Olah Raga

10 Pemain Sepakbola Terbaik yang Tidak Tampil di Piala Eropa 2016

Piala Eropa 2016 yang dihelat di Prancis pada 10 Juni 2016 hingga 10 Juli 2016 menjadi turnamen sepakbola yang menarik perhatian banyak pecinta sepakbola dunia pada tahun 2016. Para bintang sepakbola dari berbagai negara Benua Biru pun berusaha tampil baik demi membawa negaranya menjadi kampiun Eropa. Namun, ternyata ada 10 pemain sepakbola terbaik yang tidak tampil di Piala Eropa 2016. Mereka tidak dipilih oleh pelatih tim nasional masing-masing, karena berbagai alasan. Daftar pemain tersebut sebagai berikut.


10Danny Drinkwater (Inggris)

tidaktampildipialaeropa10

Pemain andalan Leicester City saat menjuarai Premier League Inggris musim lalu ini tidak dibawa pelatih tim nasional Inggris, Roy Hodgson, meski tampil cukup baik dalam beberapa laga persahabatan. Di level klub, Danny Drinkwater membuat lini tengah timnya sangat kokoh dan tampil konsisten sepanjang musim. Tapi, Roy lebih memilih pemain Arsenal, Jack Wilshere untuk posisi yang sama, meski pun dia hanya tampil 99 menit pada musim lalu.


9Saul Niguez (Spanyol)

tidaktampildipialaeropa9

Bintang muda Spanyol ini sebenarnya bermain cemerlang sepanjang musim lalu bersama klubnya, Atletico Madrid, hingga masuk ke final Liga Champions. Meski belum pernah tampil bersama tim senior Spanyol, namun Saul Niguez sempat dipanggil pelatih Vicente del Bosque untuk pertama kali dalam pertandingan persahabatan melawan Kosta Rika pada Mei 2016. Namun, ternyata pelatih masih mengandalkan pemain berpengalaman di Piala Eropa 2016.


8Geoffrey Kondogbia (Prancis)

tidaktampildipialaeropa8

Gelandang asal Prancis ini merupakan salah seorang pemain penting di skuat klubnya, Inter Milan, dan selalu mendapat kepercayaan dari pelatih Roberto Mancini. Namun, keberadaan gelandang-gelandang hebat seperti Paul Pogba dan Blaise Matuidi di tim nasional Prancis membuat Geoffrey Kondogbia harus rela dipinggirkan. Padahal, karakter bermainnya cukup mirip dengan kedua pemain itu, sehingga bisa menjadi pelapis dalam formasi andalan 4-3-3.


7Alarcon Isco (Spanyol)

tidaktampildipialaeropa7

Oleh karena kurangnya waktu bermain bersama klubnya, Real Madrid, Alarcon Isco terpaksa tak bisa ikut ke Piala Eropa 2016 bersama Spanyol. Gelandang lincah ini sebenarnya memiliki kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun sayangnya, dia lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti di level klub. Meski performanya di laga final Liga Champions pantas diacungi jempol dan jadi juara, namun tetap saja gagal membawa dirinya ke Prancis.


6Jorginho (Italia)

tidaktampildipialaeropa6

Keputusan pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte untuk tidak membawa Jorginho ke Piala Eropa 2016 sempat membuat para fans bingung dan kecewa. Pasalnya, gelandang andalan klub Serie A Italia, Napoli ini memiliki kemampuan yang lengkap dan lebih enerjik. Selain itu, dia juga dianggap punya kemampuan dan versatilitas, sehingga bisa lebih berguna dibanding pemain statis seperti Thiago Motta dan Emanuele Giaccherini yang tampil kurang maksimal.


5Marco Reus (Jerman)

tidaktampildipialaeropa5

Bisa dibilang, Marco Reus adalah pemain tim nasional Jerman yang paling sial. Dia selalu gagal membela negaranya dalam turnamen sepakbola internasional, karena mengalami cedera. Setelah batal berangkat ke Brasil pada Piala Dunia 2014, dimana Jerman berhasil jadi juara, kali ini bintang klub Borussia Dortmund ini tak bisa pula ikut bertarung di Piala Eropa 2016. Padahal, dia berada dalam skuat tim nasional Jerman sepanjang babak kualifikasi.


4Claudio Marchisio (Italia)

tidaktampildipialaeropa4

Sama seperti Marco Reus, gelandang senior andalan klub Juventus yang mempersembahkan dua gelar juara pada musim lalu ini juga tidak bisa berlaga di Piala Eropa 2016 karena cedera. Claudio Marchisio sendiri sebenarnya selalu tampil konsisten di lini tengah tim nasional Italia dalam setiap turnamen sepakbola internasional yang diikuti oleh negaranya sejak Piala Eropa 2012. Namun cedera parah yang sedang dideritanya, kali ini dia pun terpaksa harus absen.


3Diego Costa (Spanyol)

tidaktampildipialaeropa3

Performanya yang tidak stabil di level klub bersama Chelsea, membuat Diego Costa gagal mendapat kesempatan masuk tim nasional Spanyol di Piala Eropa 2016. Meski pun dirinya merupakan salah seorang penyerang dengan daya gedor mumpuni, namun ternyata pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque lebih memilih Nolito dengan karakter penyerang yang bisa banyak bergerak. Costa sendiri juga sering tampil buruk saat membela negaranya.


2Karim Benzema (Prancis)

tidaktampildipialaeropa2

Penyerang andalan Real Madrid ini gagal bergabung dengan tim nasional Prancis bukan karena masalah teknis, melainkan karena dirinya sedang tersangkut masalah kriminal dalam kasus video seks rekan senegaranya, Mathieu Valbuena yang juga tak masuk ke tim nasional. Pencoretan Karim Benzema pun sudah diumumkan jauh-jauh oleh pelatih Didier Deschamps. Meski membawa klubnya juara Liga Champions musim lalu, keputusan itu tetap tak berubah.


1Juan Mata (Spanyol)

tidaktampildipialaeropa1

Sebagai salah seorang pemain sepakbola dengan pengalaman segudang di tim nasional Spanyol, keputusan pelatih Vicente del Bosque untuk meninggalkannya memang sempat dipertanyakan banyak fans. Namun, kemampuan Juan Mata bersama klub Manchester United belakangan ini memang tak terlalu menonjol, sehingga pengalamannya membawa tim nasional Spanyol jadi juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 pun terlupakan.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.