Traveling

10 Pantai di Indonesia dengan Pemandangan yang Sangat Eksotis

Indonesia terkenal memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Hal ini pula yang membuat banyak sekali wisatawan asing yang datang berlibur ke Tanah Air setiap tahunnya. Berbagai lokasi pantai di negeri ini menjadi salah satu tujuan para turis bule tersebut. Apalagi Indonesia memang punya banyak pantai yang menakjubkan. Berikut ini ada 10 pantai di Indonesia dengan pemandangan yang sangat eksotis, yang tentunya wajib Anda kunjungi.


10Pantai Sawarna (Banten)

pantaieksotisindo10

Deretan pohon kelapa dan air laut Samudera Hindia yang jernih jadi pemandangan yang bisa dinikmati saat berada di Pantai Sawarna. Pantai yang memiliki pasir putih itu pun terlihat sangat kontras dengan langit dan laut yang biru. Tak hanya pantai, ombaknya pun menarik banyak bule untuk melakukan olahraga surfing. Para peselancar dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang dan Australia sudah pernah merasakan ombaknya.


9Pantai Pandawa (Bali)

pantaieksotisindo9

Pantai ini dijuluki ‘The Secret Beach’, karena berada di kawasan terpencil di Bali, tepatnya di Desa Kutuh, bagian selatan Pulau Dewata tersebut. Pantai Pandawa memang tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi dan semak belukar. Jalan menuju pantai ini pun cukup sulit untuk diakses. Namun, saat sampai di sana, Anda akan menyaksikan pasir yang seputih salju dan air laut yang jernih. Pada bulan Maret setiap tahun, juga ada parade budaya di Pantai Pandawa.


8Pantai Tanjung Bira (Sulawesi Selatan)

pantaieksotisindo8

Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan terkenal sebagai lokasi pembuatan Pinisi, perahu layar khas Bugis. Selain itu, daerah ini ternyata juga dikenal dengan pantainya yang berpasir selembut tepung. Menariknya, Anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus di Pantai Tanjung Bira ini, sambil bersantai di atas tebing-tebing karang di pinggir pantai. Anda bisa mencapai pantai ini dengan berkendara selama lima jam dari Makassar.


7Pantai Pink (Nusa Tenggara Timur)

pantaieksotisindo7

Jika selama ini Anda hanya menemukan pantai berpasir putih, maka datanglah ke Pantai Pink untuk menemukan sesuatu yang beda. Pasir di pantai yang berada di Pulau Komodo ini berwarna merah jambu alias pink, sesuai namanya. Warna pasirnya itu disebut berasal dari serpihan karang dan biota laut yang terbawa arus ke pantai, dan bercampur dengan pasir. Selain bermain di laut, tentunya Anda juga bisa menyaksikan Komodo di sekitar pantai ini.


6Pantai Tanjung Tinggi (Bangka Belitung)

pantaieksotisindo6

Salah satu pantai di Indonesia dengan pemandangan yang sangat eksotis ini diketahui banyak orang sejak kemunculannya novel ‘Laskar Pelangi’. Keindahannya pun ikut semakin terkenal lewat film berjudul sama. Pantai Tanjung Tinggi menarik kedatangan banyak turis, berkat batu-batu granit berukuran besar yang menjadi ciri khasnya. Selain itu, pantai yang berada di Pulau Belitung ini juga memiliki pasir yang sangat lembut dan air laut yang jernih.


5Pantai Gili Trawangan (Nusa Tenggara Barat)

pantaieksotisindo5

Pantai ini memiliki ciri khas berpasir putih, air laut yang jernih, dan koral karang tropis yang sangat indah. Di Pantai Gili Trawangan ini, Anda juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset sekaligus. Kawasan laut di Gili Trawangan, yang bersebelahan dengan Gili Meno dan Gili Air, tiga pulau kecil di dekat Pulau Lombok ini juga menawarkan spot-spot diving dan snorkeling yang sangat spektakuler, membuat banyak turis asing berbondong-bondong untuk datang.


4Pantai Ora (Maluku)

pantaieksotisindo4

Banyak orang menyebut Pantai Ora sebagai surga yang tersembunyi di Pulau Seram, Maluku Tengah. Keindahannya disejajarkan dengan Pantai Boracay di Filipina dan Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Air laut yang jernih dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan, menjadi daya tarik utama Pulau Ora. Anda pun bisa menikmati karang-karang yang mempesona hanya di atas perahu.


3Pantai Derawan (Kalimantan Timur)

pantaieksotisindo3

Anda bisa berenang bersama gerombolan penyu dan ikan pari di perairan Pantai Derawan yang jernih ini. Makanya, pantai ini menjadi salah satu surga menyelam terindah di dunia. Bahkan, CNN pun memasukkannya dalam daftar ‘100 Best Beaches In The World’ pada posisi ke-63. Pemandangan di sepanjang pantai di Pulau Derawan ini juga sangat indah, dengan hamparan pasir putih dan deretan pohon palem, tak jauh dari cottage tempat menginap.


2Pantai Canggu (Bali)

pantaieksotisindo2

Bali tak hanya punya Pantai Kuta atau Pantai Sanur, tetapi masih banyak pantai-pantai lain yang juga mempesona. Salah satunya adalah Pantai Canggu, di Badung, bagian selatan Bali. Tak hanya keindahan pesisir laut nan eksotis yang bisa Anda nikmati, tetapi juga hamparan sawah yang menghijau. Ombak di sepanjang pantai ini juga menarik untuk para peselancar. CNN pun menempatkan Pantai Canggu di posisi 39 dalam ‘100 Best Beaches In The World’.


1Pantai Nihiwatu (Nusa Tenggara Timur)

pantaieksotisindo1

Pantai Nihiwatu yang berada di Pulau Sumba menjadi pantai Indonesia dengan posisi paling tinggi dalam daftar ‘100 Best Beaches In The World’ yang dirilis CNN pada tahun 2016 ini. Pantai dengan pasir yang putih, air laut yang jernih berwarna biru toska, dan sunset yang sangat cantik ini berada di posisi 17. Tak hanya itu, keindahan dunia bawah laut di Pantai Nihiwatu juga sangat luar biasa, dengan biota laut yang beraneka ragam, cocok untuk diving.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry