Alam & Luar Angkasa

10 Misi Besutan NASA ini Berhasil Menguak Misteri Luar Angkasa

NASA merupakan salah satu badan antariksa yang terus melakukan misi dengan landasan ilmu pengetahuan untuk menguak misteri dunia antariksa atau luar angkasa. Ada berbagai macam misi yang diinisiasi oleh NASA guna memberikan informasi kepada khalayak mengenai apa yang terjadi di luar bumi. Terdapat beberapa misi yang mampu menguak beberapa misteri tersebut. Berikut 10 misi besutan NASA yang berhasil menguak misteri luar angkasa.


10Pioneer

Pioneer adalah pesawat luar angkasa pertama yang diluncurkan oleh NASA di tahun 1972 dan 1973. Pesawat Pioneer 1 dan 2 ketika itu mengemban misi untuk melakukan observasi planer Jupiter dan juga Saturnus. Pioneer 1 memiliki misi untuk meneliti dan mengobservasi planet Mars dan Jupiter. Pesawat ini mengirimkan gambar-gambar dan foto dari planet Jupiter. Sementara Pioneer 2 memiliki misi untuk melakukan observasi di planet Saturnus dimana probe ini meneliti satelit dan bulan-bulan di dekat planet Saturnus.


9Voyager

Setelah sukses dengan Pioneer, NASA mengirimkan pesawat luar angkasa tanpa awak yaitu Voyager 1 dan 2. Misi Voyager 1 untuk terus meneliti planet Jupiter hingga akhirnya menemukan adanya unsur vulkanisme di salah satu bulan Jupiter yang bernama Io. Lalu Voyager 2 melanjutkan perjalanan menuju ke Uranus dan Neptunus. Di Uranus, Voyager menemukan 10 bulan baru atau satelit di sekitar Uranus. Sedangkan Neptunus memiliki berat yang ternyata tidak sesuai dengan perkiraan para ahli selama ini. Voyager masih berada di luar angkasa dan sekarang sudah berada di ujung tata surya.Diperkirakan pada tahun 2025 mendatang Voyager akan berhenti mengirimkan gambar ke Bumi.


8WMAP

WMAP atau disebut pula sebagai The Wilkinson Microwave Anisotropy Probe ini diluncurkan pada tahun 2001. Misi ini memang tidak terlalu banyak dikenal oleh publik. Akan tetapi misi ini memiliki peran sangat penting untuk mengetahui tentang peristiwa Big Bang. Pasalnya WMAP ini ditugaskan untuk mengukur radiasi yang tersisa dari peristiwa Big Bang yang diprediksi terjadi beberapa milyar tahun lalu. Dan berkat teknologi WMAP, para peneliti kini dapat memprediksi bahwa alam semesta telah ada dari sekitar 13,7 miliar tahun lalu.


7Spitzer

Spitzer menjadi salah satu misi dan juga penemuan NASA yang cukup penting. Spitzer adalah teleskop dengan kemampuan inframerah untuk mendeteksi dan mengambil foto-foto galaksi hingga bintang nebula yang belum bisa diterima dan ditangkap oleh teleskop biasa. Spitzer juga menjadi teleskop yang pertama mendeteksi cahaya dari planet di tata surya.


6Spirit & Oportunity

Spirit & Opportunity memiliki misi untuk mengeksplorasi keadaan Mars. Alat berupa rover yang diturunkan ke Mars ini mengabadikan dan merekam kondisi dan juga suasana di dataran Mars. Dari Spirit & Opportunity inilah didapatkan data bahwa planet merah atau Mars ini memiliki bebatuan yang mirip dengan bumi dan pernah mempunyai bahan cair berbentuk mirip air.


5Cassini-Huygens

Pesawat luar angkasa hasil kerjasama NASA dengan ESA ini memiliki misi untuk menelusuri Saturnus dan bulan-bulan atau satelit di sekelilingnya. Pesawat luar angkasa ini mengorbit pada tahun 1997 dan di tahun 2004 sudah mencapai Saturnus dan berhasil mengeksplorasi planet tersebut. Sekarang Cassini dan Huygens sudah terpisah dan memiliki misi mereka sendiri. Huygens melakukan perjalanan untuk mengeksplorasi Titan. Sementara Cassini mengeksplorasi Saturnus secara lebih detail.


4Chandra

Chandra adalah mesin X-Ray yang memudahkan para ahli astronomi untuk lebih mengeksplorasi luar angkasa melalui sinar X. Chandra juga membantu para ahli astronomi untuk meneliti sisa-sisa bintang yang hancur setelah Supernova dan juga sisa-sisa dari Cassiopeia A. Probe ini mengirimkan sinar X ke Observatorium sebagai bahan untuk penelitian para astronom.


3Viking

Penjelajahan ke Planet Mars dilakukan pertama kali oleh Viking. Sebenarnya Rusia pernah mengirimkan Soviet 2 dan 3 akan tetapi keduanya gagal mendarat dengan sempurna sehingga mengalami kerusakan sementara Viking mampu mendarat dengan mulus dan mengirimkan gambar berwarna ke NASA sebagai bentuk langkah pertama eksplorasi manusia di Mars. Viking kemudian menjadi cikal bakal permulaan eksplorasi ke planet merah tersebut.


2Hubble

Salah satu penemuan terbaik dari NASA adalah Hubble Telescope. Teleskop ini menjadi salah satu penemuan yang memberi batasan baru dalam konsep eksplorasi manusia ke luar angkasa. Hubble memiliki misi untuk merekam dan mengabadikan luar angkasa hingga partikel kosmik dan tata surya di luar galaksi Bima Sakti. Foto-foto yang dikirimkan Hubble inilah yang menjadi bahan penelitian para astronom untuk langkah eksplorasi selanjutnya.


1Apollo

Tidak pas rasanya jika berbicara capaian mutakhir besutan NASA tanpa membicarakan misi ke bulan yang diberi nama Apollo Mission. Meski mendapatkan kritikan dan juga masih menjadi kontroversi tentang motivasi dibaliknya, tidak dipungkiri misi Apollo yang membawa manusia pertama kali mendarat ke bulan memang menjadi misi paling mutakhir dalam perjalanan manusia dalam mengeksplorasi luar angkasa.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry