Misteri

10 Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahkan

Misteri otak manusia merupakan salah satu bahasan menarik bagi para peneliti. Pasalnya, manusia dan kehidupan memiliki rahasia yang sulit untuk diungkapkan. Bahkan terkadang, misteri tersebut terasa “aneh” dan sulit untuk dipercaya.

Adapun sederet misteri otak manusia yang hingga kini belum dapat terpecahkan, antara lain sebagai berikut.


10Mimpi

Umumnya, manusia pasti bermimpi saat terlelap. Konon mimpi tersebut dapat melatih otak untuk menstimulasi trafik sinaps antarsel otak. Kadang, mimpi sering menempatkan manusia di ambang batas antara sadar dan tidak sadar. Alhasil, tak jarang seseorang tidak sadar telah mengucapkan atau melakukan sesuatu ketika tidur. Ada juga yang kerap merasa dejavu akan sesuatu hal.


9Tidur

Semua mamalia dan manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup. Tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan halusinasi berkepanjangan, bahkan hingga kematian.


8Perasaan Dihantui

Perasaan dihantui menjadi salah satu misteri otak manusia yang belum terpecahkan hingga kini. Terkadang, manusia sering merasakan gatal, tertekan, dan juga rasa sakit pada bagian tubuh yang telah hilang. Penelitian menunjukkan bahwa tersebut terjadi lantaran tercipta sebuah koneksi pada saraf yang kemudian disampaikan menuju otak.


7Jam Biologis

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa suplemen metalonin pada otak mampu mencegah jet lag. Hal ini terjadi karena otak memiliki jam biologis yang dapat menyesuaikan tubuh, siklus bangun tidur, dan juga produksi melatonin.


6Daya Ingat

Daya ingat menjadi salah satu misteri otak manusia yang paling banyak diteliti. Memori mengenai hal-hal indah dan menyakitkan terkadang sulit untuk dilupakan, meski sudah puluhan tahun berlalu. Sementara memori jangka pendek yang mudah diingat justru sering dilupakan dengan mudah. Hal ini masih menjadi misteri yang diteliti oleh banyak ilmuwan.


5Pemicu Otak

Ketika manusia tertawa, ada 3 hal yang terlibat, yaitu pemikiran untuk memahami gurauan yang ada, otot yang memicu pergerakan untuk tertawa, dan perasaan emosional yang menyebabkan tertawa. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa tertawa dapat menular ke orang lain.


4Alam vs Asuhan

Manusia memiliki pikiran dan kepribadian. Kedua hal tersebut dapat dipengaruhi oleh lingkungan atau gen. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan di antara para ilmuwan mengenai pengaruh dominan dalam kepribadian dan pemikiran manusia.


3Kematian

Manusia memiliki mekanisme tubuh yang unik karena bisa sembuh dari luka dengan cepat tanpa perlu diobati. Seiring bertambahnya usia, proses penuaan menyebabkan mekanisme tersebut menurun hingga memicu kematian. Konon, hal tersebut terjadi lantaran banyak sel-sel tubuh yang rusak akibat penuaan.


2Hidup Membeku

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menyimpan tubuh mayat hidup di dalam sebuah tabung cair bersuhu -320°F dapat membuat mayat tersebut hidup kembali. Namun, karena teknologi yang masih minim, hal tersebut belum bisa dilakukan.


1Kesadaran

Beberapa pakar neurologi menyimpulkan bahwa kesadaran merupakan topik riset yang realistis. Tak heran topik ini selalu menjadi bahasan para ilmuwan sejak dulu. Bayangkan saja, ketika bangun pagi, kita sudah sadar dari tidur dan menikmati sinar matahari yang cerah. Kesadaran yang tiba-tiba muncul masih menjadi misteri otak manusia yang belum terpecahkan hingga kini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of