Olah Raga

10 Pemain Spanyol Yang Pernah dan Masih Bermain di Tanah Britannia

Ketika berbicara sepakbola, anda tentu akan berkiblat ke benua Biru yaitu Benua Eropa. Salah satu Negara Eropa yang sukses adalah Spanyol. Kita tentu tau bagaimana kualitas dari pemain-pemain Spanyol. Liga Spanyol adalah salah satu Liga terbaik di dunia dengan diisi klub sekaliber Atletico Madrid, Real Madrid, Barcelona, dll. Tentu tidak lupa raihan timnasnya yang meraih trofi EURO 2008 dan EURO 2012 serta trofi yang paling diidam-idamkan pesepakbola seantero jagat, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Pemain-pemain asal Spanyol juga banyak berkiprah di salah satu kompetisi bergengsi, Liga Inggris. Berikut list-listnya :


10Alvaro Arbeloa

Full-back Spanyol ini yang lahir dari klub junior Madrid ini diboyong oleh Liverpool pada tahun 2007 dari klub La Liga, Deportivo La Coruna pada usia 24 tahun. Alvaro Arbeloa bermain selama 2 musim dari periode 2007-2009 dibawah komando senegaranya, Rafael Benitez. Ia menjadi andalan Rafael Benitez selama periode itu sebelum diboyong oleh Real Madrid pada tahun 2009. Bersama Real Madrid, ia mendapatkan banyak gelar seperti UEFA Champions League, La Liga, UEFA Super Cup, FIFA Club World CUp. Bersama timnas Spanyol, ia ikut merengkuh trofi Piala Dunia 2010 dan EURO 2008, 2012.


9Ivan Campo

Pemain kelahiran Basque ini diboyong dari Real Madrid pada tahun 2003 dengan status pinjaman untuk mengarungi kompetisi Liga Inggris musim 2003-2004. Gelandan bertahan ini kemudian mempermanenkan kontraknya pada musim selanjutnya. Pemain produk Alaves ini bertahan di Bolton sampai tahun 2008 dengan total pencapaiannya mencapai 141 caps dengan 11 gol.


8Fernando Hierro

Pelatih yang sempat menanganani Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 lalu menggantikan Juan Lopetegui. Fernando Hierro bergabung dengan Bolton Wanderers setelah diboyong dari klub Uni Emirat Arab (Al-Rayyan). Hierro hanya bermain semusim dan setelah itu ia langsung menggantung sepatunya. Hierro lebih sukses bermain di Real Madrid dengan torehan trofi La Liga, Copa Del Rey, UEFA Champions League dan ia mencatatkan caps bersama Timnas Spanyol sebanyak 89 caps.


7Mikel Arteta

Gelandang ini didatangkan oleh Everton dari Real Sociedad dengan status peminjaman pada tahun 2004 ketika ia masih berusia 22 tahun. Di musim selanjutnya, ia mempermanenkan kontraknya. Walaupun tidak mendapatkan gelar, Ia menjadi legenda di Everton dengan total caps 162. Setelah itu ia didatangkan Arsenal pada tahun 2011 yang bertahan sampai 2016. Di Arsenal ia merengkuh gelar Community Shield dan FA Cup. Kini, ia menjadi asisten Guardiola di Manchester City.


6David Silva

Gelandang enerjik ini didatangkan dari Valencia di tahun 2010 setelah menampilkan permaian terbaiknya di klub La Liga tersebut. Bersama timnas Spanyol, David Silva meraih trofil Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Euro 2012 (Swiss, Austria) dan Euro 2012(Polandia, Ukraina). David Silva yang kini masih bermain merengkuh gelar Premier League sebanyak 3x, FA Cup 1x, Football League Cup 3x, Community Shield.


5Xabi Alonso

Pemain kelahiran Tolosa ini bergabung dengan Liverpool dari Real Sociedad pada tahun 2004. Xabi Alonso memainkan peranan penting di lini tengah Real Madrid dibawah asuhan Rafael Benitez. Xabi Alonso bermain sampai tahun 2009 dengan berseragam Liverpool. Ia meraih gelar FA Cup, Community Shield, UEFA Champions League.


4Cesc Fabregas

Gelandang ini bermain bersama Arsenal dengan meraih prestasi seperti FA Cup, Community Shield, sampai runner-up Liga Champions Eropa sebelum didatangkan Barcelona. Pada tahun 2014, Chelsea mendatangkan Fabregas dari Barcelona. Cesc Fabregas mencatatkan raihan gelar bersama Chelsea. Trofi seperti Premier League, FA Cup, dan Football League Cup berhasil digondolnya selama berkiprak bersama klub asal London tersebut.


3Juan Mata

Gelandang serang asal Spanyol ini didatangkan Chelsea dari Valencia pada tahun 2011. Juan Mata bermain selama 3 tahun di klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Bersama Chelsea ia meraih gelar FA Cup, UEFA Europa League, dan UEFA Champions League. Di tahun 2014, Ia didatangkan oleh Manchester United. Selama berseragam Manchester United, Mata menorehkan gelar FA CUP, EFL CUP, Community Shield, dan Europa League.


2Fernando Torres

Pemain yang mempunyai julukan El-Nino ini didatangkan oleh Liverpool dari Atletico Madrid di tahun 2007. Ia menjadi goal getter disana. Sebelum pada tahun 2011, Chelsea mendatangkan Striker asal Spanyol tersebut ke Stamford Bridge. Selama berseragam Chelsea, Torres merengkuh gelar seperti UEFA Champions League, UEFA Europa League, FA Cup. Kini Torress sedang mencicipi kompetisi Jepang dengan berseragam Sagan Tosu.


1Diego Costa

Striker buas kelahiran Brazil ini memperkuat Spanyol pertama kali pada Piala Dunia 2018. Ia didatangkan Chelsea pada tahun 2014 dari klub Atletico Madrid. Pemain kelahiran 1988 ini memiliki kepribadian yang tempramental dan acapkali bersitegang dengan lawan. Bersama Chelsea, ia merengkuh gelar-gelar di Inggris seperti Premier League 2014-2015, Premier League 2016-2017, dan Football League Cup 2014-2015


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of