Traveling

10 Museum Terbaik di Indonesia

Bagi para pelancong, museum adalah tempat yang tepat untuk mengenali kota yang mereka kunjungi dalam waktu yang singkat. Di museum kita bisa menemukan berbagai hal yang merangkum perjalanan sejarah dan kebudayaan daerah tersebut. Nah, Indonesia pun memiliki museum-museum yang terbilang cukup lengkap dan menarik untuk didatangi. Berikut sepuluh museum terbaik di Indonesia yang perlu dikunjungi oleh seorang pelancong baik lokal maupun mancanegara.


10Museum Affandi

museumterbaikindo10

Museum yang berada di Yogyakarta ini sangat mudah dijangkau karena terletak tidak jauh dari pusat kota. Berisi puluhan lukisan karya pelukis besar, Affandi, museum ini sangat menarik. Melalui lukisan dan berbagai benda peninggalan Affandi, kita bisa melihat dan mendalami jiwa seni Affandi. Museum yang mulai dibuka pada 1974 ini terletak dalam sebuah area yang dihiasi dengan pepohonan yang rindang dan sejuk.


9Ullen Sentalu

museumterbaikindo9

Terletak di Yogyakarta, museum ini pun masuk dalam jajaran museum terbaik di Indonesia. Museum ini menyimpan sejarah dan budaya yang sangat lengkap mengenai Yogyakarta. Para pelancong disuguhkan berbagai informasi yang lengkap dan unik tentang adat istiadat Jawa, khususnya di Yogyakarta. Menariknya, ketika berkunjung ke dalam kawasan museum ini, pengunjung dilarang memotret.


8Museum Bank Indonesia

museumterbaikindo8

Museum Bank Indonesia termasuk dalam jajaran museum terbaik di Indonesia. Di museum ini, kita bisa melihat sejarah Indonesia khususnya dalam bidang keuangan. Museum ini terbagi atas beberapa ruang yang menjadi pemisah antar era yang berbeda. Kita bisa mengetahui beragam informasi dengan mengunjungi yang terletak di Jakarta ini, apalagi karena museum ini dilengkapi dengan berbagai alat peraga. Bagi anak-anak, museum ini menyediakan permainan-permainan yang mendidik.


7Museum Batik Danar Hadi

museumterbaikindo7

Tidak ketinggalan, seorang seniman batik terkenal, yaitu Danar Hadi, pun mendirikan sebuah museum yang mencatat perjalanan karyanya. Dalam museum ini, kita bisa menikmati beragam motif batik yang sangat indah dan menarik. Museum yang terletak di Solo ini masuk dalam daftar museum terbaik di Indonesia karena koleksinya yang mempesona.


6Museum House of Sampoerna

museumterbaikindo6

Jika berkunjung ke Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya, jangan lewatkan Museum House of Sampoerna. Museum ini pun masuk dalam daftar museum terbaik di Indonesia. Seperti namanya, museum ini memang menyajikan berbagai informasi maupun perjalanan sejarah rokok kretek yang bermerk Sampoerna. Bukan hanya sejarah rokok, dengan mengunjungi museum ini kita pun akan mengetahui kehidupan pendiri Sampoerna yaitu Liem Seeng Tee.


5Museum Seni Agung Rai

museumterbaikindo5

Kembali ke Ubud, museum lain yang menjadi favorit wisatawan adalah Museum Seni Agung Rai. Bukan hanya menjadi museum, area ini pun dijadikan sebagai pusat seni dan budaya masyarakat Bali. Beragam koleksi para seniman dari berbagai masa bisa ditemukan di tempat ini. Selain itu, kita pun bisa menikmati beberapa pertunjukkan seni.


4Museum Puri Lukisan

museumterbaikindo4

Di Bali, kita pun bisa mengunjungi beberapa museum yang cukup menarik. Salah satunya adalah Museum Puri Lukisan yang terletak di Ubud. Isi yang bisa ditemukan di museum ini adalah berbagai lukisan tradisional modern khas Bali serta seni pahat dari kayu. Museum ini disebut-sebut sebagai museum seni paling tua di Bali. Salah satu lukisan yang terpampang di dalamnya berusia 1930.


3Museum Konferensi Asia Afrika

museumterbaikindo3

Di Bandung, museum yang termasuk dalam museum terbaik di Indonesia adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini berdampingan dengan Gedung Merdeka. Di dalam Museum Konferensi Asia Afrika ini, kita bisa melihat berbagai hal mengenai peristiwa bersejarah yaitu Konferensi Asia Afrika. Museum ini mulai dibuka pada 1980 tepat 25 tahun sejak KAA dilakukan di Bandung, Indonesia.


2Museum Seni Neka

museumterbaikindo2

Selain Museum Puri Lukisan, museum lain yang juga bisa ditemukan di Ubud adalah Museum Seni Neka. Museum ini pun tercatat sebagai salah satu museum terbaik di Indonesia karena berbagai koleksi lukisan yang dimilikinya. Nama Neka diambil dari Suteja Neka, orang yang mengumpulkan berbagai lukisan tentang Bali tersebut. Tampilan museum ini cukup sederhana, terlihat seperti sebuah rumah khas masyarakat Bali.


1Museum Pasifika

museumterbaikindo1

Meskipun terletak di Bali, Indonesia, Museum Pasifika menyimpan berbagai hal mengenai suku-suku yang ada di Asia Pasifik. Untuk mengakomodasi berbagai koleksi dalam museum ini, ada 11 paviliun yang menarik untuk ditelusuri. Museum ini bisa dibilang sangat informatif dan menarik karena keberagaman yang ditawarkannya seperti yang berasal dari Indonesia, Indo-Eropa, dan sebagainya.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!