Bisnis, Fashion & Hobby

10 Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan baik sekaligus menjadi manajemen keuangan bagi dirinya sendiri. Bagaimana tidak? Sebagian besar mahasiswa adalah mahasiswa perantauan yang selalu mengandalkan biaya kuliah dan kos kiriman dari orangtua. Alhasil mereka harus berjuang untuk hidup hemat selama sebulan hingga kiriman dari orangtua bulan depan tiba.

Sayangnya, perencanaan ini seringkali tidak berhasil karena ada saja kebutuhan mendesak di tengah bulan yang mengakibatkan mahasiswa kehabisan uang saku. Untuk mengatasinya tak ada lagi cara lain selain melakukan hal-hal kreatif dengan melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah uang jajan. Nah, berikut ini ada 10 pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa karena dapat dikerjakan di waktu luang.


10Guru les

pekerjaanuntukmahasiswa10

Salah satu dari 10 pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa dan paling populer adalah guru les. Jika Anda yakin dengan kemampuan akademis yang Anda miliki, memilih pekerjaan sebagai guru les adalah usaha yang tepat. Anda bisa memilih antara menjadi guru les bimbingan belajar atau guru les privat. Yang membedakan sih hanya jumlah murid dan kedekatan antara guru dan muridnya saja.

Keuntungan menjadi guru les adalah mahasiswa akan lebih terlatih untuk menghadapi orang lain di dunia kerja sesungguhnya, terutama bagi mahasiswa jurusan pendidikan akan lebih terlatih menghadapi murid-murid sebelum memasuki dunia kerja itu sendiri.


9Operator warnet

pekerjaanuntukmahasiswa9

Pekerjaan part time kedua favorit mahasiswa adalah penjaga warnet. Ini memang pilihan untuk mahasiswa yang tidak bisa mengajar tapi punya kemampuan di bidang teknologi. Umumnya yang memilih menjadi penjaga warnet adalah mahasiswa-mahasiswa dari bidang IT.


8Pelayan di resto cepat saji

pekerjaanuntukmahasiswa8

Bekerja di restoran cepat saji bisa juga dilakukan secara part time. Keuntungan bagi mahasiswa adalah teraturnya jam kerja dan penghasilan yang tidak mengecewakan. Selain itu, karyawan di restoran cepat saji umumnya bisa mendapatkan jatah makan gratis dari restoran, lumayan kan?


7Pemandu wisata

pekerjaanuntukmahasiswa7

Memang sih pekerjaan sebagai tour guide atau pemandu wisata tidak setiap saat tersedia. Namun ini kesempatan emas bagi Anda yang berada di jurusan pariwisata dan bahasa asing. Keuntungan sebagai pemandu wisata, tentu Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai daerah bahkan berbagai negara. Penghasilan seorang pemandu wisata juga tidak sedikit per harinya, tapi sayang pekerjaan seperti ini tidak selalu tersedia sehingga tidak bisa dijadikan pemasukan tetap.


6Wartawan lepas

pekerjaanuntukmahasiswa6

Menjadi seorang wartawan cocok untuk mahasiswa yang gemar menulis. Menjadi wartawan lepas baik di media online atau media cetak dapat digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan kemampuan dan hobi mereka dengan tepat. Meskipun penghasilan yang diterima tidak seberapa. Keuntungan utama bagi mahasiswa adalah jam kerjanya yang fleksibel.


5Penerjemah

pekerjaanuntukmahasiswa5

Banyak orang membutuhkan penerjemah untuk artikel, surat kontrak, buku ilmiah dan sebagainya. Jika Anda yakin dengan kemampuan Anda di bidang bahasa asing, cobalah mencari pekerjaan sebagai penerjemah. Penghasilan yang Anda dapat bisa tergolong lumayan, umumnya per lembar terjemahan, Anda akan dibayar sebesar Rp 10 rupiah. Cukup menjanjikan. Yang pasti pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan korelasi dengan hasil terjemahan kita. Memang tidak setiap hari ada orang yang menggunakan jasa penerjemah, namun kalau Anda mulai dikenal sebagai penerjemah handal dan banyak menerima orderan, jangan tanya penghasilannya berapa!


4Penulis lepas

pekerjaanuntukmahasiswa4

Jasa seorang penulis lepas memang sedang hangat dicari akhir-akhir ini. Wajar saja, karena para pebisnis online pasti membutuhkan penulis-penulis handal yang dapat mengisi website mereka dengan tulisan berkualitas. Jika Anda berpikir seorang penulis lepas hanya menyalin catatan dari kertas ke komputer, ini jelas-jelas keliru. Di era digital, seseorang akan mencari jasa penulis lepas untuk membantunya menulis artikel sesuai topik yang diminta. Nah, jika Anda memang seorang mahasiswa yang hobi menulis dan memiliki wawasan luas, cobalah mencari pekerjaan parti time sebagai penulis lepas. Namun agar tulisan yang Anda kerjakan hasilnya maksimal, carilah topik tulisan yang benar-benar Anda kuasai.


3Maintenance website

pekerjaanuntukmahasiswa3

Saat ini perusahaan-perusahaan besar mulai memantapkan promosinya melalui internet. Mereka membangun website dengan tampilan profesional dan sesuai tujuan perusahaan. Disinilah peran Anda sebagai mahasiswa komputer/teknik informatika membantu memaintenance situs mereka sehingga jauh dari tampilan standar atau lambatnya akses. Menariknya pekerjaan maintenance web bisa dilakukan secara remote atau dari rumah saja dengan waktu kerja part time. Jadi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asal Anda bertanggung jawab penuh pada pekerjaan Anda tersebut.


2Desainer

pekerjaanuntukmahasiswa2

Ini adalah salah satu dari 10 pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa terutama yang berada di jurusan desain grafis. Namun tidak menutup kemungkinan dikerjakan juga oleh mahasiswa jurusan lain. Konsep bisnis jasa ini cukup sederhana yaitu Anda membuat desain dan menjualnya atau Anda mencari target market untuk menawarkan desain, jika deal, baru Anda kerjakan. Penghasilan yang didapatkan tentu tergantung dari bagaimana tampilan desain Anda sendiri dan itu bisa cukup besar asalkan desain Anda dianggap menarik dan bermanfaat.


1Penjaga toko

pekerjaanuntukmahasiswa1

Pekerjaan part time terakhir adalah sebagai penjaga toko. Waktu yang diperlukan juga fleksibel sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah Anda. Bicarakan terlebih dahulu dengan pemilik toko tentang status Anda sebagai mahasiswa agar mendapatkan keleluasaan. Anda bisa menjadi penjaga toko mainan, toko buku, toko pakaian dan sebagainya.


Itu dia 10 pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa. Semoga menginspirasi para mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan sampingan.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry