Olah Raga

10 Pelatih Sepakbola dengan Gaji Termahal di Eropa

Kompetisi sepakbola di benua Eropa selalu mendapat perhatian besar dari para penggemar olahraga tersebut di seluruh dunia. Para pemain bintang pun bertarung dengan sengit demi membawa klubnya menjadi juara. Tidak hanya itu saja, sejumlah pelatih top, termasuk para peracik taktik dengan pendapatan selangit juga ikut meramaikan liga-liga besar di ‘Benua Biru’ tersebut. Berikut ini merupakan 10 pelatih sepakbola dengan gaji termahal di Eropa.


10Rafael Benitez (Newcastle United)

pelatihsepakbolatermahal10

Meski hanya menukangi klub kompetisi kasta kedua di Inggris, Newcastle United, namun gaji yang diterima Rafael Benitez lebih besar dibanding pelatih klub juara Serie A Italia Juventus atau juara La Liga Spanyol Barcelona. Dia pun sebenarnya gagal mempertahankan klubnya itu di Premier League Inggris sejak melatih mulai 11 Maret 2016. Namun pelatih asal Spanyol ini tetap menerima 4 juta poundsterling atau Rp 68,3 miliar per musim hingga tahun 2019.


9Diego Simeone (Atletico Madrid)

pelatihsepakbolatermahal9

Mantan pemain bintang asal Argentina ini memang gagal mempersembahkan gelar juara bagi tim asuhannya, Atletico Madrid pada musim 2015/2016 lalu. Namun, Diego Simeone masih tetap mendapatkan gaji sebesar 4,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 75,1 miliar per musim dari klubnya tersebut. Bahkan, kontraknya dengan klub La Liga Spanyol itu pun, yang seharusnya akan berakhir pada tahun 2017, baru saja diperpanjang selama tiga tahun lagi.


8Zinedine Zidane (Real Madrid)

pelatihsepakbolatermahal8

Sukses mengantarkan tim asuhannya, Real Madrid menjuarai kompetisi sepakbola antarklub terbesar di Eropa, Champions League musim 2015/2016 lalu, membuat Zinedine Zidane mendapat perpanjangan kontrak selama dua tahun hingga tahun 2018. Mantan pemain bintang Prancis ini diberi gaji sebesar 4,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 76,8 miliar per musim. Dia sendiri sebenarnya baru menggantikan Rafael Benitez sejak awal tahun 2016 ini.


7Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur)

pelatihsepakbolatermahal7

Salah seorang pelatih sepakbola dengan gaji termahal di Eropa ini memang hanya bekerja untuk klub papan tengah di Premier League Inggris, Tottenham Hotspur. Namun, gajinya jauh mengalahkan sejumlah pelatih di tim-tim sepakbola besar Eropa. Mauricio Pochettino mendapatkan upah sebesar 5,5 juta poundsterling atau hampir mencapai Rp 100 miliar per musim. Sayangnya, sejak melatih dari tahun 2014, dia belum mampu memberi gelar apapun.


6Antonio Conte (Chelsea)

pelatihsepakbolatermahal6

Peramu strategi asal Italia ini baru saja ditunjuk sebagai pelatih klub Premier League Inggris, Chelsea mulai musim 2016/2017 ini, setelah membawa tim nasional sepakbola negaranya bertarung di Piala Eropa 2016. Antonio Conte dikontrak selama tiga tahun, dengan gaji sebesar 6,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 111 miliar. Dia diharapkan bisa membawa Chelsea jadi juara liga, seperti yang pernah dilakukannya untuk Juventus di Serie A Italia.


5Jurgen Klopp (Liverpool)

pelatihsepakbolatermahal5

Hanya mampu mengantar Liverpool ke final Football League Cup dan Europa League musim 2015/2016 lalu, tidak membuat posisi Jurgen Klopp di kursi pelatih terganggu. Pelatih yang sukses membawa Borussia Dortmund menandingi dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga Jerman itu tetap mendapat kepercayaan untuk mengarsiteki Liverpool di Premier League Inggris. Dia diberi upah sebesar 7 juta poundsterling atau sekitar Rp 119,5 miliar per musim.


4Arsene Wenger (Arsenal)

pelatihsepakbolatermahal4

Pelatih gaek berusia 66 tahun ini masih bertahan bersama Arsenal, setelah menangani tim asal London tersebut sejak 20 tahun yang lalu. Sejauh ini, prestasinya tidak terlalu jelek. Ada 15 trofi yang sudah dipersembahkannya untuk Arsenal, termasuk di antaranya tiga gelar juara Premier League Inggris. Hingga tahun 2017 mendatang, Arsene Wenger pun masih akan menerima gaji sebesar 8,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 145,2 miliar setiap musim.


3Carlo Ancelotti (Bayern Muenchen)

pelatihsepakbolatermahal3

Ahli strategi asal Italia ini mulai menukangi Bayern Muenchen musim 2016/2017, setelah sempat menganggur selama satu musim usai melatih Real Madrid sejak tahun 2013. Soal pengalaman dan prestasi, Carlo Ancelotti memang sudah tak diragukan lagi. Tidak heran jika manajemen klub barunya rela membayar 9 juta poundsterling atau sekitar Rp 153,7 miliar per musim, dengan harapan bisa tetap mempertahankan dominasinya di Bundesliga Jerman.


2Josep Guardiola (Manchester City)

pelatihsepakbolatermahal2

Klub kaya Premier League Inggris, Manchester City harus merogoh kocek dalam untuk bisa mendapatkan Josep Guardiola di awal musim ini. Mereka pun harus menggajinya lagi senilai 15 juta poundsterling atau sekitar Rp 256,2 miliar per musim. Semua itu mereka lakukan, agar pelatih muda berprestasi ini bisa mengulang kesuksesannya saat di klub La Liga Spanyol Barcelona (2008-2012) dan Bayern Muenchen (2013-2016) yang menghasilkan 21 trofi juara.


1Jose Mourinho (Manchester United)

pelatihsepakbolatermahal1

Sama seperti Josep Guardiola, pelatih asal Portugal ini juga mendapatkan gaji sebesar 15 juta poundsterling (Rp 256,2 miliar) per musim dan baru akan melatih klub barunya musim ini. Menariknya, Jose Mourinho akan bertarung sengit dengan rekan seprofesinya itu, karena tim mereka adalah musuh bebuyutan, yakni tim sekota Manchester. Bicara prestasi, sang senior mungkin sedikit lebih hebat, karena pernah menjuarai liga di empat negara berbeda.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!