Dunia & Peristiwa

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Hingga saat ini, pendidikan memang dianggap sebagai salah satu parameter terpenting pada sebuah negara. Sebagian besar orang yang berpendidikan tinggi bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Bagaimana tidak, pendidikan juga berperan besar bagi kemajuan serta perkembangan sebuah negara. Negara yang maju tentu telah memiliki kualitas pendidikan yang memadai bagi warganya.

Sebuah lembaga penelitian bernama The Social Progress Imperative merilis hasil penelitian mengenai tingkat pendidikan dasar yang ada di seluruh dunia. Hasil penelitian ini menghasilkan rilisan beberapa negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Mana sajakah itu?


10Polandia

sistempendidikanterbaik10

Urutan kesepuluh ditempati oleh Polandia. Kementrian Pendidikan Polandia telah merancang sebuah model pendidikan menjadi bisnis pada negaranya. Sehingga tingkat investasi di bidang pendidikan juga menjadi tinggi.


9Irlandia

sistempendidikanterbaik9

Negara ini termasuk negara yang memiliki tingkat melek huruf mencapai 99% pada wanita dan pria. Bahkan warga negaranya juga bebas biaya pendidikan mulai dari tingkat awal, menengah, hingga perguruan tinggi.


8Belanda

sistempendidikanterbaik8

Negara kincir angin ini memang terkenal dengan sistem pendidikan yang cukup tinggi, bahkan lingkungan studinya juga internasional. Standar kualitas pendidikannya diterapkan oleh hukum. Bahkan setiap program studi harus diakreditasi oleh pemerintah. Penjurusan akademik sudah dimulai sejak pendidikan sekolah dasar dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan akademis masing-masing siswa.


7Kanada

sistempendidikanterbaik7

Kalender pendidikan yang ada di Kanada bervariasi, yakni antara 180 – 190 hari. Kualits lulusannya sangat kompetitif dan produktif. Pemerintah Kanada juga berfokus dalam pendidikan anak usia dini yang turut membantu majunya pendidikan di negara tersebut.


6Finlandia

sistempendidikanterbaik6

Pemerintah Finlandia terjun secara langsung dalam mengawasi sistem pendidikannya. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Finlandia antara lain pilihan sekolah di Finlandia hanya sedikit dan semuanya dikelola oleh pemerintah, tidak ada tugas rumah, tidak ada ujian nasional, kurikulum pendidikan yang fleksibel, dan guru dengan kualitas terbaik.


5Hongkong

sistempendidikanterbaik5

Negara Hongkong memiliki manajemen pendidikan yang mengadopsi model pendidikan Inggris. Jumlah anggaran pendidikan cukup tinggi perkapita, namun ditambah dengan kurikulum mulai pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang sangat berbasis pada fakta dan dunia kerja.


4Singapura

sistempendidikanterbaik4

Negara singa ini memiliki dua universitas terbaik di Asia. Singapura dikatakan memiliki sistem pendidikan terbaik karena fokus dalam mengembangkan pendidikan dasarnya yang kuat dan maju. Para siswa dituntut harus mengajukan pertanyaan dan mencari jawabannya dengan cara memecahkannya secara bersama-sama.


3Jepang

sistempendidikanterbaik3

Jepang memiliki struktur pendidikan berbasis teknologi, sehingga Jepang menjadi salah satu negara dengan beberapa kemauan riset yang tinggi. Masyarakat Jepang juga terkenal sangat menghargai tradisi, sehingga banyak tokoh besar yang dilahirkan.


2Denmark

sistempendidikanterbaik2

Denmark memiliki struktur pendidikan yang terfokus menyeluruh, mulai dari pendidikan pra sekolah hingga ke tingkat pendidikan tinggi. Pemerintah Denmark juga terus mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang Pendidikan.


1Korea Selatan

sistempendidikanterbaik1

Korea berhasil mengalahkan Jepang dalam hal pendidikan. Para siswa di Korea Selatan dididik dengan keras dan cermat. Dimulai dari usia 3 tahun anak-anak di Korea Selatan sudah diperbolehkan masuk sekolah. Dukungan pemerintah dibidang pendidikan juga sangat tinggi.


Kesepuluh negara di atas memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, sehingga tak heran jika lulusannya banyak yang berkualitas. Bagaimana dengan Indonesia? Kamu sebagai generasi penerus bangsa harus banyak berkontribusi untuk kemajuan sistem pendidikan di Indonesia, ya.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry