Budaya & Literatur Sejarah

10 Peradaban Kuno Tertua di Dunia

Ribuan tahun sebelum Masehi (SM), manusia kuno telah ada di muka bumi dan memulai peradaban yang kemudian berkembang hingga sekarang ini. Di seluruh dunia ini, ternyata ada beberapa peradaban kuno yang ikut membangun peradaban dan kebudayaan manusia di masa lalu. Kelompok-kelompok masyarakat kuno itu pun tersebar di sejumlah wilayah benua Asia, Eropa, dan Amerika. Berikut ini merupakan 10 peradaban kuno tertua di dunia.


10Inca

peradabankunotertua10

Suku Inca merupakan peradaban terbesar di Amerika Selatan pada era pra-Columbus, sekitar tahun 1400-an M. Pusat peradabannya berada di Cusco, yang kini masuk dalam wilayah Peru. Sedang daerah kekuasannya membentang di wilayah yang kini merupakan Peru, Cile, dan Ekuador. Kekaisarannya berkembang pesat sejak pertama kali dibangun oleh Kaisar Pachacuti. Kini sisa kebesaran bangsa Inca masih bisa dilihat di Cusco dan Machu Pichu.


9Aztec

peradabankunotertua9

Kemunculan suku Aztec sekitar tahun 1200-an M bersamaan dengan periode runtuhnya peradaban bangsa Maya, yang sebelumnya sangat berpengaruh di Meksiko dan Amerika Tengah. Kemudian, bangsa Aztec mencapai puncak kejayaannya pada awal tahun 1500-an M, dan menjadi pesaing kuat suku Inca. Namun, bangsa Spanyol mulai datang dan menjajah mereka, hingga peradaban Aztec dan Inca pun jatuh pada periode tahun 1520-1530-an M.


8Rowawi

peradabankunotertua8

Ada legenda dan mitos yang mendasari lahirnya bangsa Romawi kuno pada sekitar abad ke-65 SM. Masyarakat Romawi kuno yang awalnya diperintah oleh sejumlah raja, kemudian menguasai daerahnya sendiri ketika hanya tersisa tujuh raja. Sejak itulah, lalu berkembang peradaban politik yang saat ini dikenal sebagai ‘dewan’ atau ‘senat’ yang memegang tampuk kekuasaan. Kekaisaran Romawi pun berkembang sangat luas ke sejumlah wilayah Eropa.


7Persia

peradabankunotertua7

Sekitar tahun 550 SM, peradaban Persia kuno menjadi sebuah kerajaan yang paling kuat di dunia. Mereka mampu menaklukkan banyak daerah. Wilayah kekuasaannya mencapai luas 2 juta mil persegi; membentang dari Mesir ke Yunani, hingga ke India dan seluruh wilayah Asia Tengah. Setelah berkuasa selama kurang lebih 200 tahun, akhirnya kejayaan bangsa Persia kuno jatuh, setelah pasukan Makedonia dipimpin Alexander Agung menaklukkan mereka.


6Maya

peradabankunotertua6

Peradaban Maya kuno mulai berkembang di Amerika Tengah sejak tahun 2600 SM. Sekitar tahun 700 SM, bangsa ini jadi salah satu peradaban paling canggih dengan populasi sangat besar mencapai 19 juta jiwa. Ketika itu, mereka sudah bisa merancang kalender sendiri. Bangsa Maya kuno juga dikenal sangat kaya, dengan memiliki sejumlah piramida yang jauh lebih besar daripada di Mesir. Namun, peradaban ini akhirnya runtuh setelah ribuan tahun.


5Sungai Indus

peradabankunotertua5

Salah satu peradaban kuno tertua di dunia ini berkembang di lembah Sungai Indus, Asia, tepatnya di wilayah timur laut Afghanistan hingga ke Pakistan dan India barat laut saat ini. Berkembang bersamaan dengan peradaban Mesir Kuno dan Mesopotamia, mereka menjadi salah satu dari tiga peradaban awal Dunia Lama dengan wilayah terluas. Periode kejayaan peradaban Sungai Indus ini berlangsung sekitar tahun 2600 SM hingga mencapai 1900 SM.


4Cina

peradabankunotertua4

Kekaisaran Cina kuno bermula dari peradaban Sungai Kuning sebagai dinasti awal Cina Han, sekitar tahun 2700 SM. Sejak itu, kemudian lahirlah banyak dinasti yang memerintah wilayah Cina daratan. Pada tahun 2070 SM, Dinasti Xia menjadi kekaisaran pertama yang mampu memerintah seluruh wilayah Cina. Namun, Dinasti Qing lalu melakukan revolusi Xinhai pada tahun 1912 M, yang mengakhiri peradaban Cina kuno selama lebih dari empat ribu tahun.


3Yunani

peradabankunotertua3

Meski pun bukan merupakan peradaban tertua di dunia, namun bangsa Yunani kuno telah melahirkan salah satu peradaban paling berpengaruh di muka bumi. Berasal dari Cycladic dan Minoan sekitar tahun 2700 SM hingga 1500 SM, periode peradaban Yunani kuno telah banyak mengubah aturan dunia, yang menjadi cikal bakal peradaban modern saat ini. Tak hanya ilmu pengetahuan dan penemuan, para tokohnya juga masih dihormati hingga kini.


2Mesir

peradabankunotertua2

Bangsa Mesir kuno menjadi salah satu peradaban terkaya di dunia, baik dalam hal budaya mau pun peninggalannya. Piramida dan Sphinx, hingga mumi, kalender matahari pertama, dan berbagai penemuan lain menjadi bukti kemajuan mereka. Peradaban Mesir kuno yang menempati wilayah sepanjang Sungai Nil mulai bersatu sekitar tahun 3150 SM. Kekaisaran mereka terus berkembang dari Kerajaan Lama, Kerajaan Tengah, hingga Kerajaan Baru.


1Mesopotamia

peradabankunotertua1

Mesopotamia dianggap sebagai peradaban kuno tertua di dunia, sejak munculnya evolusi manusia. Berbagai budaya manusia yang berkembang sejak sekitar tahun 8000 SM, berubah menjadi sebuah peradaban pertama di muka bumi sejak kemunculan bangsa Mesopotamia di Asia sekitar 3300 SM. Peradaban yang kemudian dikenal juga sebagai Babilonia, Sumeria, dan Asyur ini berpusat di wilayah yang kini merupakan daerah Irak, hingga tahun 750 SM.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry