Teknologi

10 Pencarian Paling Populer di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2016

Banyak hal menarik terjadi sepanjang tahun 2016, termasuk di Indonesia. Beberapa topik hangat pun menjadi viral di dunia maya, seiring dengan berkembangnya penggunaan media sosial. Ditambah lagi dengan rasa penasaran masyarakat, yang kemudian membuat mereka mencari informasi sebanyak mungkin melalui internet, termasuk lewat mesin pencari Google Indonesia. Berikut 10 pencarian paling populer di Google Indonesia sepanjang tahun 2016.


10Joey Alexander

Nama Joey Alexander menjadi buah bibir dan banyak dicari netizen melalui Google Indonesia setelah berhasil masuk sebagai salah seorang nominator Grammy Award 2016. Padahal, saat itu usianya masih 13 tahun. Namun, dia berhasil masuk dalam dua nominasi, dan ikut tampil di panggung Grammy Awards 2016 bersama para musisi internasional sekelas Adele, Taylor Swift dan Bruno Mars. Tak heran jika pianis muda ini pun sukses membuat kagum Indonesia.


9Jessica Kumala Wongso

Wanita berusia 28 tahun ini didakwa atas kasus pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin. Sang korban meninggal dunia akibat racun sianida yang ditemukan dalam kopi Vietnam, yang diminumnya saat bertemu dengan Jessica Kumala Wongso di Cafe Olivier Grand Indonesia. Proses persidangannya pun beberapa kali disiarkan secara langsung di TV. Topik pencarian Jessica Kumala Wongso ini tercatat paling banyak dilakukan lewat ponsel.


8Rio Haryanto

Pembalap muda Indonesia ini berhasil mencetak sejarah tampil di gelaran Formula 1 atau F1. Rio Haryanto pun menjadi pembalap pertama asal Indonesia yang pernah mengikuti lomba balap internasional tersebut. Meski sempat tampil dalam beberapa seri, namun sayangnya dia harus mengubur mimpinya berkarir di F1 untuk sementara, karena Rio harus berhenti di pertengahan musim akibat terganjal permasalahan dana dengan tim yang dibelanya, Manor.


7Demo 4 November

Aksi demonstrasi yang terpusat di silang Monas Jakarta ini digelar umat Islam dari seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 4 November 2016 lalu. Tuntutan yang disampaikan adalah agar mantan dan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diadili atas perbuatannya mencatut salah stau ayat Al-Quran saat melakukan kunjungan di Kepulauan Seribu. Dia pun dinilai telah menistakan agama Islam dengan mencatut ayat suci Al-Quran.


6Mukidi

Tokoh bernama Mukidi tiba-tiba saja menjadi populer jelang akhir bulan Agustus 2016 lalu, setelah banyak pengguna media sosial membagikan berbagai cerita komedi seputar Mukidi, baik melalui Facebook, Twitter, BBM hingga Whatsapp. Tokoh ini sebenarnya bukan siapa-siapa, hanya karakter rekaan yang diciptakan oleh Soetantyo Moechlas alias Yoyo di tahun 1990an. Entah bagaimana, aneka komedi tentang Mukidi banyak dicari netizen Indonesia.


5Donald Trump

Pengusaha properti asal Amerika Serikat, Donald Trump langsung bertengger dalam daftar pencarian paling populer di Google Indonesia sepanjang tahun 2016 setelah berhasil terpilih jadi Presiden Amerika Serikat. Kandidat dari Partai Republik ini sukses mengungguli suara pesaingnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton pada pemilu bulan November 2016. Tidak hanya di Indonesia, nama Donald Trump juga jadi terpopuler ketiga di Google secara global.


4Gempa Aceh

Gempa besar kembali terjadi di Indonesia, hingga banyak menyita perhatian publik. Gempa tektonik berkekuatan 6,5 Skala Richter ini melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada tanggal 7 Desember 2016 menjelang Subuh waktu setempat. Ratusan bangunan rubuh dan rusak parah, sedang sejumlah jalan raya di daerah Pidie dan Bireun retak dan terbelah. Sementara itu, lebih dari 100 orang warga jadi korban meninggal dunia, dan ratusan lainnya luka-luka.


3Timnas Indonesia

Masyarakat penggila sepakbola Indonesia kembali menggantungkan harapannya kepada Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, setelah saksi dari FIFA dicabut. Sempat tidak boleh berlaga di pertandingan resmi internasional, akhirnya Timnas Indonesia bisa tampil di ajang bergengsi Piala AFF 2016. Hasil positif di sejumlah laga uji coba dan babak penyisihan mengantarkan Boaz Solossa dkk ke partai final. Sayang, mereka masih harus mengakui kekuatan Thailand.


2Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Total melewati Indonesia pada 9 Maret 2016 lalu. Menariknya, fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini malah melintasi hingga 11 provinsi di Tanah Air. Tak pelak masyarakat sangat antusias untuk menyaksikannya. Bahkan, para ilmuwan dan wartawan dari sejumlah negara datang langsung untuk melakukan penelitian, serta mengabadikannya. Masyarakat juga tak ketinggalan melakukan peneropongan dengan alat-alat yang sederhana.


1Pokemon Go

Topik soal Pokemon Go menjadi pencarian paling populer di Google Indonesia sepanjang tahun 2016, selain juga secara global. Permainan di ponsel dengan mencari berbagai jenis monster ini mewabah sejak pertengahan tahun 2016. Tren pencarian tertinggi terjadi pada pertengahan bulan Juli 2016. Google Indonesia juga mencatat bahwa pencarian Pokemon Go terbanyak terjadi di Kalimantan Timur, disusul Bali, Yogyakarta, Banten, dan Sumatera Barat.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • hani ayu

    bingung dan ragu sama banyak nya investasi tidak jelas?
    gabung saja bersama kami tanpa keluar modal di muka bos 🙂
    YM1 : bola.vita@yahoo.com
    YM2 : agenbolavita@yahoo.com
    wechat : bolavita
    line : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D1A1E6DF , 7B51876A D8C363CA (NEW)

error: Alert: Content is protected !!