pola melengkung untuk menghubungkan tiang penyangga, sehingga menghasilkan pola ruang dengan kolom-kolom.


5Masjid Agung Sumenep (Madura)

masjidterindahindo5

Salah satu masjid terindah di Indonesia ini berada di Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan nama Masjid Jamik Panembahan Somala, atau lebih dikenal Masjid Agung Sumenep. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1787 M ini memiliki arsitektur perpaduan kebudayaan Madura, Jawa, Tiongkok, dan Eropa, dengan diarsiteki oleh Lauw Piango. Pada bagian dalam, ada dua tempat kotbah, di mana sebuah pedang dari Irak bertengger di atas salah satunya.


4Masjid Raya Baiturrahman (Aceh)

masjidterindahindo4

Inilah salah satu masjid tertua di Indonesia; Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Masjid ini dibangun di era Kesultanan Aceh yang dipimpin Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612 M. Sempat dibakar oleh Belanda, masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879-1881 M dengan arsitektur bergaya Moghul (India) oleh arsitek De Bruchi. Saat bencana tsunami tahun 2005, masjid ini bisa bertahan dan tetap berdiri kokoh.


3Masjid Al-Akbar (Surabaya)

masjidterindahindo3

Dikenal juga dengan nama Masjid Agung Surabaya, Masjid Al-Akbar ini merupakan masjid ketiga terbesar di Indonesia. Keunikan masjid yang diresmikan pada tahun 2000 ini terlihat pada desain arsitekturnya yang unik dan modern, dengan sebuah kubah besar dan empat kubah kecil berstruktur seperti daun berwarna biru-hijau. Masjid ini berada di samping jalan Tol Surabaya – Porong, tepatnya di Jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya.


2Masjid Islamic Centre Samarinda (Samarinda)

masjidterindahindo2

Pemandangan tepi Sungai Mahakam membuat Masjid Islamic Centre Samarinda ini semakin indah. Belum lagi, tujuh menara yang mengelilinginya, di mana menara utama bertuliskan Asmaul Husna yang dilapisi batu granit terinspirasi dari Masjid Nabawi Madinah. Sedangkan kubahnya diilhami Masjid Haghia Sophia Istanbul. Masjid yang terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda ini disebut-sebut sebagai masjid terbesar kedua di Asia Tenggara.


1Masjid Istiqlal (Jakarta)

masjidterindahindo1

Tak hanya sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara dengan daya tampung 200 ribu jamaah, Masjid Istiqlal juga pantas disebut masjid terindah di Indonesia. Bangunan masjid ini bergaya arsitektur modern, yang dirancang oleh seorang Kristiani bernama Frederich Silaban. Mulai dibangun pada tahun 1951, masjid yang berada tak jauh dari Monas ini memiliki dinding dan lantai yang berlapis marmer, serta dihiasi dengan ornamen geometrik dari baja antikarat.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!