Budaya & Literatur Unik & Aneh

10 Patung di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Takjub Setengah Mati!

Patung dibangun sebagai monumen untuk mengenang atau menghormati sesuatu. Dalam budaya modern, kini patung menjadi bagian dari simbol bagi suatu kelompok atau wilayah. Di antara banyak seniman, terkadang yang ada yang sangat kreatif sehingga menciptakan patung yang unik. Berikut 10 patung di dunia yang bakal bikin kamu takjub setengah mati!


10Forever Marilyn Statue

Patung raksasa Marilyn Monroe setinggi 26 kaki atau 7,9 meter ini menampilkan pose paling terkenal dari sang mega bintang dalam film ‘The Seven Year Itch’ (1955). Patung ini dibuat seniman Amerika Serikat Seward Johnson pada 2011 di Chicago, saat dia berusia 81 tahun. Menariknya, patung ini sudah empat kali berpindah tempat, dan sempat berada di Australia.


9Spider (Maman)

Dibuat oleh seniman asal Prancis Louise Bourgeois saat berusia 88 tahun pada 1999, patung ini dibuat Turbine Hall, Tate Modern London, Inggris. Tingginya mencapai 30 kaki, terbuat dari perunggu, baja stainless dan marmer. Judulnya merupakan panggilan akrab untuk ibu dalam bahasa Prancis. Patung ini pun pernah dipamerkan di beberapa negara, hingga Asia.


8Oversized Silver Dog

Anjing setinggi 20 kaki ini duduk dengan tenang dan tampak bersahabat menyambut para pengunjung Animal Shelter di kota Denver, Colorado, Amerika Serikat. Penciptanya adalah Laura Haddad dan Tom Drugan, dibuat dari kerangka baja besi yang dihiasi dengan lebih dari 90 ribu label. Pada malam hari, patung ini bersinar dengan lampu LED yang berwarna-warni.


7London Ink Swimmer

Berbentuk perenang berukuran raksasa, patung ini terletak di sebuah taman di tepi Sungai Thames, London, Inggris, tepatnya di antara Tower Bridge dan City Hall. Patung ini tampak sangat mencolok, dengan panjang 46 kaki (15 meter) dan tinggi 10 kaki (3,3 meter). Seniman penciptanya sendiri membuat patung ini untuk mengenang acara reality show ‘London Ink’.


6Monster Saw

Membuat setiap orang yang melihatnya penasaran, patung raksasa yang unik ini berbentuk sebuah gergaji merah yang tertanam di dalam tanah, tepat di depan pintu masuk utama Tokyo International Exhibition Centre, atau Tokyo Big Sight, Jepang. Patung dengan tinggi 15,4 meter ini diciptakan oleh dua seniman, yakni Claes Oldenburg dan Coosje Van Bruggen.


5Monywa Buddha

Ada yang menyebut Big Buddhas dan Laykyun Setykar. Namun, patung Buddha yang tengah berbaring ini lebih dikenal dengan Monywa Buddha, karena berada di Monywa, Myanmar. Menariknya, pada bagian dalam patung sepanjang 300 kaki ini terdapat rongga-rongga, yang membuat para pengunjung menyaksikan koleksi 9.000 gambar Buddha dan murid-muridnya.


4Gigantic Dreaming Girl

Berada di daerah antara Liverpool dan Manchester, Inggris, tepatnya di St. Helen’s, patung ini merupakan menara wajah gadis setinggi 65 kaki. Menariknya, gadis tersebut tampak sedang tertidur dengan mata tertutup dan ekspresi yang tenang. Patung karya seni Jaume Plensa ini dibangun di bekas lokasi Sutton Manor Gallery, terletak di atas jalan raya sibuk.


3Spoonbridge and Cherry

Karya dari pasangan seniman, Claes Oldenburg asal Amerika Serikat dan Coosje van Bruggen asal Belanda ini dikerjakan pada periode 1985-1988 silam. Patung raksasa ini sangat unik, karena berbentuk sebuah sendok seberat 5.800 pon dengan buah ceri berbobot 1.200 pon. Letaknya di taman kota Walker Art Center, Minneapolis Sculpture Garden, Amerika Serikat.


2Magic Tap

Dibangun di Aqualand Cadiz, Spanyol, patung ini benar-benar menariknya. Bentuknya seperti sebuah keran air, namun tampak melayang di udara, di atas sebuah kolam. Sedangkan dari mulut keran mengalir air yang tidak pernah berhenti. Namun, jika dilihat dari dekat dengan teliti, sebenarnya ada pipa bening yang tersembunyi di aliran air yang menopang patung ini.


1Die Badende Statue

Bernama bahasa Jerman, yang artinya ‘The Bather’ dalam bahasa Inggris, alias perenang. Patung raksasa ini sendiri berbentuk seorang wanita di dalam Danau Binnenalster, Hamburg, Jerman. Seniman Oliver Voss menyelesaikannya pada 3 Agustus 2011 lalu, dengan terbuat dari baja dan styrofoam setinggi 13 kaki. Sayangnya, hanya dipamerkan selama 10 hari saja.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry