Olah Raga

10 Olahraga Anti Mainstream

Kalian semua pasti tau kan yang namanya Olimpiade, ya banyak cabang olahraga dipertandingkan di event tersebut. Mulai dari sepak bola, renang, sampai atletik. Tapi tahukah kamu ada juga loh jenis olahraga yang mungkin kalo kamu denger atau liat tergolong unik atau bahkan kamu baru melihatnya saat itu. Berikut adalah daftar 10 Olahraga Anti Mainstream yang tidak biasa dimainkan di seluruh dunia versi Tentik.


10Buzkashi

sportantimainstream10

Apa sih Buzkashi? Kayak nama makanan..hehe. Bukan sob, bukan nama makanan melainkan nama olahraga khas Afganistan. Buzkashi juga dikenal sebagai Lomba Menyeret Kambing. Loh kenapa kambing nya diseret-seret? Begini guys, olahraga ini sama kayak polo, pakai kuda juga, tapi yang jadi beda kalo di polo memakai bola kalo di Buzkashi pake nya bangkai kambing tanpa kepala atau betis. Ihhh serem ya guys. Peraturan peermainan ini adalah merebut bangkai kambing dari lawan dan kemudian membawanya melewati pemain lain sampai ke garis gawang atau sasaran. Trik kotor pun diperbolehkan dalam permainan ini, mulai dari menyandung lawan, membawa cambuk, sampai menggigit. Sadis juga ya..


9Sepak Takraw

sportantimainstream9

Sepak takraw sangat popular di kawasan Asia Tenggara. Sepak takraw merupakan modifikasi dari bentuk permainan voli. Bedanya pemain dilarang menyentuh bola dengan tangan, hanya kaki yang boleh menyentuh bola. Permainan ini merupakan permainan rakyat pada jaman dulu nya. Seiring waktu, permainan ini lama-lama berubah fungsi dari hanya sebagai hiburan menjadi suatu ajang kompetisi yang mengharuskan masing-masing pemain untuk berusaha lebih unggul dibanding yang lainnya. Olahraga ini memadukan unsur olahraga dan seni yang membutuhkan kecekatan dan kelincahan.


8Tinju Catur

sportantimainstream8

Apa jadinya kalau olahraga yang mementingkan konsentrasi seperti catur dan kekuatan seperti tinju disatukan? Ternyata ada olahraganya, yaitu Catur Tinju. Cara mainnya gimana? Pertama tama terlebih dulu dengan memainkan Catur di atas sebuah ring Tinju. Kedua pemain pun sudah siap mengenakan pakaian Tinju dan menggunakan headphone di telinga masing-masing untuk berkonsentrasi.

Pertandingan dimulai dengan pertandingan catur diatas ring tinju. Jika salah satu pemain berhasil memenangkan pertandingan catur sampai skak mat selama 4 babak, lalu si pemenang catur tadi berhasil memukul KO lawannya di enam babak tinju, maka dialah juaranya. Olahraga ini sudah ada federasi resmi nya yakni WBCA. Sobat Tentik mungkin ada yang berminat jadi atlet catur tinju?


7Street Luge

sportantimainstream7

Kamu pecinta olahraga skateboard? Kamu harus coba olahraga yang satu ini. Street Luge. Jika kamu bermain skateboard sambil berdiri atau duduk, di Street Luge kamu harus berbaring di atas papan luncur. Olahraga yang lahir pada tahun 70-an di Amerika Serikat ini bermula ketika para pemain skateboard menemukan cara agar laju papan luncurnya bisa lebih cepat yaitu dengan membaringkan tubuhnya ke atas papan luncur. Olahraga ini hanya boleh dilakukan oleh para professional saja.

Olahraga ini dimainkan dari atas bukit dengan jalan menurun dan tidak sedikit ada beberapa lintasan dengan tikungan tajam yang dapat menambah adrenalin ketika memainkan olahraga ini.


6Kejuaraan Sauna Dunia

sportantimainstream6

Ada lagi olahraga yang bikin kita mengernyitkan dahi yaitu Kejuaraan Sauna Dunia. Sama seperti sauna, peserta ditantang untuk tinggal di dalam sauna selama mungkin. Orang yang berhasil tahan dan paling terakhir keluar dari sauna itulah yang menjadi pemenang. Tapi jangan coba coba untuk ikut serta pada kejuaraan ini, kalo gak kuat bisa bisa kamu pingsan di dalam sauna. Tahun lalu saja ada dua orang yang meninggal akibat terlalu lama di dalam sauna. Kejuaraan ini juga berlangsung di Finlandia. Ternyata orang orang Finlandia itu aneh bin kreatif ya guys..


5Segway Polo

sportantimainstream5

Kamu tau Polo? Bukan, bukan pelawak dari Srimulat, itu sih lain. Polo yang dimaksud adalah olahraga beregu yang dimainkan di atas kuda dengan tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Para pemainnya menggiring bola plasik menggunakan stik panjang kemudian digiring ke gawang. Tapi ini namanya Segway Polo. Lalu apa itu Segway? Segway adalah kendaraan unik beroda dua yang awalnya dipopulerkan oleh kepolisian Long Beach. Terus kenapa dinamain Segway Polo. Ya karena mainnya diatas Segway bukan diatas kuda. Ternyata teknologi gak Cuma mengambil peran manusia yah, sampai-sampai peran kuda pun diambil olehnya. Ckckckck.


4Quidditch

sportantimainstream4

Penggemar Harry Potter pasti tau kayak gimana olahraga ini, tapi tunggu quidditch ini bener dimainin loh, tapi gak pake sapu terbang macam di film Harry Potter. Sebenarnya olahraga ini adalah hasil adaptasi para penggemar seri Harry Potter karangan J.K Rowling. Terus cara mainnya gimana?

Permainannya hampir sama seperti Quidditch di seri Harry Potter, para pemain menggunakan sapu namun nggak terbang (ya iyalah) mereka berlari menggiring bola Quaffles (bola yang menjadi incaran untuk memasukkan point) dan berusaha untuk memasukkanya kedalam lingkaran lingkaran kecil untuk mendapatkan nilai. Bola bludger dan snitch tetap ada, dan masih menjadi penentu instan terhadap bola Snitch untuk memenangkan pertandingan. FYI, olahraga ini udah punya turnamen sendiri dan sudah masuk tahun ke-6.


3Hoki dalam air

sportantimainstream3

Biasanya orang-orang bermain hoki di atas lapisan es tebal di dalam lapangan besar dan bisa dilakukan di indoor atau outdoor. Tapi beda sama hoki dalam air, olahraga ini mengkombinasikan renang dan hoki menjadi satu jenis olahraga baru. Syarat wajib main olahraga ini ya harus bisa berenang sob. Olahraga yang diciptakan oleh Alan Blake dari Southsea Sub Aqua Club pada tahun 1954 sekarang sudah banyak diminati loh. Di Indonesia sudah ada dan sering mengadakan pertandingan hoki dalam air ini di kolam renang Senayan.


2Extreme Ironing

sportantimainstream2

Dari namanya aja udah ketauan kalau olahraga ini bisa jadi olahraga ekstrim. Ironing yang dalam bahasa Indonesia nya adalah menyetrika artinya olahraga ini adalah menyetrika ekstrim. Lalu mengapa menyetrika saja bisa dibilang ekstrim? Bagaimana nggak ekstrim, biasanya kamu menyetrika baju pasti di dalam rumah, tapi olahraga ini biasa dilakukan di tebing-tebing curam, di atas air, saat skydiving, ataupun diatas kendaraan. Ekstrim gak tuh? Eh, tapi ngomong-ngomong mereka nyolok listrik dimana ya kalo nyetrika nya di atas tebing?


1Menggendong Istri

sportantimainstream1

Mendengarnya saja sudah bikin senyum senyum gak jelas alias nyengir kuda, ini olahraga atau lomba untuk pergi bulan madu. Olahraga ini diperkenalkan di Finlandia, beberapa waktu silam. Olahraga ini diperuntukkan hanya untuk pasangan yang menikah saja. Jadi bagi para jomblo gak usah ngarep ikut olahraga ini.

Aturan olahraga ini cukup lumayan menantang, sang suami harus menyelesaikan rintangan panjang dengan si istri bergelantungan memeluk leher mereka. Trek nya pun tergolong sadis. Setiap pasangan harus siap melewati tanah dan air. Jangan salah guys, olahraga ini sampai-sampai dibuat Kejuaran Dunia nya loh! Hadiah bagi para pemenang lomba ini adalah bir yang berbobot sama dengan bebalerat istri sang juara. Ada-ada aja ya guys..


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of