Misteri

10 Misteri dari Dunia Penerbangan

Kejadian yang menimpa pesawat Malaysia Airlines MH370 memang masih menjadi misteri hingga sekarang. Sejauh ini kita hanya mendengar spekulasi dan teori dari yang masuk akal hingga yang paling aneh sekalipun. Kenyataannya sebelum pesawat ataupun black box itu ditemukan, maka tidak ada yang dapat membuktikan apa yang terjadi kepada pesawat tersebut. Namun bukan itu saja, dunia penerbangan juga banyak menyimpan misteri yang belum dapat dijelaskan seperti yang akan kita lihat berikut ini. Inilah sepuluh misteri dari dunia penerbangan.


10Flight 19

misteripenerbangan10

Saat masa puncaknya Perang Dunia II, pihak militer Amerika menerbangkan 5 pesawat bomber ke daerah Segitiga Bermuda. Pasti para pembaca sudah dapat menebak apa yang terjadi selanjutnya. Ya betul, kelima pesawat dan 14 orang kru-nya menghilang dan tak pernah terdengar kabarnya lagi. Hanya beberapa jam setelahnya, militer Amerika mengirimkan lagi regu pencari sebanyak 13 orang dengan sebuah kapal. Mereka pun juga menghilang tanpa jejak. Hingga sekarang Flight 19 masih menjadi peristiwa paling misterius dan terkenal sepanjang sejarah Segitiga Bermuda.


9EgyptAir Flight 990

misteripenerbangan9

Pada tahun 1999, EgyptAir dengan nomor penerbangan 990 lepas landas dari bandara Los Angeles namun jatuh dan tenggelam di Samudera Atlantik. Seluruh penumpang dan kru yang berjumlah 213 orang tewas. Otoritas penerbangan sipil Mesir menyalahkan kejadian ini karena kegagalan mekanis, sementara Amerika berkata bahwa sang pilot melakukan tindakan bunuh diri.

Kata-kata terakhir pilot yaitu “Saya berserah kepada Tuhan”. Kalimat ini menimbulkan banyak spekulasi, seperti misalnya banyak yang meyakini bahwa ada turut campur dari pihak Mossad, CIA, ataupun grup ekstremis Mesir. Sekarang EgyptAir sudah menghapus rute Los Angeles dari jadwal penerbangannya.


8Amelia Earhart

misteripenerbangan8

Kisah yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu, namun list ini tidak akan lengkap tanpa Amelia Earhart. Di tahun 1937, Amelia mencoba untuk memecahkan rekor memutari dunia dengan pesawat Lockheed Electra-nya. Tapi naas, Amelia tidak pernah menyelesaikan penerbangannya. Satu-satunya petunjuk tentang apa yang terjadi padanya hanyalah transmisi radio yang kurang jelas.

Teori yang paling banyak diterima orang adalah Amelia meninggalkan pesawatnya dan mati tenggelam di lautan. Mungkin yang paling gila adalah teori yang mengatakan bahwa Amelia ditangkap oleh serdadu Jepang dan dihukum mati.


7Helios Airways Flight 522

misteripenerbangan7

Terjadi di tahun 2005, Helios Airways Flight 522 hanya menyimpang keluar rutenya saat penerbangan dari Cyprus menuju Yunani. Namun entah mengapa, pilot dan semua kru mengabaikan segala pesan radio. Setelah 19 kali mencoba untuk menghubungi pesawat tersebut, akhirnya dua pesawat jet F-16 segera lepas landas untuk mencegatnya. Saat pesawat jet itu terbang berdampingan dengan Flight 522, pilot itu melihat bahwa kursi kapten Flight 522 kosong dan co-pilotnya terlihat terkapar tidak bergerak. Masker oksigen juga terlihat bergantungan dari langit-langit. Ternyata seluruh penumpang dan awak pesawat sudah meninggal.

Pesawat jet itu terus mengikuti sampai akhirnya pesawat hantu itu menabrak lereng batu di Yunani. Satu-satunya penjelasan yang masuk akal yakni sang pilot gagal memberikan tekanan udara di kabin.


6B47 Stratojet

misteripenerbangan6

Sudah buruk sekali jika 3 awak dan pesawat seharga trilyunan menghilang di laut, apalagi jika pesawat tersebut membawa 2 buah bom nuklir. Di tahun 1956, pesawat B47 Stratojet yang mengangkut bom nuklir menghilang di Laut Mediterania. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada pesawat tersebut beserta awaknya, ataupun bom yang berada di dalam pesawat itu.


5Aer Lingus Flight 712

misteripenerbangan5

Ketika pesawat Aer Lingus Flight 712 jatuh dan menewaskan seluruh 61 penumpangnya di tahun 1968, hasil investigasi menunjukan bahwa ada hal yang tidak beres dan tak biasa yang menjatuhkan pesawat tersebut. Bangkai ekor pesawatnya memberikan tanda-tanda adanya korosi yang sangat parah. Beberapa saksi mata mengaku bahwa mereka melihat rudal milik Inggris menjatuhkan pesawat itu. Meski dibantah oleh pihak Inggris, ada ditemukan bukti-bukti yang memperkuat klaim dari para saksi mata. Lima puluh tahun setelahnya, kita masih belum dapat memastikan apa yang sebenarnya terjadi pada Flight 712.


4Pan Am FLight 7

misteripenerbangan4

Disebut-sebut sebagai romansa di atas langit, Pan Am Flight 7 menyediakan trip paling romantis dan mewah pada tahun 1957. Namun dalam satu penerbangan dari California menuju Hawaii, Pan Am menghilang tanpa jejak. Selama 5 hari, tim SAR terus mencari pesawat ini, atau sisa-sisa pesawatnya. Ketika akhirnya ditemukan, peristiwa ini malah semakin membingungkan. Pan Am Flight 7 ditemukan sedang mengambang-ambang di atas lautan, beberapa mil keluar jalur, dan otopsi menunjukan adanya keracunan karbon monoksida. Tidak ada yang tahu bahwa hal ini terjadi dalam upaya menipu asuransi, ataupun tindakan balas dendam dari karyawannya.


3Flying Tiger Line Flight 739

misteripenerbangan3

Di tahun 1962, Flying Tiger Line Flight 739 lepas landas menyusuri Samudera Pasifik sambil mengangkut 96 tentara dan 11 awak kapal. Lalu mereka menghilang selamanya. Pihak militer mengerahkan upaya pencarian besar-besaran, sampai merupakan salah satu yang terbesar sepanjang sejarah Pasifik. Tapi naas, tidak ada tanda-tanda dimana tentara atau pesawat tersebut berada.

Beberapa spekulasi muncul yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut dibajak atau disabotase, namun lalu dibantah karena tidak adanya bukti. Para pelaut di kapal tanker melaporkan bahwa mereka melihat adanya bola api di langit dan jatuh ke laut, memberi kesan bahwa FLight 739 meledak di udara. Namun ini juga tidak pernah bisa dikonfirmasi.


2D.B. Cooper

misteripenerbangan2

Meski tindakannya memang tidak menyebabkan jatuhnya pesawat, kisah D.B. Cooper masih dikenang sebagai kisah paling misterius dan aneh yang pernah terjadi sepanjang sejarah penerbangan. Terjadi di tahun 1971, pembajak pesawat misterius berhasil memegang kendali Boeing 727, memaksa para awak untuk mendarat di Seattle, mendapatkan $200,000 sebagai tebusan untuk melepaskan seluruh penumpangnya. Dia lalu memerintahkan sang pilot untuk lepas landas dan terbang di ketinggian rendah di atas Meksiko, dimana dia lalu terjun menggunakan parasutnya. Polisi tidak pernah berhasil menemukan D.B. Cooper.


1Stardust

misteripenerbangan1

Selama puluhan tahun, banyak rumor dan misteri menyeliputi pesawat Stardust yang menghilang pada tahun 1947. Pencarian besar-besaran gagal menemukan sisa pesawat ini atau 11 penumpangnya. Banyak teori lalu bermunculan, dari sabotase, mata-mata sampai penculikan oleh alien. Namun 50 tahun setelahnya, es glasial di pegunungan Andes mulai mencair dan memperlihatkan sebuah bangkai pesawat yang nampaknya seperti Stardust. Meski memakan waktu setengah abad, setidaknya kita tahu bahwa pesawat tersebut menabrak gunung es dan lalu ditimbun oleh salju yang longsor. Akhirnya ada juga satu misteri yang terpecahkan.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.