Olah Raga

10 Pemain Basket Paling Pendek Di NBA

Di dalam dunia olahraga basket, tidak disangkal bahwa ukuran atau tinggi tubuh terbilang cukup penting dalam menentukan jalannya permainan. Orang yang tinggi otomatis menjadi lebih dekat dengan ring basket dan tembakannya pun menjadi lebih akurat dengan resiko diblok lebih kecil. Belum lagi faktor jangkauan lengannya yang lebih panjang dan juga rentang tangannya.

Menurut NBA, rata-rata pemain mereka bertubuh sekitar 22cm lebih tinggi dari standar orang Amerika. Pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan pemain yang bertubuh lebih pendek? Apakah pupus sudah harapannya untuk bermain di kompetisi profesional? Tentu tidak. Sepuluh pemain basket di bawah ini termasuk pendek (menurut standar NBA), namun mereka tidak menyerah dan tidak meninggalkan mimpinya untuk menjadi pemain basket profesional.

Semoga daftar pemain basket paling pendek di bawah ini dapat memotivasi Anda.


10Michael Adams – 177cm

pemainNBAterpendek10

Michael Adams memulai karir basketnya di perguruan tinggi Boston, lalu dikontrak oleh Sacramento Kings setelah mereka melihat permainannya yang gemilang. Awal permainannya di NBA tidak memuaskan, dia hanya berhasil men-skor 2 angka di tiap pertandingan. Namun setelah pindah ke klub Denver Nuggets, karirnya menjadi terus naik dengan rata-rata skor 26.5 angka dan assist sebanyak 10 kali.

Michael bahkan termasuk di dalam pertandingan NBA All-Star pada tahun 1992. Dia pensiun di tahun 1996 dengan total skor 9.621 angka dan 4.209 assist.


9Calvin Murphy – 175cm

pemainNBAterpendek9

Calvin Murphy bermain sebagai guard untuk Houston Rockets dari tahun 1970 sampai 1983. Dia mampu memegang rekor lemparan bebas tertinggi kedua dalam satu musim. Pada tahun 1993 namanya masuk ke dalam Basketball Hall of Fame. Dan sepanjang karirnya di NBA, Calvin berhasil menciptakan 17.949 angka dan telah bermain dalam 1.022 pertandingan.


8Nate Robinson – 175cm

Nate Robinson mulai bermain untuk New York Knicks di tahun 2005 setelah penampilannya yang amat memukau di kampusnya. Meski tingginya hanya 175cm, Nate keluar sebagai juara satu di kontes Slam Dunk. Anda dapat melihat video di atas dimana Nate melompati Dwight Howard yang tingginya 210cm. Jadi ternyata mitos orang yang pendek tak mungkin bisa nge-dunk tidak selamanya benar.


7Charlie Criss – 172cm

pemainNBAterpendek7

Setelah lulus dari universitas New Mexico, Charlie Criss bermain untuk Continental Basketball Association, namun ini tidak membuatnya puas. Charlie selalu berambisi untuk masuk ke NBA.

Usaha keras, tekad dan ketekunannya pun membuahkan hasil. Di tahun 1977, tujuh tahun setelah lulus Ia berhasil bergabung dengan Atlanta Hawks. Pelatihnya mengatakan bahwa Charlie Criss dipilih karena kecepatan dan akurasi menembaknya.


6Wataru ‘Wat’ Misaka – 170cm

pemainNBAterpendek6

Wataru adalah korban bullying dan diskriminasi semenjak Ia masih kecil karena latar belakangnya yang merupakan orang Jepang. Ketimbang depresi dan stress, dia beranjak dewasa untuk menjadi orang Asia dan non-Caucasian pertama yang bergabung bersama NBA. Meski karirnya cukup singkat (1947-1948), dia adalah pemain yang sangat berharga dan merupakan pemain andalannya New York Knicks. Namanya masuk ke dalam Utah Hall of Fame di tahun 1999.


5Greg Grant – 170cm

pemainNBAterpendek5

Greg Grant mampu menutupi kekurangannya melalui keterampilan dan energinya yang luar biasa. Pada awal karirnya, Greg menghabiskan satu tahun bermain untuk Phoenix Suns sebelum menandatangani kontrak dengan New York Knicks di tahun 1990. Setelahnya Ia lalu bergabung dengan Philadelphia 76ers di tahun 1991 dan Orlando Magic di tahun 1994.


4Anthony ‘Spud’ Webb – 170cm

pemainNBAterpendek4

Pada tahun 1985, Anthony Webb dikontrak oleh Atlanta Hawks lalu melanjutkan karirnya dengan Sacramento Kings, Minnesota Timberwolves, dan terakhir Orlando Magic. Webb telah bermain sebanyak 814 kali di NBA dan mampu mencetak skor sebanyak 10 angka di tiap pertandingan. Prestasinya yang paling gemilang adalah ketika Ia memenangkan kontes Slam Dunk di tahun 1986. Ia merupakan pemain paling pendek yang pernah menjadi juara.


3Melvin Hirsch – 167cm

pemainNBAterpendek3

Tidak banyak yang diketahui tentang Melvin Hirsch, namun satu hal yang pasti bahwa dia adalah orang terpendek ketiga yang pernah bermain di NBA. Di tahun 1946, Melvin bergabung dengan Boston Celtics, tampil di dalam 13 pertandingan dan mencetak 19 angka untuk tim nya.


2Earl Boykins – 165cm

pemainNBAterpendek2

Selain merupakan orang terpendek kedua di sejarah NBA, Earl Boykins juga adalah orang ter-ringan dengan berat hanya 60kg. Dia menghabiskan karirnya bermain untuk Denver Nuggets dan dikenal akan teknik mencetak gol khasnya sendiri setelah Ia mampu mendapatkan 32 angka di sebuah pertandingan pada tanggal 11 November 2004.


1Tyrone ‘Muggsy’ Bogues – 160cm

pemainNBAterpendek1

Tyrone masih memegang rekor sebagai orang paling pendek di NBA dengan tinggi hanya 160cm. Meskipun begitu, Ia menggunakan tinggi badannya untuk menjadi keuntungannya sampai-sampai Ia dikenal sebagai pengoper bola paling handal, pencuri bola yang hebat dan tentu saja sebagai salah satu yang tercepat di lapangan.

Karirnya melunjak saat Ia mulai bermain untuk Charlotte Hornets di tahun 1988 dan terus bermain selama 10 tahun. Dia juga menjadi pemain paling populer pada masanya. Satu hal yang cukup menarik, apa yang membuat Ia semakin bertekad adalah ketika orang berkata padanya bahwa Ia terlalu pendek untuk dapat mencapai apa-apa. Tyrone lalu menjawab “Masa?”.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!