Sejarah

10 Mobil Klasik Ini Ternyata Peninggalan Bung Karno

Ada banyak cerita menarik dalam lingkaran hidup Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno. Termasuk salah satunya adalah kendaraan yang selalu dipakai oleh sang tokoh proklamator yang akrab disapa Bung Karno itu. Sebagai orang pertama di negeri ini pada masa itu, beliau difasilitasi dengan sejumlah mobil mewah. Meski pun kini sudah menjadi mobil antik, namun pesonanya tetap saja menarik. Berikut ini adalah 10 mobil klasik peninggalan Bung Karno.


10Lincoln Cosmopolitan

mobilklasikbungkarno10

Mobil yang diproduksi salah satu perusahaan mobil ternama di dunia, Ford ini adalah salah satu koleksi mobil mewah pada masa itu. Bahkan, mobil Lincoln Cosmopolitan milik Bung Karno ini diperkirakan adalah produksi generasi pertama, yang diproduksi tahun 1948 hingga 1954. Mobil ini mengandalkan mesin 5.5 L V8 yang bisa menghasilkan tenaga 152 hp. Selain itu, juga dilengkapi transmisi otomatis dengan sokongan teknologi dari General Motors.


9Oldsmobile 98

mobilklasikbungkarno9

Produk generasi kelima produksi antara tahun 1961-1964 yang dilihat berdasarkan bentuk bumper depannya ini didesain oleh General Motors, dengan sumbangsih platform C-body dari Buick dan Cadillac. Produksi mobil Oldsmobile 98 ini sendiri bisa bertahan sejak tahun 1940 hingga 1996. Namun, hingga kini tak banyak cerita yang diketahui soal pengalaman Bung Karno bersama dengan mobil klasik yang memiliki bodi setebal 1,2 milimeter ini.


8Morris Mini Cooper

mobilklasikbungkarno8

Produksi pabrikan asal Inggris, British Motor Corporation ini memiliki julukan ‘Mini’, karena bentuk bodinya yang memang kecil. Karena bentuknya yang unik tersebut, mobil Morris Mini Cooper ini hanya dilengkapi dengan dua pintu saja dengan bodi berwarna merah. Mobil ini diproduksi sejak tahun 1959 dan bertahan hingga tahun 2000. Mini produksi tahun 1950-an sendiri tersedia dalam beberapa varian mesin, di antaranya mesin 0.9 L, 1.0 L, dan 1.3 L.


7Mercedes Benz 600

mobilklasikbungkarno7

Merupakan mobil kepresidenan mewah yang pernah dipakai Bung Karno dalam menjalankan tugas kenegaraan. Mobil Mercedes Benz 600 ini diproduksi pada tahun 1960-an. Dapur pacu dibekali dengan mesin 6.3 L V8 yang bisa menghasilkan tenaga 250 hp pada 4000 rpm, serta dilengkapi transmisi otomastis 4 percepatan. Karena bentuknya yang cukup panjang, mobil ini digolongkan dalam kelas limousine, dan jadi cikal bakal munculnya tipe Mercy Pullman.


6Chrysler Windsor

mobilklasikbungkarno6

Jenis limousine lainnya yang pernah dimiliki Bung Karno adalah Chrysler Windsor. Mobil ini diproduksi di Kanada pada tahun 1947, dengan spesifikasi mesin 250,6 CID L-Head yang bisa menghasilkan tenaga sekitar 114 hp dan transmisi manual 4 percepatan. Mobil berkelas yang pernah dipakai Bung Karno dan Bung Hatta saat mengikuti Koneferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 ini memiliki bodi berwarna kuning emas yang terlihat elegan.


5Chrysler Crown Imperial

mobilklasikbungkarno5

Salah satu mobil klasik peninggalan Bung Karno ini diproduksi antara tahun 1962 hingga 1964. Namun, mobil Chrysler Crown Imperial ini diperkirakan dibuat pada tahun 1963, berdasarkan ciri bentuk grill dan bumper depan yang dimilikinya. Bodi mobil ini sendiri berwarna klasik hitam yang dominan. Hingga kini, kondisi mobil yang digunakan Bung Karno pada tahun 1963-1964 ini masih bagus, dimiliki salah seorang kolektor mobil dalam negeri.


4Chaika GAZ 13

mobilklasikbungkarno4

Dibekali dengan mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 195 hp, mobil Chaika GAZ 13 ini merupakan kendaraan dari pabrikan asal Rusia yang diproduksi dari tahun 1959 hingga 1981. Mobil ini juga dilengkapi dengan 3 transmisi percepatan yang dapat dioperasikan secara otomatis. Warna klasik hitam yang dominan menjadi warna dari mobil mewah yang pernah digunakan oleh Bung Karno semasa menjadi Presiden Indonesia ini.


3Cadillac 48

mobilklasikbungkarno3

Sebagai jenis mobil special edition yang hanya diproduksi selama dua tahun saja, yakni tahun 1948 hingga 1949, mobil Cadillac 48 ini jadi salah satu mobil klasik yang menarik. Dibekali mesin berkapasitas 5.700 cc dan 5.400 cc menjadikan mobil ini cukup tangguh di zamannya. Mobil sedan empat pintu ini juga dikenal dengan nama Cadillac Sixty Special di dunia, karena menggunakan platform produksi tipe Series 60, dan tersedia pula versi transmisi matiknya.


2Chrysler Imperial

mobilklasikbungkarno2

Kendaraan Bung Karno ini lebih banyak digunakan untuk antar jemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini. Namun, mobil Chrysler Imperial produksi tahun 1938 ini punya sejarah penting, di mana ketika itu pernah dilempar dengan granat oleh orang yang tak dikenal. Meski mobil ini selamat, namun ada kerusakan kecil pada spakbor kiri dan kaca belakang. Mobil ini sendiri berkapasitas mesin 5.300 cc dan transmisi manual 3 percepatan.


1Buick 8

mobilklasikbungkarno1

Inilah mobil klasik peninggalan Bung Karno yang paling bersejarah dan legendaris. Mobil Buick 8 ini merupakan mobil kepresidenan Indonesia yang pertama. Mobil produksi tahun 1938 ini didapatkan dari penjajah Jepang menjelang proklamasi kemerdekaan. Hingga tahun 1949, Bung Karno pun menggunakan mobil limited edition ini untuk menjalankan tugas kenegaraan. Dapur pacu mobil ini memiliki delapan silinder dengan kapasitas mesin 5.247 cc.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry