Sejarah

10 Penemuan Arkeologi Paling Mengerikan

Teori-teori fisika dan berbagai penemuan yang dilakukan oleh para arkeolog bisa dikatakan cukup sering tergolong aneh dan tidak biasa. Tak jarang diantaranya merupakan penemuan yang horor dan menggemparkan dunia akibat pemberitaannya di berbagai media. Beberapa penemuan arkeolog ini merupakan penemuan yang termasuk dalam penemuan aneh, unik, tidak biasa, sekaligus menggemparkan.


10Perang Kimia Kuno di Suriah

penemuanarkeologimengerikan10

Arkeolog asal Prancis bernama Robert du Mesnil du Buisson melakukan penggalian di wilayah Dura-Europos di sebelah timur Suriah yang merupakan wilayah bangsa Persia kuno saat mengepung musuh mereka, Bangsa Romawi. Robert menemukan beberapa terowongan dan setumpuk kerangka yang diyakini merupakan kerangka tentara Romawi yang ditahan. Selain itu juga ditemukan bekas belerang dan aspal yang ada di sepanjang dinding terowongan. Diperkirakan bahwa hal ini disebabkan karena saat itu para tentara berusaha menyelamatkan diri.


9Makam Tengkorak di Swedia

penemuanarkeologimengerikan9

Tahun 2009, sejumlah arkeolog melakukan penggalian di sebuah danau yang telah kering dan diketahui telah ada sejak zaman prasejarah. Dari penggalian itu, mereka menemukan berbagai bentuk bebatuan yang misterius. Penemuan itu memacu mereka untuk melakukan penggalian dengan lebih giat lagi dan hasilnya mereka menemukan benda-benda yang diketahui memiliki struktur kehidupan zaman primitif seperti tulang hewan, peralatan dari batu, dan tengkorak yang diperkirakan telah berusia lebih dari delapan ribu tahun.


8Kuburan Massal Viking Tanpa Kepala di Inggris

penemuanarkeologimengerikan8

Sebuah sisi jalan tua di Inggris menjadi lokasi penggalian oleh para arkeolog yang akhirnya menemukan kuburan massal 54 tentara Viking tanpa kepala. Hal aneh yang mereka temukan adalah posisi kerangka tulang kaki dan lengan serta kepala diatur secara rapi namun terpisah. Teori yang sampai saat ini masih menjadi alasan yang paling dapat diterima adalah para tentara Viking ini dijadikan persembahan sebuah ritual dari budaya setempat kala itu.


7Selokan Mayat Bayi di Israel

penemuanarkeologimengerikan7

Sekelompok arkeolog mendatangi sebuah tempat pemandian zaman Romawi Bizantium di Ashkelon, Israel, dan memutuskan melakukan penggalian hingga mendapati dirinya sedang berada di sebuah selokan yang diyakini dulunya digunakan untuk membuang bayi-bayi kecil. Prediksi ini didapat setelah mereka menemukan banyaknya tulang-belulang kecil yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan.


6Mumi Menjerit di Mesir

penemuanarkeologimengerikan6

Dinas Perbekalan Mesir, Gaston Maspero, pada tahun 1886 melakukan pekerjaannya untuk membuka beberapa sarkofagus, membuka kain pembungkus, dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan informasi mumi tersebut. Salah satu mumi yang harus didatanya adalah sarkofagus tanpa informasi apapun yang dibungkus oleh kulit domba. Ketika dibuka, mumi tersebut dalam keadaan tangan dan kaki terikat dan ekspresi wajah terakhir yang ditunjukkan adalah seolah mumi itu sedang berteriak. Perkiraan yang mungkin adalah mumi tersebut mati diracun, dikubur hidup-hidup, atau disiksa sebelum akhirnya meninggal.


5Neanderthal Kanibal

penemuanarkeologimengerikan5

Seorang arkeolog bernama Karen Hardy menemukan sebuah gua di Spanyol yang terdapat kerangka keluarga Neanderthal. Penemuan ini menjadi heboh ketika ditemukan tulang-tulang dalam gua yang diduga merupakan tanda-tanda kanibalisme.


4Anak Alaska Terbakar

penemuanarkeologimengerikan4

Dua arkeolog Ben Potter dan Gigi Joel Irlandia dihebohkan dengan penemuan mereka di tengah Alaska. Penemuan tersebut berupa seorang anak kecil yang diperkirakan berusia 3 tahun dibakar dan dikubur di tengah perapian di tengah Alaska sekitar 11.500 tahun yang lalu. Bahkan setelah dikremasi, perapian tersebut ditinggal begitu saja oleh para pelakunya.


3Penderita Kusta Pertama

penemuanarkeologimengerikan3

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit yang tidak menular. Namun penyakit ini dipercaya sebagai penyakit kutukan kepada para penderitanya dan seringkali para penderita ini dikucilkan hingga dibuang dari masyarakat. Para arkeolog telah menemukan kerangka manusia yang diperkirakan berumur 4000 tahun di India yang memberikan bukti mengenai adanya penyakit kusta tertua di dunia. Setelah diidentifikasi kerangka tersebut bukan dikremasi namun dibuang pada sebuah kandang batu yang diisi dengan abu dan kotoran sapi kemudian dibakar.


2Mayat Pemain Sirkus Aneh

penemuanarkeologimengerikan2

Tim arkeologi di Suriah telah menemukan tiga kerangka manusia tanpa kepala berdampingan di sebuah bangunan kuno. Setelah diidentifikasi berdasarkan cidera yang terdapat pada kerangka ini, salah satu dari kerangka yang ditemukan para arkeolog tersebut diduga sebagai pemain akrobat.


1Kapal Firaun

penemuanarkeologimengerikan1

Jan Tristant dari Sydney University mempelajari ekspedisi arkeologi Perancis bernama Professor Pierre Monteux. Ia menemukan sebuah makam dengan lantai kayu yang membuatnya ragu karena sebelumnya di makam-makam Mesir belum pernah ada makam beralaskan lantai kayu. Ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, penemuannya bukan merupakan makam tetapi sebuah kapal pemakaman kuno yang di dalamnya terdapat bejana keramik lengkap dengan bir dan roti. Bahkan kabarnya penemuan kapal ini ternyata merupakan kapal yang membawa jasad Firaun.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!