Dunia & Peristiwa

10 Negara dengan Harga BBM Paling Mahal di Dunia

Bahan bakar minyak (BBM) telah jadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dunia, selain makanan tentunya. Meski pun diproduksi dengan cara yang sama, namun harganya malah berbeda-beda di seluruh dunia. Harga BBM ini pun ditentukan banyak faktor, salah satunya adalah harga minyak dunia. Sejumlah negara mematok harga BBM sangat tinggi, karena tak menerapkan subsidi. Berikut ini adalah 10 negara dengan harga BBM paling mahal di dunia.


10Islandia

Islandia pernah mengalami krisis minyak di tahun 1970-an, bersama dengan sejumlah negara lainnya di Eropa. Akibatnya, pemerintah negara ini pun mengubah kebijakan energi mereka, dari minyak bumi menjadi tenaga hidro dan panas bumi yang banyak terdapat di Islandia. Mungkin, karena dilatarbelakangi kondisi itu pula makanya harga BBM di negara kecil ini cukup mahal. Harga BBM di Islandia mencapai 1,44 dolar AS per liter, atau sekitar Rp 19.445.


9Portugal

Pajak BBM merupakan salah satu dari beberapa pungutan yang ditingkatkan di Portugal sejak tahun 2001. Jangan heran jika pajak menyumbang 64% dari harga BBM d negara ini. Pajak tersebut memperhitungkan emisi karbondioksida dan kapasitas silinder, dengan tujuan untuk melindung lingkungan. Makanya, harga BBM di negara Eropa ini mencapai 1,45 dolar AS per liter, atau sekitar Rp 19.580, dengan pendapatan rata-rata harian sebesar 53 dolar AS.


8Israel

BBM di Israel dijual sebesar 1,46 dolar AS per liter, atau setara dengan Rp 19.715. Bahkan, harga tersebut sempat mengalami kenaikan hingga lebih mahal lagi, yakni mencapai 1,64 dolar AS, atau sekitar Rp 21.298 per liter. Namun, meski pun harga BBM di Israel sangat mahal, Bloomberg telah mengukur bahwa harga BBM tersebut masih mampu dibeli warga setempat. Tercatat, tingkat keterjangkauan BBM di negara ini berada pada peringkat 26.


7Mayotte

Mayotte sebenarnya merupakan salah satu wilayah perserikatan di bawah pemerintahan Prancis. Meski menjadi bagian dari Prancis, namun negara ini memiliki pemerintahan sendiri. Selain itu, mereka juga diberi kewenangan untuk mengatur ekonominya. Makanya, tidak heran jika harga BBM di negara ini pun berbeda, bahkan termasuk salah satu yang paling mahal di dunia. Hargaa BBM di Mayotte mencapai 1,49 dolar AS, atau sekitar Rp 20.120.


6Italia

Harga BBM di Italia melonjak tajam tak lama setelah Perdana Menteri Mario Monti berkuasa pada bulan November 2011 lalu. Pemerintahannya menaikkan pajak BBM sekitar 25%, jadi yang kedua tertinggi di Eropa Barat setelah Belanda, sebagai upaya penghematan untuk pengendalian anggaran negara. Saat ini, harga BBM di negeri Pizza itu mencapai 1,5 dolar AS, atau setara Rp 20.256 per liter, dengan pendapatan rata-rata harian sebesar 88 dolar AS.


5Denmark

Kebanyakan negara di Eropa memang menerapkan pajak BBM yang sangat tinggi, dengan tujuan untuk meningkatkan biaya konsumen ritel. Begitu pula Denmark, yang jadi negara Eropa ketujuh dalam hal pajak BBM tertinggi. Harga BBM di negara ini mencapai 1,51 dolar AS per liter, atau setara Rp 20.391. Namun pendapatan rata-rata harian warga Denmark juga cukup tinggi, yakni sebesar 151 dolar AS, sehingga mahalnya harga BBM tidak terlalu berarti.


4Monako

Monako adalah sebuah negara kecil yang dikelilingi wilayah Prancis dan Laut Mediterania. Menariknya, wilayah kota berdaulat dengan sistem pemerintahan monarki ini bukanlah anggota Uni Eropa. Pemerintahannya pun masih menerapkan monopoli di berbagai sektor. Tidak heran jika BBM pun dihargai selangit di Monako. Sekarang ini, harganya bisa mencapai 1,60 dolar AS, atau setara Rp 21.606. Namun, standar hidup di negara ini sangat tinggi.


3Belanda

‘Negeri Kincir Angin’ ini dikenal sebagai negara dengan penduduk yang sangat gemar untuk bepergian mengendarai sepeda. Infrastruktur yang dibangun pemerintah Belanda juga membuat warganya lebih nyaman menggunakan sepeda dengan akses lebih mudah; mulai dari parkir sepeda hingga jalur khusus. Wajar jika harga BBM sebesar 1,62 dolar AS (sekitar Rp 21.876) di negara ini yang tergolong mahal, tak terlalu berpengaruh pada masyarakat.


2Norwegia

Negara Skandinavia ini sebenarnya merupakan salah satu penghasil minyak di Eropa. Namun Norwegia tetap menjual BBM dengan harga sangat mahal, mencapai 1,63 dolar AS per liter, atau sekitar Rp 22.011. Pemerintah di negara ini lebih memilih menggunakan keuntungan minyak tersebut untuk memberikan layanan seperti pendidikan tinggi gratis hingga tabungan untuk perbaikan infrastruktur, dibanding memberikan subsidi BBM kepada para penduduk.


1Hong Kong

Hong Kong menjadi negara dengan harga bahan bakar paling mahal di dunia, yakni sebesar 1,77 dolar AS, atau setara dengan Rp 23.902. Jika dirata-ratakan, ternyata penduduk Hong Kong harus membayar dua kali lipat lebih banyak dibandingkan penduduk China untuk membeli BBM. Sistem ekonomi kapitalis yang ditandai pajak rendah dan perdagangan bebas, bisa menjadi alasan utama mahalnya harga BBM di daerah administratif khusus China ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
pris.ayu Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
pris.ayu
Guest
pris.ayu

bingung dan ragu sama banyak nya investasi tidak jelas?
gabung saja bersama kami tanpa keluar modal di muka bos 🙂
YM1 : bola.vita@yahoo.com
YM2 : agenbolavita@yahoo.com
wechat : bolavita
line : bolavita
whatup : 6281377055002
BBM: D1A1E6DF , 7B51876A D8C363CA (NEW)

error: Sorry