Sains Teknologi

10 Penemuan Sains yang Mengubah Dunia

Banyak penemuan-penemuan di bidang sains ini memberikan pengaruh yang sangat besar pada kehidupan manusia. Ada 10 penemuan yang mampu mengubah dunia dan membantu kehidupan manusia modern yang akhirnya bisa semudah saat ini. Berikut 10 penemuan tersebut.


10Roda

Pada masa-masa sebelum masehi, kehidupan masyarakat ketika itu memang sangat minim untuk mengangkut barang serta alat transportasi. Terutama jika mengangkut dalam jumlah besar. Biasanya kuda menjadi alat transportasi untuk bepergian. Penemuan roda dimulai pada tahun 4,000 hingga 3,300 sebelum masehi di wilayah Mesopotamia. Pada masa tersebut ditemukannya cikal bakal roda yang digunakan terbuat dari bahan-bahan keramik. Lalu pada tahun 3,300 – 1,550 sebelum masehi penemuan roda untuk transportasi mulai berkembang dan digunakan hingga saat ini.


9Mesin Uap

James Watt menemukan sebuah mesin yang mampu mengubah kehidupan masyarakat. Pada abad ke-19 di masa revolusi industri, rancangan desain Watt yang sudah dibuat bertahun-tahun silam akhirnya membuahkan hasil. Watt mampu menemukan mesin uap yang menggunakan bahan bakar sebagai bahan untuk pembakaran. Mesin uap ini dipercaya menjadi cikal bakal hadirnya banyak mode transportasi di dunia.


8Kompas

Kompas ditemukan pertama kali oleh penemu China pada abad ke 9 hingga 11. Pada awalnya para pelaut mengandalkan bintang untuk menentukan kemana mereka akan pergi. Akan tetapi cara ini tidak efektif ketika berlayar pada siang hari. Setelah mengalami kesulitan untuk berlayar di siang hari, Dinasti Han melakukan penelitian dan menemukan cara membuat kompas. Teknologi ini langsung tersebar hingga dataran Eropa dan juga Arab yang kemudian membuat kompas dengan cara yang sama.


7Mesin Cetak

Bagi yang bergerak di bidang percetakan, berterima kasihlah kepada Johannes Gutenberg yang mampu membuat mesin cetak pertama pada tahun 1440. Gutenberg yang berasal dari Jerman ini membuat mesin cetak dengan ukuran yang cukup besar. Mesin cetak ini menjadi cikal bakal mesin cetak yang digunakan hingga saat ini. Selang beberapa tahun kemudian, Gutenberg bersama beberapa penemu dari China dan Korea, membuat mesin cetak yang lebih kecil dan fleksibel.


6Pesawat

Wright Bersaudara memiliki andil yang sangat luar biasa di dunia transportasi. Orville dan Wilbur Wright merupakan penemu pertama yang menemukan pesawat terbang. Pada tahun 1903, Wright Bersaudara ini untuk pertama kali memperkenalkan dan menerbangkan pesawat yang mereka buat. Dan jangan lupa berterima kasih pula kepada Frank Whittle dan Hans Von Ohain yang menemukan konsep pesawat jet di tahun 1928 dan 1930. Bahkan rancangan Hans Von Ohain nyaris digunakan sebagai senjata andalan Nazi pada Perang Dunia II.


5Telepon

Alexander Graham Bell dan juga Nikola Tesla menjadi sosok penting dibalik tercipta telepon. Berkat kedua orang ini kita semua bisa menikmati komunikasi jarak jauh dengan lancar. Tesla menjadi orang pertama yang menemukan cikal bakal telepon meski kemudian Alexander Graham Bell menjadi orang yang mematenkan dan mengenalkan teknologi ini ke publik.


4Internet

Buat yang suka streaming dan main game online mungkin perlu berterima kasih kepada Lawrence Roberts dan juga Tim Berner. Kedua penemu ini yang menemukan jaringan internet dan juga World Wide Web. Kehadiran internet telah berhasil merubah banyak hal dalam tatanan kehidupan manusia modern dengan dinamika pembagian informasi yang nyaris tak terbatas yang kita rasakan saat ini.


3Lampu Bohlam

Apa jadinya jika Thomas Alva Edison tidak menemukan lampu bohlam yang menjadi moda penerangan kita hingga saat ini. Sebelum Edison, banyak para penemu terutama di tahun 1800-an yang mulai mencoba membuat media penerangan seperti lampu. Pada tahun 1879, Thomas Alva Edison membuat lampu bohlam yang sempurna dan mampu mengubah kehidupan di dunia barat kala itu. Dan sekarang lampu telah menjadi benda yang sangat penting dalam membantu kehidupan kita sehari-hari.


2Penicilin

Alexander Fleming yang berasal dari Skotlandia menemukan penisilin pada tahun 1928 untuk memerangi bakteri yang ketika itu mulai menyebar di Eropa dan menjadi salah satu wabah yang berbahaya. Pada tahun 1944, penisilin diproduksi secara masal untuk perlengkapan tentara yang akan berangkat perang.


1Bensin dan Gas

Pada tahun 1859, Edwin Drake menemukan tambang minyak bumi di Pennsylvania. Dari hasil tambang tersebut, Edwin mengolah minyak bumi menjadi gas dan bensin. Pada saat itu Edwin tidak tertarik dengan gas. Akhirnya gas dibuang dan bensin digunakan untuk proses pembakaran kendaraan bermesin. Gas kemudian diperkenalkan pertama kali pada tahun 1885 oleh Sylvanus Bowser.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry