Misteri Sejarah

10 Misteri yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Indonesia

Berbagai misteri memang selalu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Begitu pula di Indonesia. Apalagi, hingga saat ini ternyata masih banyak misteri di negeri ini yang belum terungkap faktanya, sehingga terus menjadi incaran sejumlah pihak untuk dibuktikan kebenarannya. Seperti 10 misteri yang belum terpecahkan dalam sejarah Indonesia berikut.


10Candi Borobudur yang Pernah Hilang

Pada 1006, ternyata sejarah mencatat bahwa Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah pernah menghilang akibat letusan Gunung Merapi, karena tertimbun abu vulkanik. Namun tiba-tiba, candi Buddha terbesar di dunia ini ditemukan kembali dalam penggalian di hutan belantara tropis kawasan Desa Bumisegoro, Magelang, Jawa Tengah pada 1814 hingga 1835.


9Manusia Berekor dari Hutan Borneo

Menurut seorang pelancong asal Norwegia bernama Carl Alfred Bock yang datang ke Borneo atau Kalimantan pada 1879, penduduk setempat menyebut ada manusia berekor di sana, yang disebut ‘oerang boentoet’. Namun, dia tak pernah menemukan meski sudah berusaha mencari ditemani jasa penduduk lokal hingga masuk ke hutan-hutan belantara yang lebat.


8Suku Lingon di Rimba Indonesia

Suku yang tinggal di hutan belantara sekitar Kepulauan Halmahera bagian selatan di Maluku Utara ini memiliki ciri fisik yang berbeda dengan orang Indonesia. Tubuhnya besar, tinggi, putih, dan bermata biru, seperti kebanyakan orang Eropa. Suku ini diperkirakan berasal dari Eropa, yang kapalnya karam di sekitar pesisir Halmahera, meski kini mereka sudah punah.


7Manusia Kuno dari Flores

Sebanyak sembilan spesimen tulang yang diduga manusia baru ditemukan dalam sebuah gua kapur di Liang Bua, Flores, Nusa Tenggara Timur pada 2003 yang lalu. Dari spesimen tulang itu, diketahui tubuh manusia tersebut sangat kecil dengan tinggi hanya sekitar 100 cm. Para arkeolog menyebut makhluk itu adalah manusia kuno yang hidup sebelum era Homo Sapien.


6Kapal Hantu SS Ourang Medan

Sebuah kapal mengarungi perairan Selat Malaka pada 1947 silam, dan mengirim sinyal-sinyal aneh ke beberapa kapal di kawasan Pulau Sumatera. Dalam pesan itu, diketahui semua kru kapal sudah meninggal. Akhirnya, kapal Amerika Serikat Silver Star pun memeriksanya dan menemukan bahwa semua orang sudah meninggal pada posisi seperti ingin meraih sesuatu.


5Piramida Sadahurip di Garut

Ternyata Indonesia juga memiliki piramida, yang pada awalnya dianggap gunung atau bukit biasa. Setelah diteliti secara detail, ternyata bentuk situs yang terletak di Garut, Jawa Barat ini mirip dengan limas seperti piramida di Mesir. Hingga saat ini memang belum jelas asal-usulnya. Namun, diyakini usianya jauh lebih tua dibanding dengan Piramida Giza di Mesir.


4Situs Megalitikum Gunung Padang

Misteri Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat masih menjadi topik hangat di kalangan para peneliti. Kawasan ini diyakini merupakan situs megalitikum terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, sekitar 20 kali lebih luas dari kawasan Candi Borobudur, dengan ketinggian mencapai 220 meter. Ada pula yang meyakini usia situs ini sama dengan piramida di Mesir.


3Kasus Pembunuhan Munir

Munir adalah aktivis HAM yang meninggal dalam penerbangan Garuda Indonesia Jakarta ke Belanda. Dia berangkat untuk melanjutkan studi S2 di Utrecht University. Setelah dilakukan otopsi, ditemukan kandungan racun arsenik dalam lambung dan darah. Hingga kini, misteri pembunuhan Munir tak pernah terungkap, meski beberapa orang telah menjadi terdakwa.


2Penembak Misterius (Petrus)

Penembak misterius yang dikenal dengan istilah ‘Petrus’ ini diyakini sebagai sebuah operasi rahasia pada masa pemerintahan Orde Baru. Ratusan orang menjadi korbannya sepanjang 1982-1985, yang merupakan para pelaku penjahat di kota-kota besar. Namun, hingga saat ini pelakunya tidak pernah terungkap. Begitu pula otak di balik operasi pembunuhan tersebut.


1Hilangnya 13 Aktivis Jelang Reformasi

Ada sebanyak 13 aktivis yang tiba-tiba menghilang jelangnya pecahnya reformasi pada 1998. Kopassus TNI dari Tim Mawar dianggap bertanggung jawab atas peristiwa tersebut. Hingga kini, tidak pernah diketahui kabar ke-13 aktivis itu apakah sudah meninggal dan dikuburkan di mana, meski Letnan Jenderal Prabowo Subianto diberhentikan karena dianggap bersalah.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!