Sejarah

10 Penemuan Bawah Air yang Menakjubkan

Dunia selalu dikejutkan dengan penemuan-penemuan mencengangkan setiap tahunnya. Kali ini kita akan menelusuri beberapa penemuan bawah air yang terbilang cukup fenomenal. Mulai dari sisa-sisa peradaban, bangkai kapal sampai makhluk hidup ada di list berikut ini.


10Alexandria Kuno

penemuanbawahair10

Reruntuhan dari kota besar Alexandria ditemukan pada awal tahun 90an di Mesir. Ada patung-patung luar biasa yang menggambarkan dewa Isis dan juga Sphinx dengan kepala yang diduga adalah ayah Cleopatra, sang ratu yang konon merupakan wanita tercantik sejagad raya. Ditemukan juga sisa-sisa dari istana Cleopatra itu sendiri.


9Bangkai Kapal Karam Vasa

penemuanbawahair9

Kapal Perang milik Swedia karam di Beckholmen setelah hanya berlayar kurang dari 2 kilometer di pelayaran perdananya tahun 1628. Kapal ini telah diangkat dan dipindahkan ke sebuah museum di tahun 1956. Sekarang kapal tersebut dipajang untuk menarik turis.

8Rawa Windover

penemuanbawahair8

Situs arkeologi ini tidak sengaja ditemukan saat kontraktor sedang membangun jalan di Florida di tahun 1982. Rawa ini adalah kuburan dari sedikitnya 167 orang dan setelah penelitian lebih lanjut, jasad (atau tengkorak) tersebut berasal dari 7500 tahun yang lalu.


7Palung Mariana

penemuanbawahair7

Ini adalah bagian terdalam lautan yang pernah ditemukan manusia. Palung ini dinamakan Palung Mariana dan ditemukan di tahun 1875 di Samudra Pasifik. Penjelajahan dengan awak manusia terjadi di tahun 1960 dan mencapai kedalaman 10.914 meter. Banyak ikan aneh dan menakutkan ditemukan di palung ini.


6Mary Rose

penemuanbawahair6

Mary Rose adalah nama sebuah kapal perang yang dibangga-banggakan oleh tentara raja Henry VIII. Celakanya kapal itu tenggelam bersama dengan seluruh awak kapalnya pada tahun 1545. Bangkainya ditemukan di tahun 1982 dan berhasil diangkat dari air.


5Bomb Hidrogen

penemuanbawahair5

Pada tahun 1966, sebuah bomb hidrogen hilang di lautan Spanyol setelah pesawat B-52 mengalami kecelakaan. Beruntung bomb tersebut dapat ditemukan dua bulan kemudian.


4HL Hunley

penemuanbawahair4

Ini adalah nama dari kapal selam yang hilang di Amerika saat perang saudara berlangsung di tahun 1864. Terbaring di dasar laut selama satu abad lebih sampai akhirnya ditemukan di tahun 1995.


3Colossal Squid

penemuanbawahair3

Satu-satunya makhluk hidup di dalam list ini, Colossal Squid adalah cumi-cumi raksasa yang pertama kali ditemukan di Laut Selatan pada tahun 1925. Panjang tubuhnya mencapai 12 meter. Hanya beberapa ekor dari cumi-cumi ini yang ditemukan secara utuh.


2Port Royal

penemuanbawahair2

Beralih ke Jamaika, pelabuhan di Karibia ini adalah tempat berlindung atau beristirahatnya para perompak jaman dulu, seperti misalnya Black Beard. Tenggelam di tahun 1692 karena gempa bumi besar, tempat ini baru ditemukan kembali di tahun 1981.


1Titanic

penemuanbawahair1

Kapal besar dan mewah yang terkenal dengan nama Titanic menabrak batu es dan tenggelam di tahun 1912. Bangkai-nya ditemukan pada tahun 1985.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!