Misteri Sejarah

10 Monumen dan Situs Arkeologi Paling Misterius di Dunia

Ada banyak situs-situs atau monumen bersejarah selain Stonehenge atau Moai (dari Pulau Paskah) yang juga menimbulkan berbagai pertanyaan dan teori. Darimana asal muasalnya? Apa tujuannya? Siapa yang mendirikan monumen atau situs tersebut? Mari kita lihat sepuluh monumen dan situs arkeologi paling misterius di dunia berikut ini.


10Kasta Tomb – Yunani

situsarkeologi10

Sejak penemuan patung singa di atas bukit dekat Amphipolis, Yunani di awal abad 20-an, para arkeologis sudah mencurigai bahwa ada sesuatu yang lebih besar yang tersembunyi di bawah bukit pemakaman tersebut. Penggalian pertama dilakukan pada tahun 1964, dimana ditemukan dinding pertahanan yang melingkari bukit itu, dan juga sisa-sisa peradaban dahulu kala. Tapi itu masih tidak ada apa-apanya sampai akhirnya mereka menemukan sebuah pintu masuk misterius yang dijaga oleh dua spinhx tanpa kepala di tahun 2012.

Sampai sekarang tidak ada yang tahu siapa yang dimakamkan di Kasta Tomb, berbagai spekulasi berkembang mengatakan bahwa makam itu adalah tempat peristirahatan terakhir dari sang tokoh legenda, Alexander the Great.


9Puma Punku – Bolivia

situsarkeologi9

Puma Punku adalah nama dari sebuah kompleks candi menakjubkan, namun dipenuhi oleh berbagai misteri, yang berada di dekat Tiwanaku, Bolivia. Struktur bangunannya tampak seperti bukan buatan manusia. Batu-batu megalitiknya mempunyai potongan yang sangat pas dan tepat, bukti dari tingkat pengetahuan geometri dan matematika yang sangat tinggi. Pertanyaannya, bangsa yang diduga membangun bangunan ini bahkan tidak bisa menulis ataupun mempunyai pengetahuan tentang roda, lalu bagaimana candi ini bisa dibangun?

Kebanyakan dari batunya pun mengandung berbagai teka-teki, seperti adanya lubang yang bulat sempurna namun tujuannya tidak diketahui. Beberapa berpikir bahwa peralatan mesin ataupun laser telah digunakan oleh bangsa kuno.


8Masuda No Iwafune – Jepang

situsarkeologi8

Sebuah desa bernama Asuka yang berada dalam daerah perbukitan Nara di Kansai, Jepang, adalah rumah dari banyak kuil Budha dan juga ukiran-ukiran batu yang sungguh aneh dan misterius. Monumen dari batu granit yang telah diukir banyak berdiri di berbagai daerah di wilayah Asuka. Masalahnya, gaya atau ukiran monumen tersebut tidak sesuai dengan gaya seni pahat umat Budha, dan tidak ada yang tahu siapa yang membuatnya ataupun kapan.

Masuda No Iwafune adalah nama dari salah satu monumen yang ditemukan, berbentuk seperti kapal, monumen ini adalah yang terbesar dengan panjang sekitar 11 meter, lebar sebesar 8 meter dan tinggi 4.7 meter.


7Goseck Circle – Jerman

situsarkeologi7

Ini bukanlah crop circle melainkan ‘sesuatu’ yang formasinya bagai lingkaran di dekat desa kecil bernama Goseck di Jerman. Para arkeologis menginvestigasi situs ini di tahun 2002 dan menemukan sisa-sisa bangunan purbakala yang telah direkonstruksi. Bangunan dengan diameter 75 meter ini terdiri dari parit dan dua lingkaran pagar kayu runcing, juga ditemukan adanya pintu gerbang yang sejajar sempurna dengan matahari terbit dan terbenam, diduga bertujuan sebagai kalendar lunar.

Sudah ada sejak 4900 tahun sebelum masehi, Goseck Circle didirikan oleh bangsa Eropa pertama dan juga paling misterius, jauh sebelum peradaban Minoan atau Mesir. Monumen ini juga mungkin digunakan untuk menggelar berbagai ritual yang melibatkan pengorbanan hewan ataupun manusia. Menariknya, sebuah disc berumur 3600 tahun yang dinamakan “Nebra Sky Disk” telah ditemukan di sekitar situs ini. Disc tersebut memfiturkan sebuah gambaran dari alam semesta.


6Georgia Guidestones – Amerika

situsarkeologi6

Georgia Guidestones adalah sebuah monumen granit misterius yang berhasil digali di tahun 1980 di Georgia, Amerika. Monumen ini mempunyai ukiran yang dibuat dalam delapan bahasa modern, berisi tentang hidup selaras dengan alam, pengendalian jumlah penduduk, dan penciptaan sebuah bahasa dunia.


5Giant Stone Head – Guatemala

situsarkeologi5

Hutan-hutan rimba Guatemala memang menyembunyikan banyak kuil-kuil aneh, ukiran, dan rahasia dari peradaban yang telah lama hilang. Pada tahun 1987, Dr. Rafael Padilla Lara menerima sebuah foto akan sebuah monumen aneh dan tidak biasa yang ditemukan jauh di dalam hutan Guatemala. Foto tersebut memperlihatkan sebuah kepala dari batu yang sangat besar, dengan bibir tipis, hidung mancung, wajah yang diarahkan ke atas langit, dan tubuh raksasa yang diduga masih terkubur di dalam tanah.

Wajah patung tersebut sepertinya menggambarkan seorang Caucasian (orang kulit putih), masalahnya gambaran ini tidak konsisten dengan peradaban pre-Hispanic Amerika. Sayangnya, Dr. Padilla tidak melanjutkan investigasinya lebih lanjut lantaran patung tersebut sudah dihancurkan oleh para pendukung revolusi sepuluh tahun sebelum Dr. Padilla mencapai situs bersejarah tersebut.


4Gobekli Tepe – Turki

situsarkeologi4

Di dekat kota Urfa di Turki Selatan, adalah tempat dimana terjadinya salah satu penemuan arkeologi paling mengejutkan sepanjang masa. Terdapat banyak lembaran batu kapur megah dan pilar-pilar berbentuk huruf ” T ” yang terkubur di bawah lahan pertanian dan pemakaman. Batu-batu megah yang telah diukir mempunyai tinggi 7 meter dan mencapai berat hingga 50 ton. Setelah diteliti, semua monumen ini berasal dari sekitar 11.000 tahun lalu, kira-kira 6.000 tahun lebih tua daripada Stonehenge.

Dibuat dan diukir pada waktu dimana manusia belum mempunyai alat metal ataupun barang tembikar, situs ini mengubah persepsi kita tentang awal mula peradaban dan agama, dan sekarang dianggap sebagai kuil pertama di dunia. Sudah lebih dari 200 pilar berhasil digali sejauh ini, menampilkan banyak gambaran-gambaran aneh akan manusia dan hewan.


3Sayhuite Monolith – Peru

situsarkeologi3

Sayhuite adalah sebuah situs arkeologi di Peru yang diduga dibangun sebagai tempat keagamaan untuk bangsa Inca menyembah air. Monumen yang paling penting dan sangat mempesona di situs ini, bahkan seluruh Peru, adalah Sayhuite Monolith. Monumen ini menampilkan lebih dari 200 sosok misterius dan juga pahatan-pahatan hewan seperti reptil, kodok dan kucing.

Tujuan dan kegunaan barang peninggalan misterius ini masih terus diperdebatkan oleh arkeologis. Tak jauh dari sana, ditemukan juga batu andesite yang terbilang mustahil bagi bangsa Inca untuk mengukirnya. Hal ini menimbulkan keraguan tentang asal muasal situs ini, dan juga siapa sebenarnya yang membangun Sayhuite Monolith.


2Teotihuacan – Meksiko

situsarkeologi2

Teotihuacan adalah sebuah kota kuno Mesoamerican yang berlokasi sekitar 48 km dari kota Meksiko. Di situs ini pula ditemukan banyak piramid menakjubkan yang dibangun sebelum jamannya Columbus. Teotihuacan memiliki arti “tempat lahir dewa-dewa”, tidak ada seorangpun yang tahu siapa yang membangun kota ini. Bahkan kota ini sudah hancur ketika bangsa Aztec memberi nama Teotihuacan, kira-kira 500 tahun setelah kehancuran kota ini.

Pada masa kejayaannya, Teotihuacan mempunyai populasi 200.000 jiwa, otomatis menjadikan kota ini dalam urutan 6 sebagai kota terbesar di dunia pada saat itu sebelum akhirnya ditinggalkan begitu saja tanpa alasan yang jelas pada tahun 750 setelah Masehi. Tak hanya asal muasalnya yang tidak jelas, namun kota ini juga menyembunyikan banyak rahasia, seperti terowongan misterius yang baru-baru ini ditemukan di bawah piramid kuuno.


1Padmanabhaswamy – India

situsarkeologi1

Berada di provinsi Kerala, India, kuil Padmanabhaswamy adalah kuil termegah dan termewah dari semua tempat ibadah sepanjang sejarah dunia. Namun kuil ini juga banyak mengandung teka-teki. Paling misterius adalah pintu gerbang ke-6, sebuah pintu besi raksasa dengan dua ukiran ular kobra sebagai peringatan bagi siapapun yang hendak membuka pintu ini. Gerbang ini adalah pintu masuk ke Vault B, satu-satunya ruang di dalam kuil yang konon tidak ada seorangpun yang berhasil masuk.

Legenda mengatakan bahwa siapapun yang nekat membuka gerbang ini akan menemui ajalnya, namun beberapa mengklaim bahwa gerbang ini sudah dibuka secara rahasia sebanyak 7 kali sejak tahun 1990. Diduga bahwa terdapat sebuah ruang misterius lainnya di dalam Vault B yang dipenuhi oleh banyak emas murni. Inilah misteri yang sebenarnya.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.