Flora & Fauna Mitos & Legenda

10 Monster Laut di Peta Era Bajak Laut

Pernah ga anda melihat peta pelaut jaman dulu? Gambaran akan monster laut yang ada di peta-peta tersebut kadang bikin kita bingung dan bertanya-tanya. Apakah yang para bajak laut itu lihat sebenarnya hanyalah anjing laut ataupun lumba-lumba dikarenakan terbatasnya pengetahuan akan kehidupan laut di masa tersebut? Ataukah gambar hewan tersebut benar-benar merupakan suatu spesies baru? Mari kita simak 10 Monster Laut Di Peta Era Bajak Laut di bawah ini.


10Polypus

monsterdipeta10

“Polypus” artinya berkaki banyak. Olaus Magnus menggambarkan makhluk ini di peta yang ia buat dan juga bukunya yang berjudul “Historia de Gentibus Septentrionalibus”. Gambar di peta memperlihatkan seekor makhluk yang menyerupai lobster dengan delapan buah kaki. Namun bukunya lebih mendeskripsikan makhluk ini sebagai gurita.


9Sea Eagle (Rajawali Laut)

monsterdipeta9

Sea Eagle merupakan makhluk menyeramkan yang terdapat di gambar peta jaman dulu. Pada era tersebut, jika anda berhasil menangkap makhluk ini dan mempersembahkannya pada raja, maka anda akan mendapat hadiah yang sangat besar. Sekarang Sea Eagle diduga hanyalah seekor ikan pari.

8The Steipereidur

monsterdipeta8

Makhluk ini terdapat di dalam peta buatan Abraham Ortelius. The Steipereidur memiliki tubuh seperti ikan paus dan dari perawakannya memang terlihat sangat menakutkan, namun ternyata makhluk ini melawan makhluk-makhluk lainnya yang berbahaya bagi pelaut. Seperti kata pepatah, don’t judge a book by its cover.


7Sea Swine (Babi Laut)

monsterdipeta7

Sea Swine adalah makhluk aneh bertaring tajam, berkaki naga dan mempunyai beberapa mata di seluruh permukaan tubuhnya. Makhluk ini dikabarkan hidup di Laut Utara di atas Jerman.


6Sea Rhino (Badak Laut)

monsterdipeta6

Anda dapat melihat dua makhluk raksasa di gambar ini, seekor lobster besar (polypus) yang sedang dimakan oleh Sea Rhino, makhluk dengan perawakan seperti badak namun hidup di laut dan mencapai ukuran sekitar 4 meter.


5Jasconius

monsterdipeta5

St. Brendan adalah seorang pendeta yang menjadi terkenal dengan ekspedisinya. Patungnya masih dapat dilihat di Irlandia sampai sekarang. St. Brendan mengaku berlabuh di suatu pulau di tengah laut, dia melihat bahwa pulau tersebut bersisik dan saat itu juga ia sadar bahwa yang dia injak bukanlah pulau, melainkan makhluk raksasa.


4Sea Chimera

monsterdipeta4

Di mitologi Yunani, Chimera adalah seekor monster berkepala singa dan kambing, dan berbuntut ular. Di versi lautnya, Sea Chimera digambarkan memiliki buntut naga dan kepala atau wajah menyerupai burung, lengkap dengan bulunya. Makhluk ini juga mengeluarkan asap.


3The Sea Serpent (Ular Laut)

monsterdipeta3

The Sea Serpent pada awalnya hanyalah sebuah mitos dari Norwegia. Lama-kelamaan mitos ini menjadi legenda dan semakin banyak pelaut bersaksi kalau mereka menjumpai sea serpent di perjalanannya, beberapa bahkan mengaku diserang oleh makhluk ini. Mungkin saja makhluk ini masih hidup dan dikenal sebagai Ogopopo atau Loch Ness Monster.


2Putri Duyung

monsterdipeta2

Penampakan putri duyung sudah biasa terjadi di kumpulan para pelaut. Beda dengan film garapan Disney, Putri Duyung di jaman pelaut dikisahkan sebagai makhluk jahat yang memikat mereka sampai kapal mereka karam. Ada banyak sekali cerita tentang manusia yang bertemu dengan makhluk ini meski peneliti meragukan kebenaran kisahnya dan menganggap Putri Duyung itu sebenarnya dugong.


1Kraken

monsterdipeta1

Merupakan monster laut paling terkenal dan telah tampil di berbagai buku, film ataupun games. Dikabarkan salah satu tanda kemunculan Kraken adalah terbentuknya pusaran air besar yang sangat berbahaya. Selain itu Kraken sanggup menenggelamkan kapal-kapal dikarenakan ukurannya yang sangat besar. Peneliti masa kini beranggapan bahwa apa yang para bajak laut lihat adalah Colossal Squid (Lihat: Penemuan Bawah Air Paling Menakjubkan) yang baru-baru ini ditemukan manusia.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.