Dunia & Peristiwa

10 Negara Termiskin di Dunia 2017 Versi World Bank

World Bank selalu melakukan pemantauan terhadap perkembangan produk domestik bruto (PDB) semua negara di dunia, yang kemudian jadi dasar untuk menentukan daftar negara-negara miskin. Acuannya, jika penduduk suatu negara memiliki pendapatan rata-rata hanya di bawah 2 dolar AS per hari, maka termasuk dalam kategori negara miskin. Berikut ini 10 negara termiskin di dunia 2017 versi World Bank, yang semuanya berasal dari benua Afrika.


10Madagaskar

Sekitar 95 persen penduduk negara yang merupakan sebuah pulau di pantai Afrika Timur ini berpendapatan di bawah 2 dolar AS per hari. PDB Madagaskar pun tak mencapai 1.500 dolar AS dalam setahun terakhir. Wajar jika mereka mengalami standar hidup yang terus menurun secara signifikan dalam 20 tahun terakhir, yang membuatnya jadi salah satu negara miskin.


9Guinea

Ekonomi Guinea belum stabil sejak 1990-an. Tak heran jika PDB salah satu negara di wilayah Afrika barat ini hanya menunjukkan angka kurang 1.400 dolar AS, karena daya beli warganya yang sangat rendah. Kondisi tersebut semakin diperparah oleh penyebaran virus Ebola pada 2014 lalu, selai juga karena keadaan politik dalam negeri yang tidak stabil di negara mereka.


8Eritrea

Negara kecil di timur laut Afrika hanya memiliki PDB sebesar 1.200 dolar AS saja. Kemiskinan pun sudah tersebar luas, sehingga ribuan warga Eritrea terus melarikan diri setiap bulannya. Padahal, negara ini memiliki sektor pertambangan yang menjanjikan. Namun, karena gaya pemerintahan yang juga represif, sehingga warganya sangat menderita dan tak tahan lagi.


7Mozambik

Dengan jumlah penduduk sekitar 25 juta jiwa, Mozambik mampu mencatatkan PDB sekitar 1.100 dolar AS. Sebenarnya, negara di Afrika bagian selatan ini sudah memperlihatkan tren pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik dalam satu dekade terakhir. Namun, faktanya pertumbuhan ekonomi itu tak dirasakan warga, karena pembangunan yang tidak merata.


6Nigeria

Dalam beberapa tahun terakhir, negara di Afrika bagian barat ini terus menggenjot industri ekstraktif. Namun, karena ketidakstabilan politik, perekonomian Nigeria tak menunjukkan peningkatan menggembirakan. Negara dengan jumlah penduduk sekitar 173 juta jiwa dan berpenduduk Muslim terbanyak di Afrika ini pun hanya memiliki PDB sebesar 1.070 dolar AS.


5Burundi

Serangkaian perang membuat perekonomian Burundi tak berkembang dengan baik. Bahkan, negara kecil di kawasan Danau Besar Afrika, Afrika Tengah ini telah dinobatkan pula sebagai negara paling tidak bahagia kedua pada 2017. Kondisi ini hampir berbanding lurus dengan perekonomian negara berpenduduk 10 juta jiwa ini, dengan PDB-nya sebesar 951 dolar AS.


4Liberia

Benderanya memang mirip dengan Amerika Serikat, namun nasibnya sangat jauh berbeda. Negara di pesisir barat Afrika dengan penduduk sekitar empat juta jiwa ini hanya memiliki PDB sebesar 935 dolar AS. Perang saudar selama 20 tahun menjadi salah satu penyebabnya, yang mengakibatkan warga Liberia mengalami kemiskinan meluas, dan kini juga korupsi.


3Malawi

Tingginya inflasi dan ketergantungan pada pembiayaan donor menjadi faktor penghambat perbaikan. Sehingga perekonomian Malawi yang sebenarnya sempat meningkat dalam beberapa tahun terakhir menjadi tidak berarti. Saat ini, negara yang terletak di wilayah Afrika bagian selatan ini hanya mampu mencatatkan PDB sebesar 820 dolar AS per tahun.


2Republik Demokratik Kongo (DRC)

Bekas jajahan Prancis di kawasan Afrika Tengah ini merupakan negara terluas kedua di Afrika dan ke-11 di dunia. Jumlah penduduknya lebih 78 juta jiwa, sehingga jadi negara terpadat keempat di Afrika dan ke-17 di dunia. Namun, konflik masa lalu membuat perekonomian Republik Demokratik Kongo (DRC) hanya mampu memiliki PDB sebesar 750 dolar AS saja.


1Republik Afrika Tengah (CAR)

Perang saudara dan ketidakstabilan politik juga menjadi alasan utama, sehingga Republik Afrika Tengah (CAR) tercatat sebagai negara termiskin di dunia saat ini. Dengan luas wilayah sekitar 620 ribu kilometer persegi dan penduduk 4,6 juta jiwa, negara kecil di pedalaman Afrika yang juga bekas jajahan Prancis ini hanya punya PDB sekitar 640 dolar AS per tahun.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!