Olah Raga

10 Olahraga Paling Ekstrim di Dunia, Berani?

Olahraga adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Akan tetapi, apabila tidak dilakukan dengan tepat, olahraga justru akan mengundang petaka. Setiap jenis olahraga pada dasarnya memiliki resiko. Perbedaan resiko yang dimiliki terletak pada seberapa keras atau ekstrim jenis olahraga yang dilakukan. Olahraga yang melibatkan kontak fisik memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan olahraga yang dilakukan secara pribadi. Peluang untuk mendapat cidera, luka yang lebih besar, bahkan kematian sangat mungkin terjadi jika tidak dilakukan sesuai cara yang tepat.

Ada beberapa olahraga ekstrim yang menantang nyali sebagian orang dan ternyata memiliki banyak peminat. Bacalah artikel ini hingga selesai untuk menemukan sepuluh olahraga ekstrim yang begitu diminati.


10Panjat Tebing

olahragaekstrim10

Panjat tebing termasuk ke dalam kelompok olahraga ekstrim karena menuntut kekuatan fisik, mental, serta konsentrasi yang tinggi. Kekuatan tangan dan kaki, daya tahan, kelincahan, keseimbangan, serta perhitungan sang pemanjat benar-benar diuji dalam olahraga ini. Seorang pemanjat harus membekali dirinya dengan fisik yang prima dan pengetahuan yang mumpuni tentang teknik memanjat yang tepat dan penggunaan peralatan yang sesuai.

Ada begitu banyak rute panjat tebing yang dapat dipilih dan didaki di seluruh dunia, dan setiap rute memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Karena ada begitu banyak jenis dan formasi batuan di seluruh dunia, panjat tebing telah dipisahkan menjadi berbagai macam gaya sesuai dengan minat pendaki dan bentukan batuan. Resiko yang dihadapi jika pemanjat kurang berhati-hati dapat bermacam-macam. Luka gores karena bergesekan dengan batu bisa menjadi cidera paling ringan. Kematian juga bisa menjadi ancaman apabila tangan dan kaki pemanjat tidak cukup kuat untuk menahan beban tubuhnya sehingga jatuh ke dasar.


9Street Luging

olahragaekstrim9

Olahraga ini melibatkan teknik luncur bebas dari papan street luge. Papan yang digunakan memiliki bentuk yang serupa dengan papan untuk olahraga longboard. Street luging dilakukan di jalanan yang rata dan menurun. Luger (peluncur) akan meluncur dengan kecepatan 70 mil/jam, atau setara dengan 115 km/jam. Selain papan yang dibuat dari bahan besi, kayu, alumunium, atau serat karbon, luger juga membutuhkan baju balap dan sarung tangan berbahan kulit. Resiko yang mungkin dihadapi oleh luger bisa bermacam-macam. Mulai dari luka gores hingga patah tulang apabila terhempas di jalanan dengan kecepatan 115 km/jam.


8BMX

olahragaekstrim8

Bicycle motocross, atau lebih dikenal dengan BMX adalah olahraga yang cukup menantang nyali dan membutuhkan teknik khusus. Untuk melakukan olahraga ini, seseorang haruslah memiliki sepeda khusus yang dikenal dengna sepeda BMX. Ada begitu banyak variasi bentuk dan harga sepeda BMX, menyesuaikan tingkat kemampuan pesepeda BMX. Dalam olahraga BMX, biker haruslah melakukan kombinasi akrobat dengan sepedanya. Tidak hanya melakukan trik yang sudah ada, biker juga dituntut untuk menciptakan trik baru. Selain untuk menarik minat penonton, trik baru juga akan memperkaya ragam trik dan memacu semangat biker lain untuk mencoba.

Nah, untuk resiko yang mungkin dihadapi, jatuh dari sepeda merupakan hukum yang wajib ketika seorang biker mencoba trik baru untuk dilakukan. Cidera lain seperti patah tulang, terkilir, hingga memar juga bisa terjadi jika biker kurang berhati-hati dalam melakukan trik dan tidak mengenakan alat pengaman. Untuk itu, sepatu, helm pengaman, serta pelindung siku dan lutut wajib dikenakan untuk mengurangi resiko luka yang mungkin terjadi.


7Surfing (Selancar)

olahragaekstrim7

Berselancar adalah salah satu olahraga ekstrim lain yang memiliki banyak peminat. Sudah ada banyak nama atlit selancar yang terkenal di dunia karena kepiawaiannya dalam ‘mengendarai’ air dengan papan. Sebut saja Malia Jones dari Amerika Serikat, Laura Enever dari Australia, serta Gemala Hanafiah dari Indonesia. Surfing pada dasarnya ialah mengayuh ke dalam ombak besar dengan ketinggian minimal 20 meter. Gelombang yang paling banyak dicari adalah gelombang dengan ketinggian mendekati 100 meter.

Dalam berbagai kompetisi, hadiah yang diberikan cukup besar. Brand ternama Quiksilver pada ajang Waimea Bay Contest menawarkan hadiah utama sebesar US$ 65.000, sementara Piala Dunia Tow-In di Maui memberikan hadiah US$ 70.000, dan Billabong Odyssey berani memberikan hadiah uang sebesar US$ 100.000. Tentu saja, hadiah sebesar itu juga mengundang resiko yang cukup berbahaya. Mulai dari terantuk papan selancar, tenggelam di laut, hingga kepala yang membentur batu di dasar laut. Oleh karenanya, olahraga ini harus dilakukan dengan hati-hati dan berbekal pengalaman yang tidak sedikit.


6Bull Riding (Rodeo)

olahragaekstrim6

Pada olahraga ini, rider diharuskan bertahan di atas punggung banteng yang mengamuk selama mungkin. Banteng akan terus mencoba melontarkan rider dari punggungnya, sementara rider harus berpegangan pada tali kendali hanya dengan satu tangan. Para rider akan mendapat kebanggaan tersendiri jika mampu bertahan lama di atas punggung banteng. Untuk itu, mereka rela menerjang segala resiko yang mungkin terjadi. Tak jarang, rider yang kurang beruntung akan jatuh dan terinjak banteng yang beratnya bisa mencapai 1.800 pon. Bagi Anda yang berminat, telah tersedia sekolah pelatihan menunggang banteng hingga boot camps yang siap mendidik Anda hingga menjadi bull rider kelas dunia.


5Base Jumping

olahragaekstrim5

Peringkat tertinggi untuk olahraga paling berbahaya di dunia ditempati oleh base jumping. Pada dasarnya, olahraga ini hampir sama dengan terjun payung. Akan tetapi, waktu pendaratan yang dimiliki oleh atlet base jumping lebih singkat, sehingga resiko untuk gagal menjadi jauh lebih besar. Pada olahraga ini, atlet yang disebut jumper menjatuhkan diri dari salah satu struktur BASE. Kata BASE dapat diartikan sebagai Building (gedung), Antena (antena), Span (jembatan), dan Earth (bumi) yang mengacu pada tebing tinggi.

Jumper yang telah dibekali dengan parasut haruslah membentangkan parasutnya dengan sempurna sebelum mendarat supaya pendaratan yang dilakukan dapat terjadi dengan aman. Jika parasut gagal terbuka dengan sempurna, maka kematian adalah resikonya. Base jumping dinyatakan sebagai olahraga yang ilegal untuk dilakukan di beberapa negara, termasuk di Amerika Serikat, kecuali pada acara seperti West Virginia Bridge Day. Base jump tertinggi di dunia yang pernah dilakukan sejauh ini tercatat berasal dari menara kembar Petronas (1.381 meter) yang terletak di Malaysia.


4Parkour

olahragaekstrim4

Parkour adalah salah satu cabang olahraga yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efisien dan cepat dengan menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Para atlet parkour harus berlari, melompat, melakukan salto, serta berguling dengan sempurna untuk melakukan parkour secara aman. Cidera yang dapat terjadi karena olahraga ini bisa bermacam-macam, mulai dari luka biasa, patah tulang, gegar otak, bahkan kematian.


3Wingsuit Flying

olahragaekstrim3

Manusia selalu berusaha untuk membuat inovasi, termasuk dalam hal olahraga. Manusia tidak dapat terbang secara alami, karena tidak memiliki sayap seperti burung. Oleh karena itu, diciptakanlah olahraga wingsuit flying yang membuat manusia dapat terbang dari ketinggian dengan menggunakan wingsuit. Wingsuit merupakan sayap buatan berbahan dasar parasut yang dirancang untuk membuat manusia terbang melayang di udara. Untuk dapat menikmati wingsuit flying, para penerbang harus berada pada ketinggian tertentu, untuk kemudian menerjunkan diri dan melayang di udara sambil membentangkan sayap layaknya burung. Karena tergolong olahraga ekstrim, wingsuit flying hanya boleh dilakukan bagi para skydiver yang telah melakukan terjun dari udara minimal 200 kali. Untuk dapat mendarat dengan aman, penerjun telah dibekali dengan parasut yang harus dibuka tepat pada waktunya dan harus terbuka dengan sempurna.


2Slacklining

olahragaekstrim2

Slacklining termasuk olahraga yang sangat menantang dan menuntut konsentrasi tinggi. Dalam olahraga ini, slackliner diharuskan berjalan di atas seutas tali nilon webbing berukuran 1 inci yang terikat pada dua tiang pancang. Tali nilon webbing adalah tali yang biasa digunakan pada olahraga panjat tebing. Slacklining dapat dilakukan di mana saja. Cukup ikatkan tali pada dua sisi tiang pancang yang bisa berupa apapun di sekitar Anda. Misalnya batang pohon, tiang bendera, dan lain-lain. Selanjutnya, Anda juga tak perlu mengikat tali terlalu tinggi. Jadi, aturlah tinggi tali dan sesuaikan dengan kemampuan Anda.


1Elevator Surfing

olahragaekstrim1

Olahraga ekstrim ini dilakukan dengan cara melompat dari atas ruang lift ke atas ruang lift lainnya ketika 2 lift sedang bergerak. Olahraga ini tergolong ilegal dan tak jarang memakan korban nyawa. Elevator Surfing biasanya dilakukan di lift pada gedung tinggi yang memiliki banyak lantai seperti gedung pencakar langit dan kampus. Surfer harus datang ketika pagi dan membuka langit-langit lift untuk dinaiki. Ketika lift mulai berjalan naik-turun, para surfer mulai melakukan aksinya dengan melompat di antara kedua lift. Tidak ada perlengkapan khusus yang diperlukan, karena olahraga ini hanya membutuhkan fisik, sepatu olahraga biasa, serta kenekatan. Akan tetapi, resiko jatuh dari lift atau tertabrak lift yang sedang bergerak harus diperhitungkan sejak dini sebelum surfer melakukan aksinya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Vinna Yulliana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Vinna Yulliana
Guest
Vinna Yulliana

Kaka Admin Numpang Promo Ya Ka BIG PROMO BONUS 100% NEW MEMBER TERCEPAT : SBOBET,IBCBET,368BET,SBC168 BETSTAR36.COM dalah AGEN BETTING ONLINE TERPERCAYA / BOLA ONLINE / CASINO ONLINE / BANDAR TOGEL ONLINE TERBAIK yang memberikan berbagai promo dan bonus yang menarik untuk semua product game. Dengan Minimal Deposit : 50.000 dan Withdraw 100.000 dan Proses untuk Deposit dan Withdraw 3 Menit. Kami menyediakan Bank BCA, Mandiri Dan BNI. *BIG PROMO BONUS 100 NEW MEMBER TERCEPAT *PROMOSPORTSBOOK : SBOBET,IBCBET,368BET,SBC168 *BONUS NEW MEMBER 50% *BONUS NEXT DEPOSIT 20% *BONUS CASHBACK PERMINGGU 5% SPORTS PROMO LIVECASINO : SBOBET CASINO,cbo855,gd88 *BONUS NEW MEMBER 10% *BONUS… Read more »