Olah Raga

10 Pemain Sepakbola Terbaik Tahun 2016 Versi UEFA

Para bintang sepakbola Benua Biru akan unjuk kemampuan bersama tim nasionalnya dalam Piala Eropa 2016 di Prancis pada 10 Juni 2016 hingga 10 Juli 2016 mendatang. Nah, jelang ajang tersebut, organisasi sepakbola Eropa, UEFA merilis daftar pemain sepakbola terbaik di Eropa menurut ‘Player Barometer’. Sebagian besar mereka akan ikut membela negaranya, namun ada pula yang tidak bisa tampil dalam turnamen tersebut. Berikut ini daftarnya.


10Marek Hamsik (Slovakia & Napoli)

pemainsepakbolaterbaik10

Pesepakbola berusia 28 tahun ini tampil bagus bersama klubnya, Napoli di Serie A Italia pada musim ini. Meski gagal meraih gelar juara, namun dia bisa membantu klubnya yang berjuluk Il Partenopei mengamankan posisi runner-up. Selain itu, Marek Hamsik juga tampil ciamik saat membela negaranya, Slovakia. Dia ikut mencetak satu gol saat mengalahkan Jerman di markasnya dengan skor 3-1, belum lama ini, serta melepas 45 umpan dari 51 kali percobaan.


9Juanfran (Spanyol & Atletico Madrid)

pemainsepakbolaterbaik9

Bek kanan Atletico Madrid ini mampu membawa klubnya mencatatkan tujuh clean sheets dalam 10 pertandingan terakhir, meski gagal menjuarai Liga Champions musim ini setelah kalah dari Real Madrid di final. Juanfran dianggap sebagai biang kekalahan klubnya, karena gagal menjalankan tugas di babak adu penalti. Namun secara keseluruhan, statistiknya masih bagus dengan jumlah persentase tekel yang dimenangkan lebih tinggi dari pemain lainnya.


8Toni Kroos (Jerman & Real Madrid)

pemainsepakbolaterbaik8

Dia merupakan salah seorang pemain Real Madrid dengan penampilan konsisten sepanjang musim ini. Bahkan, Toni Kroos memiliki peran yang sangat vital untuk tim yang dibelanya menurut statistik penampilannya. Pemain tengah asal Jerman ini mampu membukukan 190 umpan sukses di area sekitar kotak penalti lawan dalam 12 pertandingan terakhir bersama klubnya. Selain itu, dia juga ikut membantu Real Madrid jadi juara Liga Champions musim ini.


7Sergio Ramos (Spanyol & Real Madrid)

pemainsepakbolaterbaik7

Kapten Real Madrid ini menjadi salah seorang pemain kunci klubnya saat menjuarai Liga Champions. Tidak heran jika Sergio Ramos menjadi man of the match dalam laga itu, setelah mencetak gol pembuka. Dia juga akan menjadi andalan Spanyol yang membawa banyak pemain muda di Piala Eropa 2016 ini. Data statistik sepanjang musim ini mencatat dirinya memenangkan enam duel udara, serta melakukan delapan clearances dan tiga intersep.


6Jorge Koke (Spanyol & Atletico Madrid)

pemainsepakbolaterbaik6

Pemain yang berposisi sebagai midfielder ini selalu tampil konsisten sepanjang musim 2015/2016. Tidak heran dia menjadi pemain penting bagi pelatih Diego Simeone di Atletico Madrid, dan membuat pelatih Spanyol Vicente del Bosque sama sekali tidak ragu untuk membawanya ke tim nasional. Jorge Koke sendiri mampu mengemas enam assist dan dua gol dalam 13 laga terakhir. Selain itu, jumlah intersep dan clearances-nya juga cukup tinggi.


5Saul Niguez (Spanyol & Atletico Madrid)

pemainsepakbolaterbaik5

Meski masih berusia 21 tahun, Saul Niguez mampu bertengger di posisi ke-5 dalam daftar pemain sepakbola terbaik tahun 2016 versi UEFA. Dia berhasil mengungguli para seniornya di Spanyol dalam penilaian ini. Pemain tengah ini sering menjadi pilihan utama pelatih Diego Simeone, dan selalu tampil impresif saat dipercaya bermain sejak menit awal. Namun sayangnya, pelatih Spanyol Vicente del Bosque malah tak membawanya ke Piala Eropa 2016.


4James Milner (Inggris & Liverpool)

pemainsepakbolaterbaik4

Gelandang serba bisa yang bermain di klub Liverpool ini merupakan salah satu raja assist di Eropa. Buktinya, James Milner sukses membuat tujuh assist dalam empat laga pada 7 sampai 20 April 2016 lalu, dan memberikan assist untuk 30 tembakan ke gawang dalam sembilan pertandingan. Namun, dia memang belum mendapat jaminan sebagai pemain utama di tim Inggris pada Piala Eropa 2016 nanti, meski selalu tampil mengesankan bersama klubnya.


3Antoine Griezmann (Prancis & Atletico Madrid)

pemainsepakbolaterbaik3

Punggawa tim tuan rumah Piala Eropa 2016, Prancis ini telah membuktikan dirinya sebagai salah seorang penyerang berbahaya di Eropa sepanjang musim ini. Antoine Griezmann bisa mencetak sembilan gol dalam 13 pertandingan terakhirnya, termasuk satu gol dalam laga semifinal Liga Champions melawan Bayern Munchen di markasnya yang memastikan Atletico Madrid lolos ke partai final. Bukan tidak mungkin dia pun akan menjadi andalan negaranya.


2Zlatan Ibrahimovic (Swedia & Paris Saint-Germain)

pemainsepakbolaterbaik2

Usia kepala tiga ternyata tidak langsung menurunkan ketajaman penyerang veteran Swedia ini secara drastis. Buktinya, Zlatan Ibrahimovic mampu memecahkan rekor gol klubnya, Paris Saint-Germain dalam satu musim. Pada tahun 2016 ini saja, dia telah membukukan 30 gol dan 10 assist, termasuk 16 gol dalam 12 penampilan terakhir bersama klub. Pemain berusia 34 tahun ini sendiri masih akan menjadi andalan Swedia, sekaligus sebagai sang kapten.


1Cristiano Ronaldo (Portugal & Real Madrid)

pemainsepakbolaterbaik1

Nama bintang Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo menempati posisi puncak daftar pemain sepakbola terbaik tahun 2016 versi UEFA. Dia memang tampil impresif sepanjang musim ini. Buktinya adalah trofi juara Liga Champions bersama klubnya, sekaligus gelar pencetak gol terbanyak dalam turnamen tersebut. Kapten dan penyerang tim Portugal itu juga telah mengemas 26 gol dan delapan assist untuk Real Madrid sepanjang tahun 2016 ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry