Dunia & Peristiwa Traveling

10 Maskapai Penerbangan Murah yang Terbaik di Dunia

Dahulu, pesawat termasuk jenis transportasi mewah. Oleh karena biaya yang sangat mahal, tak banyak orang yang bisa merasakan menumpang transportasi udara ini. Namun kini sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan harga relatif murah. Meski begitu sebagai transportasi premium, barisan pesawat murah ini tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Berikut 10 maskapai penerbangan murah yang terbaik di dunia.


10Lion Air

maskapaimurahterbaik10

Inilah satu-satunya perusahaan penerbangan dari Indonesia yang masuk daftar maskapai penerbangan murah dengan layanan terbaik sedunia versi Skytrax. Tak hanya kursinya yang membuat penumpang betah dan puas, Lion Air juga masuk dalam daftar ‘Best Low Cost Airline Premium Cabin’ di peringkat 7. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi Indonesia, meski pun pada kenyataannya layanan maskapai penerbangan ini masih perlu banyak perbaikan.


9Vistara

maskapaimurahterbaik9

Maskapai penerbangan asal India ini adalah yang pertama memperkenalkan kursi ekonomi premium pada rute domestik di negeri Hindustan tersebut. Vistara merupakan perusahaan penerbangan patungan antara Tata Sons dan Singapore Airlines, yang berbasis di Gurgaon dengan pusatnya di Bandar Udara Internasional Indira Gandhi di Delhi, India. Maskapai ini mulai beroperasi tanggal 9 Januari 2015, dan baru hanya melayani penerbangan domestik.


8Jazeera Airways

maskapaimurahterbaik8

Salah satu maskapai penerbangan low cost carrier terbaik di negaranya, Kuwait ini berdiri sejak bulan April 2004 dan berpusat di Kuwait International Airport, Al Farwaniyah, Kuwait. Jazeera Airways sendiri sangat populer di Timur Tengah, dengan pelayanan yang jauh dari kata murahan. Meski pun termasuk budget airline, pesawat dari maskapai penerbangan ini cukup bersih dengan tempat duduk berlapis kulit, dan menyediakan hiburan layar TV LCD.


7Flydubai

maskapaimurahterbaik7

Flydubai adalah maskapai penerbangan milik Dubai Aviation Corporation, anak perusahaan dari Emirates Group, salah satu pesawat dengan layanan premium dari Uni Emirat Arab. Maskapai yang didirikan pada tahun 2008 dan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Juni 2009 ini berkantor pusat di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Sejauh ini, Flydubai telah melayani 74 rute penerbangan di 35 negara di Timur Tengah, Eropa dan Asia.


6Air Canada

maskapaimurahterbaik6

Meski pun merupakan salah satu maskapai tertua di dunia yang berdiri sejak tahun 1936 dan jadi maskapai nasional Kanada, namun ternyata Air Canada juga menawarkan penerbangan murah. Maskapai penerbangan juga termasuk dalam 11 besar dunia berdasarkan jumlah armadanya. Air Canada yang berkantor pusat di Montreal, Quebec, Kanada, ini menyediakan penerbangan terjadwal dan sewaan bagi penumpang dan kargo menuju 240 kota di dunia.


5Jetstar Airways

maskapaimurahterbaik5

Anak perusahaan dari Qantas Airline, maskapai penerbangan nasional Australia ini dibentuk sebagai jawaban atas maskapai penerbangan bertarif rendah Virgin Blue, yang sekarang bernama Virgin Australia. Jetstar Airways mengoperasikan jaringan domestik, serta rute regional dan internasional dari pusatnya di Bandar Udara Melbourne, Australia, dengan menggunakan armada Airbus A320, Airbus A321, dan Airbus A330, serta Boeing 787.


4Scoot

maskapaimurahterbaik4

Memiliki penerbangan jarak menengah dan jauh dari rute Singapura, Australia, China, hingga Jepang dan Korea Selatan, Scoot menjadi salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah jarak jauh. Maskapai ini menggunakan pesawat Boeing 777 yang diperoleh dari perusahaan induknya, Singapore Airlines. Meski termasuk pesawat murah, namun Scoot menyediakan layanan terbaik bagi penumpang, termasuk jarak kursi yang lega dan fasilitas internet gratis.


3Virgin America

maskapaimurahterbaik3

Virgin America merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Amerika Serikat, meski didirikan pengusaha asal Inggris, Richard Branson, yang hingga kini menjadi salah seorang pemegang saham dan pemegang hak merek Virgin. Maskapai yang berkantor pusat di Burlingame, California, Amerika Serikat ini beroperasi sejak tanggal 8 Agustus 2007, setelah didirikan pada tahun 2004, menggunakan pesawat Airbus A319 dan Airbus A320.


2Norwegian

maskapaimurahterbaik2

Bernama lengkap Norwegian Air Shuttle, maskapai ini berasal dari Norwegia dan menjadi satu-satunya dari Eropa yang masuk dalam daftar maskapai penerbangan murah terbaik di dunia. Maskapai Norwegian berkantor di Fornebu, Oslo, dan basis utamanya terletak di Bandar Udara Oslo, Gardermoen. Perusahaan penerbangan ini melayani sejumlah rute di Eropa menggunakan pesawat Boeing 737 dengan jenis kursi hanya dalam satu kelas.


1AirAsiaX

maskapaimurahterbaik1

AirAsiaX atau AirAsia Extra menjadi maskapai penerbangan murah terbaik di dunia versi Skytrax saat ini. Maskapai penerbangan milik pengusaha asal Malaysia, Tony Fernandes yang bermarkas di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia ini menawarkan tarif yang lebih murah dari saudaranya, AirAsia. Mereka juga melayani rute internasional yang lebih banyak, termasuk rute ke Australia, India, China, Jepang, hingga ke sejumlah negara Eropa.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!