Flora & Fauna

10 Monster Laut Prasejarah Paling Menakutkan

Bagi saya pribadi, lautan adalah tempat yang mengerikan. Entah hewan apa yang berenang di dalam laut yang gelap, siap untuk menerkam dan menarik Anda menuju dasar laut. Yah mungkin rada berlebihan sedikit, tapi intinya laut adalah rumah untuk hiu, barakuda, cumi raksasa dan lain-lain yang sama menyeramkannya.

Eh ternyata predator laut yang ganas sekarang masih tidak ada apa-apanya dibandingkan yang pernah hidup di zaman prasejarah. Mungkin hiu putih besar modern hanya dianggap sebagai snack untuk mereka, para monster laut prasejarah.


10Megalodon

monsterlautprasejarah10

Kita memulai daftar ini dengan menempatkan Megalodon di urutan ke-sepuluh. Bentuknya sangat mirip dengan hiu jaman sekarang, namun ukurannya sangat besar seukuran bis sekolah. Meski sering dikaitkan dengan dinosaurus, Megalodon baru muncul kira-kira 40 juta tahun setelah kepunahan dinosaurus. Dan ini berarti mereka hidup berdampingan dengan manusia pertama di bumi.


9Liopleurodon

monsterlautprasejarah9

Liopleurodon tampil sebagai bintang di film Jurassic World yang rilis di bulan Juni 2015. Meski makhluk yang di film bukan murni Liopleurodon, perawakannya terinspirasi dan didasarkan dari Liopleurodon. Para peneliti percaya bahwa panjang makhluk ini mencapai 20 kaki (6 meter). Liopleurodon tidak dapat berenang dengan cepat, namun mereka sangat lincah. Mereka juga dapat membuat serangan pendek dan cepat seperti buaya.


8Basilosaurus

monsterlautprasejarah8

Meski namanya berakhir dengan ‘saurus’, sebenarnya makhluk ini bukanlah reptil tapi paus. Basilosaurus adalah nenek moyangnya ikan paus jaman sekarang. Mereka mirip dengan ular karena panjang tubuhnya dapat mencapai 50 – 85 kaki (15 – 25 meter) dan juga meliuk-liuk.


7Jaekelopterus Rhenaniae

monsterlautprasejarah7

Namanya susah disebut, tapi dari bentuknya Anda sudah tahu bahwa ini adalah kalajengking raksasa yang hidup di laut. Kalajengking biasa saja sudah sangat menakutkan, apalagi berhadapan dengan kalajengking sebesar 2,5 meter ini. Tidak ada bukti yang menunjukan bahwa kalajengking ini beracun, tapi mungkin saja beracun karena struktur ekornya mirip dengan kalajengking modern. Untungnya, monster ini telah punah jauh sebelum jaman dinosaurus.


6Mauisaurus

monsterlautprasejarah6

Nama Mauisaurus berasal dari dewa suku Maori Selandia Baru bernama Maui, yang konon menarik pulau Selandia Baru dari dasar laut. Dari cerita ini Anda bisa menebak kalau ukuran Mauisaurus pasti sangat besar. Betul sekali, panjang lehernya saja mencapai 15 meter dengan total ukuran tubuh sepanjang 20 meter! Makhluk ini hidup pada era Cretaceous bersama-sama dengan Velociraptor dan T-rex.


5Dunkleosteus

monsterlautprasejarah5

Dunkleosteus adalah hewan karnivora sebesar 10 meter dengan tubuh dilapisi baja seperti tank! Kekuatan gigitannya jauh melampaui hiu putih modern. Dunkleosteus bisa mengeluarkan kekuatan sebesar 3628 kg per inci persegi di ujung mulutnya, dan ini secara efektif menempatkan dia sejajar dengan T-rex. Dan Anda perlu tahu bahwa sebenarnya Dunkleosteus tidak memiliki gigi namun paruh tajam seperti kura-kura.


4Kronosaurus

monsterlautprasejarah4

Jika setelah menyebut nama Kronosaurus Anda langsung teringat dengan raja kaum raksasa Yunani Kronos, maka sudah sewajarnya begitu karena nama Kronosaurus memang berasal dari Kronos. Alasannya sudah dapat ditebak, yaitu karena ukuran raksasanya yang mencapai 10 meter. Bahkan tiap giginya pun berukuran 30cm! Makhluk ini juga dapat naik ke atas pantai untuk bertelur, jadi hati-hati jika Anda sedang berjemur!


3Helicoprion

monsterlautprasejarah3

Hiu ini dapat tumbuh sampai dengan panjang 5 meter. Menariknya, rahang bawah helicoprion berbentuk melingkar dan dipenuhi oleh gigi bergerigi yang membuktikan bahwa mereka adalah karnivora. Helicoprion mampu bertahan hidup dan selamat dari berakhirnya era Permian-Triassic. Jadi mungkin saja makhluk ini masih berenang di lautan dalam.


2Livyatan Melvillei

monsterlautprasejarah2

Bayangkan gabungan antara orca (paus pembunuh) dan sperm whale (paus sperma), inilah rupa dari Livyatan Melvillei. Paus ini juga merupakan paus kanibal karena dapat memakan paus-paus lain. Paus ini juga mempunyai gigi terbesar yang pernah ada yang digunakan untuk menggigit dan mengunyah. Mereka hidup di jaman yang sama dengan megalodon, tidak terbayang bagaimana suasana lautan saat itu dimana paus terbesar ini harus bertarung dengan ikan hiu terbesar.


1Ikan Pari Raksasa

monsterlautprasejarah1

Makhluk ini tidak akan memakan Anda, namun mereka dapat menarik sebuah perahu yang penuh dengan orang ke dalam lautan lalu membunuh Anda dengan cara menusuk Anda dengan ekornya yang beracun. Ikan pari raksasa ini berukuran 5 meter dan mempunyai ujung ekor yang tajam seperti jarum suntik dengan panjang 25cm. Mereka masih hidup dari beberapa juta tahun setelah kepunahan dinosaurus sampai jaman sekarang.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!