Sejarah

10 Penemu Benda Penting dalam Kehidupan

Kita pasti sering mendengar nama Alexander Graham Bell. Bagaimana tidak, Bell sangat berjasa dalam menghubungkan komunikasi antar manusia dengan menemukan benda bernama telepon. Meskipun saat ini telepon telah menjadi semakin canggih, nama Bell tidak bisa disingkirkan begitu saja. Berikut sepuluh penemu benda penting dalam kehidupan kita sehari-hari.


10Alexander Graham Bell

penemubendapenting10

Alexander Graham Bell menemukan telepon pada 1876. Ilmuwan yang lahir pada 1847 ini menempuh pendidikan di Universitas Edinburgh dan University College London. Ia dikenal sebagai peneliti dan pengajar. Fakta lainnya adalah istri dan ibu Bell tidak pernah mencoba hasil temuannya karena keduanya menderita tuna rungu.


9John Logie Baird

penemubendapenting9

Penemu benda penting selanjutnya adalah John Logie Baird. Baird menemukan benda yang saat ini sangat akrab dengan kehidupan manusia yaitu televisi. Bisa dibayangkan, tanpa televisi, kehidupan kita saat ini akan terasa hening dan informasi pun tidak menyebar dengan cepat. Baird lahir pada 1888 dan meninggal pada usia 57 tahun.


8Orville dan Wilbur Wright

penemubendapenting8

Ingin bepergian dengan cepat dan praktis menuju suatu tempat yang berjarak jauh, biasanya kita akan memilih moda transportasi pesawat terbang. Ya, pesawat terbang adalah salah satu kebutuhan masyarakat masa kini. Kehadiran pesawat terbang tidak lepas dari jasa bersaudara Wright yaitu Orville dan Wilbur. Mereka menemukan salah satu benda penting yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.


7Baron Karl Von Drais

penemubendapenting7

Untuk jarak yang dekat, kita pasti memerlukan sepeda. Dengan menggunakan sepeda untuk menuju suatu tempat, kita bisa menghemat tenaga. Awalnya, sepeda bermula dari roda satu yang ditemukan oleh Baron Karl Von Drais pada 1816. Setelah itu, sepeda pun mengalami perubahan bentuk sehingga lebih praktis untuk digunakan.


6Johannes Gutenberg

penemubendapenting6

Apakah Anda pernah merenungkan bagaimana sebuah buku bisa sampai ke tangan Anda? Semua itu karena jasa dari Johannes Gutenberg yang menemukan mesin cetak pertama pada 1450-an. Dengan kehadiran mesin cetak penemuan Gutenberg, saat ini kita bisa menikmati membaca buku dengan praktis dan menyenangkan.


5Thomas Alva Edison

penemubendapenting5

Lampu adalah benda yang sangat penting dalam kehidupan manusia masa kini. Dengan adanya lampu, manusia bisa melakukan banyak kegiatan di malam hari atau di tempat gelap. Lampu ditemukan oleh Thomas Alva Edison pada 1879. Ia pun telah menciptakan banyak benda-benda lain yang bermanfaat bagi kehidupan.


4Guglielmo Marconi

penemubendapenting4

Radio adalah benda penting dalam kehidupan manusia. Penemu benda penting ini adalah Guglielmo Marconi. Ia menemukan cara untuk mengirimkan pesan melalui gelombang pada 1895. Penemuan Marconi memiliki pengaruh besar terhadap penemuan-penemuan selanjutnya seperti televisi. Ia juga telah membantu banyak pihak untuk menjalankan pekerjaan mereka dengan baik, seperti di kepolisian.


3Elias Howe

penemubendapenting3

Penemu benda penting lainnya adalah Elias Howe. Tanpa penemuan Howe, kita tidak akan bisa mengenakan pakaian yang rapi dan pantas saat ini. Howe adalah penemu mesin jahit. Meskipun sebelumnya telah ada beberapa penemu lain yang mengklaim telah menciptakan mesin yang bisa digunakan untuk menjahit, tetapi hak paten resmi ada di tangan Elias Howe.


2Cai Lun

penemubendapenting2

Kertas adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Penemu kertas adalah Cai Lun, seorang laki-laki berkebangsaan Tionghoa. Kertas pada pertama kali masih sederhana karena berasal dari kulit kayu murbei. Bentuknya pun pasti tidak serapi dan sehalus kertas yang bisa ditemukan pada masa kini.


1Jacob Perkins

penemubendapenting1

Agar makanan lebih tahan lama, memasukkannya ke dalam lemari pendingin adalah salah satu solusi. Penemu benda penting yang sering disebut kulkas ini adalah Jacob Perkins. Benda ini diciptakan Perkins pada 1835.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!